Jenis Burung Pleci (Kacamata) di Indonesia

Jenis Burung Pleci atau Burung Kacamata di Indonesia mencapai puluhan spesies. Bahkan sebagian besar dari jenis-jenis burung pleci tersebut merupakan burung endemik Indonesia. Artinya burung ‘berkacamata’ itu hanya bisa dijumpai di Indonesia saja.

Burung Pleci sebenarnya mempunyai nama resmi Burung Kacamata. Nama ini didapat karena ciri khasnya yang memiliki lingkaran putih di sekitar mata layaknya sepasang kacamata. Burung ini dikelompokkan dalam genus Zosterops yang merupakan anggota burung pengicau dari famili Zosteropidae.

Daftar Spesies Burung Kacamata di Indonesia

Berikut ini jenis-jenis burung kacamata atau burung pleci yang dijumpai hidup secara alami (burung asli) di Indonesia. Daftar ini dilengkapi dengan gambar burung pleci, dan diskripsi singkat yang meliputi nama umum dalam bahasa Indonesia dan Inggris, nama latin, daerah persebaran dan tingkat keterancaman burung.

  • Kacamata Ambon; Burung pleci dengan nama latin Zosterops kuehni Hartert, 1906. Jenis pleci ini dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Ambon Yellow White-eye atau Ambon White-eye. Merupakan burung endemik Indonesia (Pulau Ambon) dengan status konservasi Near Threatened (NT; Hampir Terancam).
  • Kacamata Arfak; Nama latin hewan ini adalah Zosterops fuscicapilla Salvadori, 1875. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Capped White-eye. Burung yang mendiami Pulau Papua (Indonesia dan Papua Nugini) ini bersatuskan Least Concern (LC; Berisiko Rendah).
  • Kacamata Belukar; Nama latin burung pleci ini Zosterops everetti Tweeddale, 1878.  Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Everett’s White-eye. Hidup tersebar di Indonesia (Kalimantan), Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Status konservasinya Least Concern.
  • Kacamata Biak; Nama latin burung pleci ini Zosterops mysorensis Meyer, 1874. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Biak White-eye. Merupakan burung endemik Indonesia yang mendiami Pulau Biak dan Supiori, di Papua. Status konservasi Near Threatened (Hampir Terancam).
  • Kacamata Biasa; Nama latin burung pleci ini Zosterops palpebrosus (Temminck, 1824) atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Oriental White-eye. Daerah persebarannya sangat luas, meliputi Indonesia (Sumatera, Jawa, Bali, Nusa tenggara, Kalimantan), Afganistan, Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Iran, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Srilanka, Thailand, dan Vietnam. Status konservasinya Least Concern.
  • Kacamata Buru; Burung pleci ini memiliki nama ilmiah Zosterops buruensis Salvadori, 1878. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Buru Yellow White-eye atau Buru White-eye. Adalah burung endemik Pulau Buru (Maluku, Indonesia). Status konservasinya Least Concern.
  • Kacamata Dahi-hitam; Nama latinnya adalah Zosterops atrifrons Ogilvie-Grant, 1910. Dalam bahasa Inggris disebut Black-crowned White-eye. Burung endemik Indonesia yang sebarannya terbatas di Pulau Sulawesi dan Kep. Sula. Status konservasinya Least Concern.
  • Kacamata Enggano; Burung pleci ini memiliki nama ilmiah Zosterops salvadorii Meyer & Wiglesworth, 1894. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Enggano White-eye. Hewan endemik Indonesia yang mendiami Pulau Enggano di Bengkulu. Status konservasinya Least Concern.
  • Kacamata Gunung; Nama latin burung pleci ini Zosterops montanus Bonaparte, 1850. Dalam bahasa Inggris disebut Mountain White-eye. Tersebar mulai dari Indonesia (Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku), Filipina, hingga Timor Leste. Status konservasinya Least Concern.
  • Kacamata Halmahera; Nama latin burung pleci ini Zosterops atriceps Gray, 1860. Memiliki nama Inggris Creamy-throated White-eye atau Cream-throated White-eye. Merupakan burung endemik Maluku Utara (Indonesia). Status konservasinya Least Concern.
  • Kacamata Jawa; Nama latin burung pleci ini Zosterops flavus (Horsfield, 1821) yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Javan White-eye. Hidup tersebar di Indonesia (Jawa dan Kalimantan) dan Malaysia. Status konservasinya Near Threatened.
  • Kacamata Kai;  Nama latin burung pleci ini Zosterops grayi Wallace, 1864. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Pearl-bellied White-eye. Merupakan hewan endemik Indonesia (Pulau Kai). Status konservasinya Near Threatened.

Untuk membaca lanjutan daftar burung pleci di Indonesia, klik tulisan di bawah ini:

HALAMAN KEDUA JENIS BURUNG PLECI

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di burung, satwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Jenis Burung Pleci (Kacamata) di Indonesia

  1. Nisa Alfarizi berkata:

    Makasih artikelnya, membantu saya mengerjakan makalah adik saya.

  2. apakah jenis burung pleci ini satwa yang dilindungi ?

  3. Traveller Point berkata:

    Lucu lucu ya burung nya.. Hehehe

  4. kecil tapi suaranya bagus banget aku sering denger enak banget

  5. Anak saya suka burung kacamata, ternyata banyak juga jenisnya

  6. sarividi berkata:

    bagus buat ngilangin stress

  7. ariefsigli berkata:

    ternyata cukup banyak juga jenisnya.. saya bahkan baru tau…

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s