Daftar Masalah Lingkungan di Indonesia

Oktober kemarin, Greenpeace merangkum daftar masalah lingkungan di Indonesia. Daftar masalah lingkungan tersebut merupakan hasil program Jurnalisme Warga untuk Lingkungan (JARING) yang diinisiasi Greenpeace Indonesia. JARING sendiri merupakan sebuah program untuk mewadahi aspirasi masyarakat terkait masalah lingkungan.

Permasalahan lingkungan di Indonesia ternyata menjadi perhatian serius bagi mamsyarakat. Terbukti dengan antusiasme warga dalam melaporkan berbagai masalah lingkungan yang meliputi isu hutan, sungai, laut, limbah, sampah, serta iklim dan energi. Hasilnya, dapat diketahui berbagai masalah lingkungan yang menjadi fokus perhatian sebagain besar masyarakat Indonesia.

Isu lingkungan yang paling banyak yang mendapat perhatian adalah pencemaran sungai oleh bahan kimia berbahaya industri. Bagi masyarakat Indonesia, masalah lingkungan ini cukup mendapat perhatian serius, mengalahkan isu-isu lingkungan lainnya.

Masalah lingkungan

Masalah lingkungan

Sebagai gambaran adalah Sungai Citarum (Ci Tarum) yang pada 2010 silam, sempat mendapatkan gelar “Sungai Paling Tercemar di Dunia” oleh situs online terbesar di Amerika Serikat, huffingtonpost.com. Pun oleh Blacksmith Institute dan Green Cross Swiss (2013) yang memasukkan Sungai Citarum dalam “Top Ten Toxic Threats in 2013”. Sungai yang menjadi urat nadi bagi sekitar 5 juta penduduk tersebut memiliki lebih dari 500-an pabrik di kanan-kirinya yang berlomba-lomba membuang limbahnya ke Sungai Citarum.

Baca : Citarum Menjadi Sungai Paling Tercemar di Dunia dan Sungai Citarum dan Kalimantan 10 Tempat Paling Tercemar di Dunia

Selain pencemaran sungai oleh bahan kimia berbahaya industri, masih terdapat masalah-masalah lingkungan lainnya yang menjadi sorotan publik. Permasalahan-permasalahan lingkungan tersebut adalah :

  1. Pencemaran Sungai oleh Bahan Kimia Berbahaya Industri
  2. Bencana Kebakaran Hutan dan Gambut di Sumatra dan Kalimantan
  3. Alih Fungsi Hutan Lindung dan Lahan Pertanian
  4. Pencemaran Perairan oleh Limbah Pertambangan
  5. Kasus Penangkapan Ikan Berlebih dan Illegal di Perairan Nusantara

Itulah 5 masalah lingkungan yang mendapatkan sorotan terbesar dari masyarakat Indonesia berdasarkan program Jurnalisme Warga untuk Lingkungan (JARING). Hasil rangkuman dari permasalahan lingkungan ini, oleh Greenpeace telah diserahkan kepada pemerintah melalui Presiden Joko Widodo. Namun bukan berarti masalah tersebut kemudian menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Kita semua mempunyai andil pada terjadi dan berlangsungnya masalah lingkungan tersebut. Sudah selayaknya kita semua, bahu membahu, mencoba mengatasinya meskipun dari hal-hal yang paling sepele dan kecil.

Baca artikel tentang lingkungan hidup di Indonesia lainnya :

Referensi dan gambar:
www.mongabay.co.id/2014/11/07/inilah-daftar-masalah-lingkungan-versi-netizen-untuk-diselesaikan-oleh-presiden-jokowi
www.jaring.100persenindonesia.org
nasional.news.viva.co.id (gambar)

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di kerusakan alam dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Daftar Masalah Lingkungan di Indonesia

  1. dizaz berkata:

    Peduli pada lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing,
    jika semua melakukan hal yg sama, dampaknya akan besar ya.

  2. berawal dari lingkungan & berakhir di lingkungan

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.