Cagar Alam Peson Subah I, Batang, Jawa Tengah

Cagar Alam Peson Subah I merupakan satu dari 9 Cagar Alam yang terletak di Jawa Tengah. Cagar Alam Peson Subah I pun menjadi satu diantara tiga Cagar Alam yang terdapat di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dua Cagar Alam lainnya adalah Cagar Alam Peson Subah II dan Cagar Alam Ulolanang Kecubung.

Cagar Alam Peson Subah I terletak di Desa Kuripan, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang dengan kawasan seluar 10,4 ha. Lokasinya berada di daerah pesisir pantai utara pulau Jawa. Kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.82/Menhut-II/2004 bertanggal 10 Maret 2004.

Cagar Alam (nature sanctuary) merupakan suatu kawasan suaka alam yang memiliki keadaan alam atau ekosistem tertentu dengan kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya. Sehingga kawasan tersebut perlu dilindungi dan dijaga agar perkembangannya berlangsung secara alami tanpa campur tangan manusia.

Cagar Alam Peson Subah I

Cagar Alam Peson Subah I, Batang

Pun dengan Cagar Alam Peson Subah I yang terletak di Batang, Jawa Tengah ini. Cagar Alam ini berada di daerah pesisir bertektur pasir hitam, dengan ketinggian hanya sekitar 1 meter di atas permukaan laut. Kawasan konservasi ini memiliki temperatur harian berkisar antara 240 C – 300 C, dengan kelembaban rata-rata 80%, dan curah hujan rata-rata 206 mm/tahun. Dengan topografi dan iklimnya tersebut membuat CA Peson Subah I memiliki kekhasan baik flora, fauna, maupun ekosistem. Baca : Daftar Cagar Alam di Pulau Jawa.

Keanekaragaman hayati di CA Peson Subah I meliputi flora dan fauna. Tumbuhan utama yang hidup di kawasan ini seperti Johar (Cassia siamea), Ketapang (Terminalia catappa), Kedoya (Dysoxylum amooroides), dan Kayu Api-api (Avicennia sp.). Sedangkan berbagai hewan yang mendiami CA Peson Subah I ini antara lain Babi Hutan (Sus sp.), Garangan (Herpestes sp.), Berang-berang (Aonyx cinera), Burung Kuntul (Egretta sp.), Trinil (Tringa sp.), Burung Raja-udang (Alcedinidae), dan Pecuk (Phalacrocorax sp.).

Referensi dan gambar :
BKSDA Jawa Tengah. 2009. Buku Informasi Kawasan Konservasi. Semarang: Balai Konservasi Sumber Daya Jawa Tengah

Baca artikel tentang lingkungan hidup lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Cagar Alam Peson Subah I, Batang, Jawa Tengah

  1. Ping balik: Cagar Alam Gunung Butak Rembang, Jawa Tengah | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Cagar Alam Cabak I dan II Blora, Jawa Tengah | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.