Hewan dan Tumbuhan Khas Sumatera Barat

Hewan dan tumbuhan khas Sumatera Barat ini melengkapi seri artikel tentang flora dan fauna khas masing-masing provinsi di Indonesia. Beserta provinsi-provinsi lainnya, hewan khas Sumatera Barat telah pernah ditulis di artikel Daftar Fauna Identitas Provinsi. Pun tentang tumbuhan khas Sumatera Barat yang ditulis dalam artikel Daftar Flora Identitas Provinsi.

Hewan dan tumbuhan khas Sumatera Barat adalah sepasang flora dan fauna yang ditetapkan menjadi identitas dan maskot provinsi tersebut. Pemilihannya tentu berdasarkan beberapa pertimbangan tertentu.

Provinsi Sumatera Barat telah menetapkan Pohon Andalas (Morus macroura) sebagai flora atau tumbuhan identitas, maskot, atau khas. Sedangkan fauna identitas atau hewan khas dan maskot provinsi ini adalah Burung kuau raja (Argusianus argus).

Pohon Andalas Tumbuhan Khas Sumatera Barat

Pohon Andalas ditetapkan sebagai tumbuhan khas atau flora identitas sekaligus maskot provinsi Sumatera Barat. Pohon Andalas adalah tumbuhan dari famili Moraceae dan berkerabat dekat dengan Murbai (Morus alba). Pohon Andalas dimanfaatkan kayunya untuk bahan perabot rumah tangga, almari, dan bahan bangunan termasuk dalam pembuatan rumah gadang. Kayunya mempunyai kualitas tinggi, awet, tahan air, dan anti rayap. Menurut mitos masyarakat setempat, pohon Andalas berasal dari tongkat Datuak Parpatih nan Sabatang, salah satu tokoh penyusun adat bagi masyarakat Minangkabu, yang ditancapkan ke tanah.

Pohon Andalas (Morus macroura)

Pohon Andalas (Morus macroura)

Nama latin tanaman ini adalah Morus macroura Miq. yang mempunyai beberapa nama sinonim seperti Morus alaisia Deless. ex Moretti, Morus alba var. laevigata Bur., Morus laevigata Wall., Morus wallichiana Koidz., dan Morus wittiorum var. mawu Koidz. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Himalayan Mulberry atau Sumatra Mulberry. Sedangkan di Indonesia dikenal juga sebagai Kertau, Hole Tanduk, atau Andaleh.

Andalas adalah pohon asli Indonesia, meskipun bukan termasuk tumbuhan endemik. Tumbuhan ini tersebar di China (Yunan dan Hainan), Tibet, Kamboja, Malaysia (Semenanjung), Laos, Vietnam, Thailand, dan Indonesia (Sumatera dan Jawa). Poplasi secara global masih cukup banyak, namun di Indonesia mulai langka.

Pohon Andalas berukuran besar dengan tinggi mampu mencapai 40 meter dengan diameter batang bawah mencapai 2 meter. Bentuk daun dan buah mirip murbai.

Selengkapnya tentang pohon Andalas, baca artikel : Pohon Andalas Tanaman Khas Sumatera Barat.

Klasifikasi ilmiah Andalas : Kingdom : Plantae. Divisi : Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo : Rosales. Famili : Moraceae. Genus : Morus. Spesies : Morus macroura Miq.

Kuau Raja Burung Khas Sumatera Barat

Hewan khas Sumatera Barat adalah burung Kuau Raja. Burung dari famili Phasianidae ini merupakan salah satu burung asli pulau Sumatera. Ciri khas burung berukuran besar ini adalah pejantannya yang memiliki bulu ekor yang panjang dan indah dengan motif bulatan-bulatan berwarna cerah dan berbintik-bintik keabu-abuan. Saat kawin, pejantan akan menarik perhatian betina dengan mengembangkan bulu sayap dan ekornya. Bulu ekor ini terkembang layaknya kipas raksasa. Perlahan kipas tersebut ditarik ke depan sehingga menutupi seluruh tubuh dan kepala burung jantan.

Kuau Raja (Argusianus argus)

Burung Kuau Raja (Argusianus argus)

Nama latin hewan ini adalah Argusianus argus (Linnaeus, 1766). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Great Argus. Sedangkan penyebutan lokal untuk hewan ini adalah ‘kuang’.

Burung ini berukuran besar dengan berat mencapai 10 kg. Panjang dari kepala hingga ujung ekor pada burung Kuau Raja jantang dapat mencapai 2 meter, sedangkan betinanya, karena ekornya pendek, hanya berukuran sekitar 75 cm. Selain ciri khas ekornya pejantannya yang bisa menjadi kipas layaknya burung merak, pada ekor pejantan ini terdapat dua helai bulu yang sangat panjang, bisa mencapai 1 meter lebih. Hidup di permukaan tanah dan mempunyai kemampuan berlari yang cukup baik, meskipun dapat terbang untuk jarak pendek.

Kuau Raja merupakan salah satu burung asli Indonesia yang hidup di pulau Sumatera dan Kalimantan. Selain itu burung besar maskot Sumatera Barat ini tersebar di Thailand, Myanmar, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Selengkapnya mengenai burung Kuau Raja, baca : Burung Kuau Raja Si Raksasa Seratus Mata.

Klasifikasi Ilmiah Kuau Raja : Kerajaan : Animalia. Filum : Chordata. Kelas : Aves. Ordo: Galliformes. Famili : Phasianidae. Genus : Argusianus. Spesies: Argusianus argus (Linnaeus, 1766).

Referensi dan gambar :
 alamendah.org/2011/01/16/pohon-andalas-tanaman-khas-sumatera-barat
 alamendah.org/2012/04/07/burung-kuau-raja-si-raksasa-seratus-mata
 www.theplantlist.org/tpl1.1/record/tro-50131548
 www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/16796949
 www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/11910004
 www.birdlife.org/datazone/speciesfactsheet.php?id=283
 Gambar : www.tradewindsfruit.com dan www.gbwf.org

Baca artikel tentang flora Indonesia, fauna Indonesia, dan tumbuhan dan hewan langka lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Hewan dan Tumbuhan Khas Sumatera Barat

  1. ysalma berkata:

    Kalau pohon Andalas atau Andaleh saya tau, malah ada nama daerah juga dengan nama ini,
    tapi hewan khasnya belum pernah lihat *memalukan anak nagari ini 🙂

  2. Lidya berkata:

    ooh ternyata andalas itu nama pohon ya pak

  3. Ping balik: Flora dan Fauna Khas Provinsi Jawa Barat | Alamendah's Blog

  4. iqbal hammam berkata:

    semoga hewan itu tidak punah

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s