12 Pantai Terindah di Indonesia

12 pantai terindah di Indonesia adalah daftar pantai di Indonesia yang menawan, indah, mempesona, dan cantik. 12 pantai terindah ini sekaligus melengkapi seri tulisan tentang wisata alam Indonesia. Daftar pantai paling indah ini memuat pantai-pantai di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. masing-masing memiliki pesona, keistimewaan, dan daya tarik tersendiri. Namun dari berbagai pantai indah di Indonesia tersebut, terdapat beberapa yang layak menyandang predikat sebagai pantai paling indah. Tentunya penilaian ini bisa jadi berbeda dengan penilaian pihak lain, termasuk pembaca.

Berikut ini adalah dua belas pantai di Indonesia yang layak menyandang predikat sebagai pantai terindah di Indonesia. Daftar tersebut adalah :

Pantai Senggigi, Nusa Tenggara Barat

Pantai Senggigi terletak di pesisir barat Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai menawan dan indah ini memiliki hamparan pasir putih. Pesisir pantainya asri dan natural dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pemandangan bawah lautnya dengan hamparan terumbu karang, pun tidak kalah indah. Di pantai ini terdapat beberapa objek wisata seperti Batu Bolong dengan puranya dan Watu Layar dengan makan ulama penganut Wetu Telu.

Pantai Kuta, Bali

Pulau Bali memiliki sederet pantai terindah. Salah satunya adalah Panti Kuta. Pantai ini terletak di sebelah selatan Denpasar, tepatnya di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Selain dengan pasir pantainya yang putih, pantai Kuta terkenal sebagai lokasi untuk menyaksikan sunset (matahari terbenam). Selain itu pantai Kuta adalah spot terbaik untuk berselancar, baik untuk pemula maupun untuk profesional. Lebih lengkap mengenai pantai Kuta, baca : Pantai Kuta, Ikon Wisata yang Mendunia.

Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Pantai Pangandaran terletak di tenggara Jawa Barat. Tepatnya di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Beberapa pesona pantai Pangandaran yang menempatkannya dalam jajaran pantai terindah antara lain; pasir putih, pantai yang landai dengan air laut jernih, bisa menyaksikan sunset maupun sunrise (matahari terbenam), pemandangan bawah laut, serta objek Gua Jepang.

Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya kurang-lebih 30 km di utara kota Pangkalpinang. Keindahan dan pesona pantai Parai Tenggiri terutama dikenal dengan batu-batu granit alaminya yang berpadu dengan pasir putih. Selain itu ombaknya relatif tenang dan bersih sehingga cocok untuk kegiatan air seperti berenang, sunbathing, banana boat, dan diving.

Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Parangtritis terletak 25 km arah selatan kota Yogyakarta tepat di tepi Samudera Hindia. Tepatnya berada di kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pesona dan keindahan pantai Parangtritis antara lain memiliki ombak yang sangat besar, pasir hitam yang bersih, serta memiliki gumuk-gumuk atau gunung-gunung pasir di sekitar pantai. Pantai Parangtritis juga sangat kental dengan legenda Ratu Kidul.

Pantai Bunaken, Sulawei Utara

Pantai Bunaken adalah bagian dari Taman Laut Nasional Bunaken. Letaknya berada di Teluk Manado, Kota Manado, Sulawei Utara. Pantai Bunaken memiliki pasir putih dan lingkungan yang asri. Pun yang paling kesohor akan keindahannya adalah pemandangan bawah laut. Tidak kurang dari 40 lokasi penyelaman dengan aneka ragam terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah terdapat di objek wisata ini. Baca juga : Taman Laut Terindah di Indonesia.

Pantai Palabuhan Ratu, Jawa Barat

Pantai Pelabuhan Ratu atau Pelabuhanratu terletak di selatan Jawa Barat pada pesisir Samudera Hindia. Tepatnya di Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya sekitar sekitar 60 km di selatan Kota Sukabumi. Pantai Pelabuhan Ratu memiliki perpaduan antara pantai yang landai dan curam dengan tebing karang terjal. Pun dengan hempasan ombak yang cukup besar. Layaknya di Parangtritis, di Pelabuhan Ratu pun berkembang mitos Ratu Kidul. Keindahannya ditambah dengan adanya Cagar Alam Tangkuban Perahu-Pelabuhan Ratu yang didirikan pada tahun 1930.

Pantai Dreamland, Bali

Pantai Dreamland merupakan salah satu pantai terindah yang terdapat di Pulau Bali. Lokasinya berada Pecatu. Pantai ini eksotis karena dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi dan batu karang yang besar. Berpasir putih, bersih, dengan ombaknya yang besar.

Pantai Raja Ampat, Papua Barat

Pantai Raja Ampat adalah sekumpulan pantai, pulau,dan perairan yang termasuk dalam bagian Suaka Margasatwa Kepulauan Raja Ampat. Terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Raja Ampat memiliki keanekaragaman hayati bawah laut terkaya di dunia. Saat ini saja telah teridentifikasi 537 spesies terumbu karang (75 % dari total spesies terumbu karang di dunia), lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska. Karena keindahannya, kawasan ini kerap disebut sebagai Surga Tersembunyi di Timur Indonesia.

