Srikaya (Annona squamosa) Tanaman Sejuta Manfaat

Srikaya atau Annona squamosa merupakan tanaman dari famili Annonaceae yang memiliki sejuta manfaat. Hampir semua bagian tumbuhan sikaya, mulai dari akar, kayu, kulit, daun, buah, hingga biji, memiliki berbagai manfaat. Buah srikaya yang masak pun dapat dikonsumsi langsung dengan rasa yang legit dan menyegarkan. Meskipun bukan termasuk tumbuhan asli Indonesia, keberadaan tanaman ini di Indonesia cukup dikenal luas.

Tanaman srikaya dalam bahasa Melayu kerap disebut juga sebagai buah nona. Dalam bahasa daerah di Indonesia disebut juga dengan beberapa sebutan berbeda seperti di Sumatera dinamai sebagai delima bintang, serba bintang, sarikaya, dan seraikaya. Di Jawa disebut dengan sarikaya, srikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaya, serakaya, dan sirikaja. Di Kalimantan disebut sebagai sarikaya. Di Nusa Tenggara dinamai sirkaya, srikaya, garoso, dan ata. Di Sulawesi disebut sebagai atis soe walanda, srikaya, sirikaja, perse, atis, delima srikaya, atau srikaya. Di Maluku disebut juga sebagai atisi, hirikaya, atau atis.

Dalam bahasa Inggris, nama umum tumbuhan ini adalah sweetsop atau sugar-pineapple. Sedangkan nama latin tumbuhan ini adalah Annona squamosa L. yang memiliki beberapa nama sinonim seperti Annona asiatica L., Annona cinerea Dunal, Annona distincta Raeusch., Annona forskahlii DC., Annona glabra Forssk., Annona squamosa Delile, Guanabanus squamosus M. Gómez, dan Xylopia glabra L.

Buah Srikaya Anona squamosa

Buah Srikaya Anona squamosa

Pohon Srikaya Anona squamosa

Pohon Srikaya Anona squamosa

Srikaya memang bukan tumbuhan asli Indonesia. Diduga tanaman ini berasal dari wilayah Amerika Tropik, khususnya Karibia. Kini tanaman ini telah tersebar ke berbarbagai belahan dunia termasuk ke Indonesia.

Merupakan tumbuhan semak atau pohon yang selalu hijau atau semi selalu hijau. Tidak terlalu besar dengan  tinggi sekitar 2-8 meter. Kulit pohon tipis berwarna keabu-abuan. Daun tunggal, tumbuh secara berselang-seling, bentuk lembing membujur dengan tepi rata serta panjang daun sekitar 5-17 cm dan lebar 2-5 cm. Permukaan daun berwarna hijau sedang bagian bawah berwarna hijau kebiruan.

Bunga srikaya muncul di ujung tangkai atau ketiak daun, berangkai 1-4 bunga, yang masing-masing diameternya 1,5-3 cm, terdiri atas 3 daun mahkota berukuran besar dan 3 daun mahkota berukuran kecil, berwarna kuning-hijau dengan bintik ungu di bagian dasar.

Buah srikaya termasuk buah semu, bentuk bola atau menyerupai kerucut, permukaan berbenjol – benjol, warnanya hijau berserbuk putih, penampang 5-10 cm. Saat telah masak, anak buah akan memisahkan diri satu dengan yang lainnya. Warna kulit buah hijau kebiru-biruan. Daging buah menyelaputi biji, berwarna putih atau bersemu kekuningan, rasanya manis. Biji masak berwarna hitam mengilap.

Bunga Srikaya Anona squamosa

Bunga Srikaya Anona squamosa

Buah Srikaya Anona squamosa

Buah Srikaya Anona squamosa

Buah yang masak  dapat dikonsumsi (dimakan) langsung. Buahnya mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu juga mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Akar dan kulit kayu mengandung flavonoida, borneol, camphor, terpene, dan alkaloid anonain. Akarnya mengandung saponin, tannin, dan polofenol. Bijinya mengandung minyak, resin, dan bahan beracun yang bersifat iritan. Karenanya baik daun, akar, buah, kulit kayu, maupun bijinya bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.

Daun dapat digunakan untuk mengobati batuk, demam, reumatik, diare, disentri, cacingan, kutu kepala, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, dan sebagai obat luar untuk borok, luka, bisul, scabies, kudis, dan eczema. Bijinya dapat digunakan untuk pengobatan cacingan, gangguan pencernaan, hingga mematikan kutu kepala dan serangga. Buah muda untuk obat diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan. Akar dapat sebagai obat untuk sembelit dan gangguan pencernaan. Sedangkan kulit kayu dapat sebagai obat diare, disentri, dan luka berdarah.

Meskipun memiliki manfaat sebagai tanaman obat dengan berbagai khasiat, di samping sebagai buah konsumsi, ternyata budidaya srikaya (Annona squamosa L.) di Indonesia masih minim. Tumbuhan ini lebih sering dibiarkan tumbuh meliar di kebun-kebun.

Klasifikasi Ilmiah Srikaya : Kerajaan : Plantae. Ordo : Magnoliales. Famili : Annonaceae. Genus : Annona. Spesies : Annona squamosa L.

Referensi dan gambar:
www.theplantlist.org/tpl1.1/record/kew-2641034
tanamankampung.blogspot.co.id/2012/11/srikaya.html
Gambar : commons.wikimedia.org/wiki/Category:Annona_squamosa

Baca artikel tentang tumbuhan Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Srikaya (Annona squamosa) Tanaman Sejuta Manfaat

  1. Apa saja manfaat tumbuhan srikaya ya gan?… Didaerah saya banyak tumbuhan ini, hanya saja tidak ada pemanfaatan sama sekali..

  2. agoesman berkata:

    tanaman sangat bermanfaat….dn ada dimana mana..seantero Indonesia

  3. Informasinya bagus gan. Jadi nambah ilmu pengetahuan saya tentang tumbuhan srikaya ini. Sukses selalu untuk agan dan websitenya.

  4. pen quran berkata:

    Wah mantap informasinya, bermanfaat buat pen quran

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s