Cagar Alam Cabak I dan II Blora, Jawa Tengah

Cagar Alam Cabak I dan II merupakan satu diantara dua Cagar Alam yang terdapat di kabupaten Blora, Jawa Tengah. Ini sekaligus melengkapi daftar Cagar Alam di Jawa. Nama cagar alam ini diambilkan dari nama desa tempat cagar alam tersebut berada. Selain Cabak I dan II, di Blora pun terdapat cagar alam Bekutuk.

Secara administrasi, CA Cabak I dan II terletak di wilayah Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Lokasinya tepat berada di tepi jalan raya antara Blora – Cepu. Berada di tengah-tengah hutan produksi milik Perhutani.

Kawasan ini telah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam sejak 1919 berdasarkan Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda No. 6 tanggal 21 Februari 1919, Lembaran Negara Hindia Belanda tahun 1919, No. 90. Status tersebut diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK.359/Menhut-II/2004 tanggal 1 Oktober 2004.

Cagar Alam Cabak

Cagar Alam Cabak

Lokasi Cagar Alam Cabak

Lokasi Cagar Alam Cabak

Luas Cagar Alam Cabak I / II, Jiken, Blora sekitar 30 Ha. Cagar alam yang terdaftar sebagai Nature Reserve IUCN kategori III ini semula merupakan hutan Jati tua yang langsung bersambung dengan hutan primer. Sayangnya jati tua tersebut telah ditebang pada jaman Jepang. Jati yang ada saat ini merupakan hasil tanam ulang pada tahun 1951.

Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Fergusson, CA Cabak I/II termasuk tipe iklim C. Memiliki rata-rata curah hujan sekitar 2.300 mm/tahun dengan suhu udara berkisar 21 -36 C.

Cagar Alam Cabak I/II, Kab. Blora, Jawa Tengah didominasi oleh tumbuhan Jati (Tectona grandis). Selain itu pun memiliki potensi flora lainnya semisal Mahoni (Swietenia mahagoni), Johar (Senna siamea), Jrakah (Ficus superba), Bendo (Artocarpus elasticus), Rotan, Kesambi (Schleichera oleosa), dan lain-lain.

Selain tumbuhan, Cagar Alam Cabak I/II, Kabupaten Blora, memiliki potensi fauna yang melimpah. Beberapa hewan yang tercatat menghuni kawasan konservasi ini diantaranya seperti Ayam Hutan (Gallus varius), Landak (Hystrix sp.), dan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis). Juga berbagai jenis burung seperti Elang (Accipitridae) dan Kutilang (Pycnonotus aurigaster).

Cagar Alam atau Nature Sanctuary menjadi salah satu kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan tumbuhan, satwa, ataupun ekosistemnya. Kawasan tersebut perlu dilindungi dan dijaga agar perkembangannya berlangsung secara alami tanpa campur tangan manusia. Cagar Alam Cabak I dan II yang terletak di Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah adalah salah satunya.

Referensi dan gambar :
- BKSDA Jawa Tengah. 2009. Buku Informasi Kawasan Konservasi. Semarang: Balai Konservasi Sumber Daya Jawa Tengah

Baca artikel tentang Cagar Alam dan Kawasan Konservasi lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Cagar Alam Cabak I dan II Blora, Jawa Tengah

  1. lombokceplus berkata:

    Wah masih ada ayam hutan nya.

    ===========================

    htt*s://lombokceplus.wordpress.com/2015/07/13/mengurus-izin-penelitian-lintas-provinsi-jawa-tengah-ke-yogyakarta/

  2. alrisblog berkata:

    Coba tiap kabupaten punya cagar alam kan keren dan ikut melestarikan warisan flora dan faunanya.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s