Flora dan Fauna Khas Provinsi Jawa Barat

Melengkapi catatan tentang flora dan fauna khas di setiap provinsi di Indonesia, kali ini alamendah.org mengangkat flora dan fauna khas provinsi Jawa Barat. Layaknya provinsi lainnya, Jawa Barat telah menetapkan sepasang tumbuhan dan hewan menjadi tumbuhan dan hewan khas atau flora dan fauna identitas provinsinya.

Sebagai flora identitas telah dipilih tumbuhan gandaria sebagai maskot sekaligus flora khas. Gandaria adalah tumbuhan dari famili Anacardiaceae yang memiliki nama latin tumbuhan Bouea macrophylla Griff. Sedangkan untuk fauna identitas atau hewan khas dipilih Macan Tutul Jawa atau Panthera pardus melas.

Gandaria Flora Khas Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat memilih dan menetapkan pohon Gandaria sebagai flora identitas provinsi. Flora identitas ini biasa disebut juga sebagai flora khas atau tumbuhan maskot. Pohon Gandaria adalah tumbuhan dari famili Anacardiaceae (suku mangga-manggaan), nama latin tumbuhan tersebut adalah Bouea macrophylla Griff.

Gandaria Bouea macrophylla (2)

Gandaria (Bouea macrophylla)

Gandaria yang merupakan tumbuhan asli Indonesia, di beberapa daerah mempunyai berbagai nama lokal seperti gandaria (Jawa), jatake, gandaria (Sunda), remieu (Gayo), barania (Dayak ngaju), dandoriah (Minangkabau), wetes (Sulawesi Utara), Kalawasa, rapo-rapo kebo (Makasar), dan buwa melawe (Bugis). Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut sebagai Marian Plum atau Gandaria. Selain di Indonesia, Gandaria tumbuh tersebar di wilayah tropis Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand.

Pohon Gandaria (Bouea macrophylla) yang menjadi flora khas Jawa Barat, mempunyai tinggi pohon hingga mencapai 27 meter. Daun berbentuk bundar telur memanjang hingga jorong dengan panjang 11- 45 cm dan lebar 4 – 13 cm. Gandaria memiliki buah berbentuk agak bulat dengan diameter antara 2.5-5 cm. Kulit buah berwarna hijau saat muda dan kekuningan atau jingga saat tua. Daging buah Gandaria mengeluarkan cairan kental, berbau khas menyengat, dan memiliki rasa agak asam hingga manis. Buah Gandaria muda dimanfaatkan sebagai campuran rujak atau sambal gandaria. Selain dapat dikonsumsi langsung pun dapat dibuat asinan atau sirup.

Selengkapnya mengenai flora khas provinsi Jawa Barat ini, baca : Gandaria.

Klasifikasi Ilmiah Gandaria: Kerajaan: Plantae. Divisi: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Sapindales. Famili: Anacardiaceae. Genus: Bouea. Spesies: Bouea macrophylla Griff.

Macan Tutul Jawa Fauna Khas Jawa Barat

Mendampingi Gandaria, Macan Tutul Jawa ditetapkan sebagai fauna identitas atau fauna khas provinsi Jawa Barat. Macan Tutul Jawa adalah anakjenis (subspesies) dari Macan Tutul yang hanya hidup di pulau Jawa, Indonesia saja. Macan Tutul Jawa memiliki dua variasi warna kulit yaitu berwarna terang (kuning kecoklatan dengan bintik-bintik berwarna hitam) dan hitam (biasa disebut Macan Kumbang). Macan Tutul pun menjadi jenis kucing terbesar yang tersisa di pulau Jawa setelah Harimau Jawa dinyatakan punah.

Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) Gambar Fajar Andriyanto

Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) Gambar Fajar Andriyanto

Nama latin hewan endemik dan khas ini adalah Panthera pardus ssp. melas G. Cuvier. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Javan Leopard. Hidup tersebar di beberapa titik di pulau Jawa seperti di Taman Nasional (TN) Ujung Kulon (Banten), TN. Gunung Halimun Salak, TN. Gunung Gede (Jawa Barat), Hutan Lindung Petungkriyono Pekalongan, Gurung Merapi (Jawa Tengah), dan TN. Meru Betiri Jawa Timur. Populasi diperkirakan hanya tersisa 250-an ekor saja sehingga membuat hewan langka ini didaftar sebagai spesies Criticaly Endangered dalam Daftar Merah IUCN. Di Indonesia sendiri Macan Tutul, selain ditetapkan sebagai fauna khas Jawa Barat, pun ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi.

Selengkapnya mengenai fauna khas provinsi Jawa Barat ini baca : Macan Tutul dan Macan Kumbang.

Klasifikasi Ilmiah Macan Tutul. Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Mammalia. Ordo: Carnivora. Famili: Felidae. Genus: Panthera. Spesies: Panthera pardus. Subspesies: Panthera pardus melas G. Cuvier.

Baca artikel tentang flora dan fauna khas lainnya :

Referensi dan gambar :
- www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/19570728
- www.theplantlist.org/tpl1.1/record/kew-2680740
- alamendah.org/2010/06/14/pohon-gandaria-flora-identitas-provinsi-jawa-barat
- www.iucnredlist.org/details/15962/0
- alamendah.org/2010/01/25/macan-tutul-jawa-kucing-besar-terakhir-di-jawa
- gambar : www.tumblr.com dan photobucke
Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Flora dan Fauna Khas Provinsi Jawa Barat

  1. Melly Feyadin berkata:

    Bikin sambel pake gandaria itu enak, pak.
    Pernah sekali nyoba, tp sekarang katanya susah ya cr pohon ini.

  2. MS berkata:

    wah .., aku tinggal di Jawa Barat belum pernah lihat pohon gandaria…

  3. soal flora si aku nyerah deh, banyak tanaman yang mirip mirip tapi tidak bisa menentukan pasti itu benar gandaria apa bukan. hehe

    liat macan tutul jadi pengen berhadapan langsung, secara terakhir ke kebun binatang masih sd

  4. Lidya berkata:

    OOh buag gandaria seperti itu ya pak, belum pernah lihat secara langsung. Jalan rumah saya namanya jalan Gandaria loh :)(

  5. Outbound berkata:

    Kalau di Jawa Barat satwa terlengkap sih di Taman Safari Cisarua keknya hehe.

  6. Diksun berkata:

    Pngen miara mcan ttul, dilestarikan, tp kndalanya, pkannya yg mhal.,

  7. nasya.syahrani berkata:

    anggrek berasal dari mana

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s