Indonesia Penghasil Emisi Karbon Tertinggi Keenam di Dunia

Indonesia menjadi negara penghasil emisi karbon tertinggi keenam di dunia. Ranking keenam yang diterima Indonesia sebagai penghasil emisi karbon di antara negara-negara penghasil emisi karbon (CO2) lainnya di dunia dirilis oleh World Resources Institute (WRI) di Washington DC. Dan bertambahlah ‘prestasi’ Indonesia di bidang kerusakan lingkungan.

Menurut laporan World Resources Institute sebagaimana dilansir Daily Mail (3/10/2014), ranking Indonesia sebagai negara penghasil emisi karbon (CO2) tertinggi dunia ini di bawah China, Amerika Serikat, Uni Eropa, India, dan Rusia. Total emisi karbon yang dihasilkan Indonesia adalah 2,05 miliar ton.

World Resources Institute membuat laporan tentang emisi karbon dioksida (CO2) negara-negara di dunia sejak 1850 hingga 2011 melalui sebuah peta interaktif. Dari peta interaktif tersebut terlihat emisi gas rumah kaca di dunia mengalami perubahan drastis selama 160 tahun terakhir.Jika pada tahun 1990-an sekitar dua pertiga dari emisi CO2 berasal dari negara-negara maju, pada tahun 2011, emisi karbon yang dihasilkan oleh negara-negara berkembang meningkat drastis, termasuk Indonesia.

Menurut laporan WRI tersebut, pada tahun 2011, dunia menghasilkan emisi karbon (Co2) sebesar 46 miliar ton. China tercatat sebagai negara penghasil emisi terbesar dengan total emisi lebih dari 10,26 miliar ton. Disusul oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa dengan emisi masing-masing sebesar 6,135 miliar ton dan 4,263 miliar ton.

Indonesia dengan 2,053 miliar ton emisi yang dihasilkannya menduduki peringkat keenam. Di bawah India dan Rusia yang masing-masing menghasilkan emisi 2,358 miliar ton dan 2,217 miliar ton emisi karbon.

Selengkapnya daftar 10 negara penghasil emisi karbon terbesar di dunia berdasarkan study World Resources Institute adalah sebagai berikut :

negara penghasil CO2 2011

Indonesia menduduki peringkat 10 negara penghasil CO2 Tahun 2011

TOP 10 WORLDWIDE EMITTERS OF CARBON DIOXIDE AS OF 2011
(Seluruh Dunia : 45,914 miliar ton)

  1. China : 10,26 miliar ton
  2. US : 6,135 miliar ton
  3. EU : 4,263 miliar ton
  4. India : 2,358 miliar ton
  5. Rusia : 2,217 miliar ton
  6. Indonesia : 2,053 miliar ton
  7. Brazil : 1,419 miliar ton
  8. Jepang : 1,17 miliar ton
  9. Canada : 847 million tons
  10. Jerman : 806 million tons

Laporan WRI tentang perubahan emisi karbon selama 160 tahun terakhir dan peringkat negara-negara penghasil emisi karbon tahun 2011 yang menempatkan Indonesia di posisi keenam negara penghasil karbondioksida terbesar di dunia, menambah panjang daftar ranking Indonesia di bidang kerusakan alam. Ranking-ranking yang sebelumnya telah diraih Indonesia antara lain :

Referensi dan sumber :
sains.kompas.com/read/2014/10/15/19551581/Indonesia.Penghasil.Emisi.Karbon.Tertinggi.Keenam.di.Dunia
www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2779286/Now-s-GLOBAL-warming-Interactive-map-reveals-countries-emit-carbon-dioxide-160-years.html
www.wri.org/blog/2014/09/explore-changing-global-emissions-through-interactive-maps
Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di kerusakan alam dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Indonesia Penghasil Emisi Karbon Tertinggi Keenam di Dunia

  1. masciput berkata:

    salah satu upaya simpel yang dapat dilakukan untuk mengurangi emisi co 2 adalah meminimalisir penggunaan kendaraan bbm, bisa menggalakkan ke kantor naik sepeda atau setidaknya sesekali menggunakan publik transportation

  2. Susindra berkata:

    Ikut prihatin dengan peringkat terburuk yg satu ini. Tak rela rasanya mengetahui Indonesia memiliki peringkat terburuk di nomor sekian. Tapi itulah kenyataannya.
    Semoga semakin banyak yg sadar lingkungan. Dan yah… mungkin klise… tapi semua pihak termasuk pemerintah punya PR yg sangat banyak, dimulai dari pemerintah daerah terdekat.

  3. Lidya berkata:

    kotor sekali ya Indonesia

  4. walley berkata:

    Jiah tahu sendirikan orang sini macem apa, pergi 500 meter aja kudu naek motor. Naik ke lantai 2 dari lantai 1 aja kudu pake lift. Dengan posisi Indonesia sebagai paru-paru dunia berkat borneonya justru aneh, karena negara-negara di atas Indonesia bukan paru-paru dunia. Kecuali brazil berkat hutan amazonnya.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s