Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic, Jepara, Jawa Tengah

Cagar Alam Keling I merupakan salah satu dari empat Cagar Alam yang terdapat di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Selain Cagar Alam Keling I, Jepara pun memiliki Cagar Alam Kembang, Cagar Alam Keling II/III, dan CA Gunung Celering. Penggunaan Keling sebagai nama cagar alam ini diambil dari nama kecamatan di mana cagar alam tersebut berada. CA Keling I sendiri terdiri atas tiga bagian yaitu CA Keling Ia, Ib, dan Ic.

Kawasan CA Keling Ia, Ib, dan Ic telah ditunjuk menjadi kawasan Cagar Alam sejak jaman penjajahan Belanda. Penunjukannya didasarkan pada Besluit Gubernur Jenderal Belanda Nomor 90 tanggal 21 Februari 1919. Status ini kemudian diperkuat dengan SK Penunjukan Menteri Kehutanan Nomor SK.359/Menhut-II/2004 tanggal 1 Oktober 2004.

Secara administrasi kawasan Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic terletak di Desa Bumiharjo, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Lokasi kawasan konservasi ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan antara kota Jepara dengan Pati. Sebagaimana cagar alam lainnya, CA Kembang merupakan kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan baik pada tumbuhan dan satwa yang menghuninya, ataupun ekosistemnya.

Cagar Alam Keling I

Cagar Alam Keling I

Total luas Cagar Alam Keling I adalah 6,8 hektar. Secara umum dikategorikan sebagai daerah beriklim C. Rata-rata curah hujannya sekitar 3.588 mm/tahun. Suhu udaranya berkisar antara 20 derajar celcius hingga 36 derajat celcius. Bagi yang melintasi sekitar Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic akan dapat langsung mengenali. Vegetasinya yang terdiri atas pohon-pohon besar dan semak belukar terlihat kontras dengan sekelilingnya yang berupa perkebunan karet dan hutan jati.

Kawasan Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic memiliki berbagai jenis tanaman dan dihuni oleh aneka satwa liar. Beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh di Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic antara lain Winong atau Binong (Tetrameles nudiflora), Jrakah (Ficus superba), Benda atau Bendo (Artocarpus elasticus), dan Kosambi atau Kesambi (Schleichera oleosa).

Di samping tetumbuhan, Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic pun dihuni oleh aneka satwa liar. Satwa tersebut diantaranya adalah Ayam Hutan Hijau (Gallus varius), Kutilang Jambul (Pycnonotus aurigaster), dan Elang (Accipitridae). Juga Landak atau Sunda Porcupine (Hystrix javanica) hingga primata Monyet Ekor Panjang atau Long tail Macaque (Macaca fascicularis).

Selain Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic, Kabupaten Jepara pun memiliki beberapa cagar alam lainnya. Cagar alam itu antara lain CA Keling II/III, CA Kembang, dan CA Gunung Celering. Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic ini di bawah pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.

Referensi dan gambar :
BKSDA Jawa Tengah. 2009. Buku Informasi Kawasan Konservasi. Semarang: Balai Konservasi Sumber Daya Jawa Tengah

Baca artikel tentang Cagar Alam dan kawasan suaka alam lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Cagar Alam Keling Ia, Ib, dan Ic, Jepara, Jawa Tengah

  1. farid berkata:

    tu pohon winong sudah berapa tahun ya umurnya, kayanya tua banget tu pohon

  2. Ping balik: Cagar Alam Gunung Butak Rembang, Jawa Tengah | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s