Portulaca grandiflora Bunga Pukul Sembilan nan Cantik Manis

Tanaman bunga ini disebut dengan berbagai nama. Portulaka, Krokot, Bunga Pukul Sembilan, Cantik Manis, Sutera Bombay, hingga dengan nama latin tanaman ini, Portulaca grandiflora. Nama portulaka dan krokot merujuk pada nama genus bunga ini yakni Portulaca. Di Indonesia, berbagai jenis Portulaca disebut sebagai krokot. Sedang nama ‘bunga pukul sembilan’ dilekatkan kerena kebiasaan bunga ini yang mulai mekar pada sekitar pukul sembilan pagi.

Seperti dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun, jenis bunga krokot ini memiliki sederatan nama. Nama-nama itu antara lain rose moss, eleven o’clock, mexican rose, mose rose, sun rose, rock rose, hingga moss-rose purslane.

Nama latin bunga ini adalah Portulaca grandiflora Hook dengan beberapa nama sinonim seperti Portulaca hilaireana G. Don, Portulaca immersostellulata Poelln., Portulaca mendocinensis Gillies ex Hook., Portulaca multistaminata Poelln., dan Portulaca pilosa subsp. grandiflora (Hook.) R.Geesink. Bunga ini berkerabat dekat dengan bunga Gelang Biasa (Portulaca oleracea L.).

Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan merupakan tanaman asal Amerika Selatan (Argentina, Brasil, dan Urugay) yang kemudian tersebar ke berbagai tempat di dunia termasuk Indonesia.

Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan

Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora)

Bunga yang kerap disebut juga sebagai Cantik Manis dan Sutera Bombay ini merupakan tanaman terma semusim yang berbatang basah. Batang tanaman sepanjang antara 15-30 cm dan sering bercabang mulai dari pangkalnya. Batangnya mampu tumbuh tegak atau sebagai menjalar di permukaan tanah. Warna batang krokot ini merah atau hijau dengan rambut-rambut tipis batas ruas batangnya.

Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora) memiliki daun tunggal, tidak bertangkai, berbentuk silindris dan tebal berdaging dan berair. Ukuran daun ini memiliki panjang sekitar 1 – 3,5 cm. Bunganya berkelompok 2 – 8 yang muncul diujung batang. Bunga ini mekar pagi hari sekitar pukul 9 dan layu ketika sore hari. Warna bunganya bervariasi mulai merah, putih, orange, hingga kuning. Karena kebiasaan mekarnya pada menjelang pukul sembilan pagi, bunga ini kerap disebut sebagai Bunga Pukul Sembilan.

Memiliki buah berukuran sangat kecil, berukuran 5-8 mm berbentuk bulat telur. Biji Bunga Cantik Manis ini berbentuk bulat kecil dengan warna cokelat muda.

Tanaman hias dari famili Portulacaceae ini mudah tumbuh pada dataran rendah hingga daerah berketinggian 1.400 meter dpl. Bunga Portulaka termasuk bunga yang mudah perawatannya dan tidak memerlukan banyak air. Perbanyakan tumbuhan ini bisa menggunakan stek daun atau pun menggunakan biji. Tanaman Sutera Bombay ini dapat dijadikan ground cover (tanaman penutup tanah) atau pun ditanam di dalam pot.

Portulaka (Portulaca grandiflora)

Portulaka (Portulaca grandiflora)

Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora)

Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora)

Bunga Cantik Manis (Portulaca grandiflora)

Bunga Cantik Manis (Portulaca grandiflora)

Selain sebagai tanaman hias, Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora) dapat digunakan sebagai tanaman obat herbal. Portulaka memiliki kandungan portulal, betacyanin, betanin, dan betandin. Dengan kandungan tersebut, seluruh bagian tumbuhan ini berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan, memar, radang kulit, maupun luka bakar.

Klasifikasi Ilmiah Portulaka. Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Caryophyllales. Famili: Portulacaceae. Genus: Portulaca. Spesies: Portulaca grandiflora Hook.

Referensi dan gambar:
www.theplantlist.org/tpl1.1/record/kew-2573991
www.plantamor.com/index.php?plant=1047
en.wikipedia.org/wiki/Portulaca_grandiflora
gambar : dokumen pribadi; commons.wikimedia.org/wiki/Portulaca_grandiflora; semuamenjadi.blogspot.co.id/2013/04/halamannya-dihiasi-bunga-kembang.html

Baca artikel tentang flora Indonesia lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Portulaca grandiflora Bunga Pukul Sembilan nan Cantik Manis

  1. ooo…jadi bunga pukul sembilan nan cantik rupawan itu memiliki nama latin yang cantik juga ya…portulaca grandiflora

  2. winnaz berkata:

    Ooo, baru ngeh, kalo bunga pukul 9 ini juga bernama krokot.
    Nama latinnya juga unik, semanis tampilannya.

  3. Anang Jefry berkata:

    bunganya cantik, cocok ini untuk ngisi halaman rumah saya, makasih infonya, menarik sekali

  4. temancantik berkata:

    Wah, ini mirpi banget sama bunga yang ditanam oleh keponakan saya. Cara menanamnya sangat mudah. Batangnya cukup dipotong lalu ditancapkan pada tanah, sehari disiram 2x, nanti juga tumbuh sendiri. Tanaman bunga yang ada dirumah saya berwarna pink agak ungu. Bagus sekali. Sudah bagus, mudah ditanam pula… Terimakasih infonya. Saya malah baru tau istilah latinnya. Hehehe.

  5. wah disini banyak bunga itu
    emang cantik.. mekar nya gk tau saya

  6. sarep berkata:

    bunganya indah, cocok ini untuk ngisi halaman rumah saya, makasih infonya, menarik sekali……….

  7. Purie berkata:

    Bunga cantik yang mudah tumbuh dan rajin berbunga ini bisa kamu dapatkan di puriegarden.com #numpangiklanmin 🙂

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s