Pohon Johar (Senna siamea) Peneduh Berbunga Kuning

Pohon Johar atau Senna siamea (Lam.) H.S.Irwin & Barneby, merupakan pohon peneduh dengan bunga khas berwarna kuning. Dengan bunga malai-nya yang berwarna kuning dan dedaunan rimbun yang hijau, pohon Johar (Senna siamea) selain memberikan keteduhan pun terlihat indah. Wajar jika kemudian pohon Johar kerap dijadikan pohon peneduh (penghijauan), tanaman penaung, hingga tanaman hias di taman-taman.

Di Indonesia, tumbuhan dari famili Leguminosae ini memiliki nama umum Johar. Di beberapa daerah disebut juga dengan beberapa nama lain semisal Juar atau Juwar (Betawi, Sunda, dan Jawa); Johor (Melayu); Jati Wesi (Jawa); dan Bujuk atau Dulang (Sumatera).

Dalam bahasa Inggris, Johar dikenal sebagai Kassod Tree, Cassod Tree, Black-wood cassia, dan Bombay Blackwood. Nama latin tumbuhan ini adalah Senna siamea (Lam.) H.S.Irwin & Barneby. Nama ilmiah ini memiliki beberapa sinonim seperti Cassia arayatensis; Cassia arborea Macfad.; Cassia florida Vahl; Cassia gigantea DC.; Cassia siamea Lam.; Cassia siamea var. puberula Kurz; Cassia sumatrana Roxb.; Cassia sumatrana DC.; Chamaefistula gigantea G.Don; Sciacassia siamea (Lam.) Britton & Rose; Sciacassia siamea (Lam.) Britton; dan Senna sumatrana (DC.) Roxb.

Pohon Johar (Senna siamea)

Pohon Johar (Senna siamea). Gambar : commons.wikimedia.org

Pohon Johar berukuran kecil hingga sedang. Tingginya sekitar 5-20 meter dengan batang bulat, lurus, dan pendek. Kulit batang (pepagan) berwarna abu-abu kecoklatan. Percabangannya melebar dan membentuk tajuk yang membulat. Akar pohon Johar berjenis akar tunggang.

Daun tumbuhan Johar menyirip genap. Berwarna hijau gelap dan mengkilat pada sisi atas dan hijau kusam dan berambut halus di sisi bawah. Panjang daun berkisar 10 – 35 cm. Anak daun 4 – 16 pasang, agak menjangat, dengan bentuk jorong hingga bundar telur.

Pohon Johar (Senna siamea)

Daun dan Bunga Pohon Johar (Senna siamea) Gambar : commons.wikimedia.org

Bunga Johar berupa malai yang muncul di ujung ranting. Panjang malainya antara 15 – 60 cm. Setia malai berisi 10 – 60 kuntum bunga yang terbagi dalam beberapa tangkai. Kelopak bunga 5 buah, berbentuk oval membundar, 4 – 9 mm, tebal dan berambut halus. Mahkota bunga berwarna kuning cerah, terdiri atas 5 helai, gundul, bundar telur terbalik, bendera dengan kuku sepanjang 1 – 2 mm. Benang sari 10, dengan panjang sekitar 1 cm. Buahnya berbentuk polong dengan panjang sekitar 15 – 30 cm. Terdiri atas 20 – 30 biji. Biji bundar telur pipih, berwarna coklat terang mengkilap.

Buah Pohon Johar (Senna siamea)

buah Pohon Johar (Senna siamea). Gambar : commons.wikimedia.org

Johar merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan Selatan. Tumbuh mulai dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar, hingga India dan Sri Lanka. Di Indonesia banyak tumbuh di pulau Sumatera dan Jawa. Johar mampu tumbuh baik pada pelbagai kondisi tempat. Namun paling cocok pada dataran rendah tropis dengan iklim muson yang memiliki curah hujan antara 500 – 2800 mm pertahun dan temperatur antara 20 – 31 °C.

Tanaman Johar kerap dipergunakan sebagai tanaman penghijauan, tanaman peneduh, dan tanaman hias di taman-taman maupun tepi jalan. Selain itu juga sebagai tanaman sela, tanaman tepi atau penghalang angin di perkebunan seperti perkebunan kopi, teh, dan kakao. Johar pun menghasilkan kayu yang keras dan awet (terutama kayu bagian teras) sehingga kerap dimanfaatkan dalam pembuatan jembatan dan tiang bangunan. Motif serat kayunya menarik sehingga digemari dalam pembuatan mebel dan panel dekoratif.

Di samping itu daun-daun muda dan bunganya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran, rebusan daunnya dipakai sebagai obat malaria, pepagan, daun dan buahnya sebagi bahan menyamak, serta akarnya dimanfaatkan sebagai obat cacingan dan sawan pada anak-anak.

Pohon Johar tidak termasuk tumbuhan langka. Pun tidak termasuk pohon yang dilindungi di Indonesia maupun diatur kuota perdagangannya berdasarkan Appendix CITES

Klasifikasi Ilmiah Johar. Kerajaan: Plantae. Divisi: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Fabales. Famili: Leguminosae. Senna: Dalbergia. Spesies: Senna siamea (Lam.) H.S.Irwin & Barneby.

Referensi dan gambar :
www.theplantlist.org/tpl1.1/record/ild-1117
proseanet.org/prosea/e-prosea_detail.php?frt=&id=3043
www.fao.org/ag/AGP/AGPC/doc/Gbase/data/pf000378.htm
Gambar : commons.wikimedia.org

Baca artikel tentang tumbuhan Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pohon Johar (Senna siamea) Peneduh Berbunga Kuning

  1. PDAM Indonesia berkata:

    Ditempatku kok jarang lihat pohon ini ya

  2. biro jasa sim berkata:

    pohon apa sih ini kok kayaknya gak ada yah di tempat ku ???

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s