Pantai Sanur, Bali

Pantai Sanur, sebagaimana pantai-pantai terindah di Bali, telah cukup banyak di kenal. Pantai ini berada di timur Kota Denpasar. Jika pantai Kuta terkenal dengan sunset-nya, pantai Sanur dikenal dengan pemandangan sunrise (matahari terbit). Pantai ini memiliki pasir putih dan ombaknya yang relatif tenang. Sehingga di sini bisa digunakan untuk menyelam dan snorkeling bagi semua tingkatan penyelam.

Pantai Hunimua Liang, Maluku Tengah

Pantai ini kerap disebut sebagai Pantai Hunimua atau Pantai Liang. Terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Tahun 1990 silam, pantai ini pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia oleh Badan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP). Pesona utama pantai ini adalah pemandangan lautnya yang memikat. Pun hamparan pasir putih sejauh hampir satu kilometer dengan lebar 300-an meter dan air laut yang biru bersih.

Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Pantai Derawan, layaknya Pantai Raja Ampat, adalah sekumpulan pantai dan pulau dengan pemandangan bawah laut yang menawan. Terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, kawasan ini menjadi salah satu Taman Laut paling indah di Indonesia. Derawan dihuni 470-an spesies karang. Pun dapat menikmati padang lamun, hutan bakau, dan aneka satwa air seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, dan ikan barakuda.

Sebagian besar dari daftar pantai tersebut memang berada di pulau Bali dan Jawa. Hal ini mengingat bahwa keindahan sebuah pantai tetap membutuhkan sentuhan dari pengelola, baik oleh pemerintah daerah maupun pihak swasta. Pantai yang indah membutuhkan promosi, kemudahan akses, kelengkapan akomodasi, dan fasilitas pendukung lainnya. Di samping pengelolaan untuk menjaganya tetap alami dan asri. Kesemua syarat tersebut tampaknya belum ‘dipahami’ oleh daerah-daerah di luar Bali dan Jawa.

Itulah ke-12 pantai terindah pilihan alamendah.org. Daftar ini bukan berarti menyatakan bahwa pantai-pantai lainnya di Indonesia kurang indah.Dan bisa juga masing-masing pihak memiliki versi tersendiri. Mungkin para pembaca pun telah memiliki pantai terindah versi masing-masing.

Referensi dan sumber gambar :
commons.wikimedia.org
www.pasirpantai.com

Baca artikel tentang wisata dan alam Indonesia lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia, wisata dan tag , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke 12 Pantai Terindah di Indonesia

  1. Lidya berkata:

    baru tiga pantai yang saya kunjungi dari list pantai terindah

  2. libertymeivert berkata:

    Bersyukur kita Orang Indonesia dianugerahkan tanah air yang kaya akan keindahan alam termasuk pantai. Di negara tempat saya tinggal saat ini adalah hal yang tidak murah untuk boleh menikmati pantai. selain jarak yang jauh, biayanya juga tidak kalah menakutkan 😀

  3. Pengen ke pantai raja ampat dan Derawan, wish my dream come true….

  4. Nurali mahfudz al fatir berkata:

    Indahnya pantai kuta bali,seperti di surga

  5. syatesya92 berkata:

    Masih ada 1 surga yg tersembunyi di pacitan jawa timur..Watu karung…hag kalah sama dreamland bali ka..

  6. ayo jalanjalan berkata:

    Indonesia memiliki 13466 PULAU besar yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, menjadikan Indonesia negara kepulauan TERBESAR di dunia.

    Jarak dari Sabang ke Merauke 5428KM. Itu sama dengan jarak dari negara Iraq ke United Kingdom (dengan melewati 10 negara di eropa).

    Ada 1128 SUKU BANGSA dengan 746 BAHASA.

    Indonesia dikaruniai KEINDAHAN alam yang tiada duanya, dan menyimpan keajiaban – keajaiban alam yang melegenda.

    Sungguh disayangkan jika dunia belum menyorotkan matanya akan keindahan Indonesia.

    “Bantu indonesia menjadi pariwisata terbaik di dunia”

  7. ivan berkata:

    Apakah alasannya 2 (dua) buah pantai merah muda \ pink beach yang ada di NTT тι∂αк masuk dalam 12 pantai terindah di Indonesia?

  8. Wayahna berkata:

    di NTB, khususnya Lombok, banyak pantai di Lombok yang lebih bagus daripada senggigi. Hanya saja tidak belum dikenal banyak orang…

  9. Air Terjun Gunung Salak berkata:

    indah sekali pantainya pengen ke semua pantai tersebut kalau bisa.. menikmati keindahannya,,

  10. retas-303 berkata:

    indonesia raja gak ada yang nandingin

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.