Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 atau World Environment Day 2017 telah dirilis di situs resmi United Nations Environment Programme, http://www.worldenvironmentday.global, badan PBB yang mengordinir kampanye Hari Lingkungan Hidup setiap tahunnya. Termasuk dalam menetapkan tema, logo, dan host country Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tahunnya.

Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 ini mengambil tema tentang jutaan penduduk bumi yang akan menjawab panggilan untuk ‘berhubungan dengan alam’. Berinteraksi dengan alam, mengenali dan menikmati keindahan alam untuk kemudian tergerak untuk melindungi bumi.

World Environment Day (WED) atau Hari Lingkungan Hidup merupakan sebuah kampanye pelestarian lingkungan hidup terbesar di dunia. Peringatan ini dimulai semenjak Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup pada saat Konferensi Stockholm. Dua tahun kemudian, pada 1974 Hari Lingkungan Hidup diperingati untuk pertama kalinya dengan mengangkat tema “Only One Earth“. Hingga sekarang setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Dengan Hari Lingkungan Hidup, seluruh penduduk bumi diajak untuk meningkatkan kesadarannya dan melakukan tindakan untuk mendukung dan mendorong perubahan dalam pelestarian lingkungan hidup.

Hari Lingkungan Hidup 2017

Hari Lingkungan Hidup 2017

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017

Setiap tahunnya ditetapkan sebuah tema untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tahun kemarin, 2016, tema yang diangkat adalah “Go Wild for Life”. (Baca : Tema dan Logo Haroi Lingkungan Hidup 2016)

Perayaan Hari Lingkungan Hidup 2017 mengambil tema utama “Connecting People to Nature” atau dalam terjemahan bebasnya dapat diartikan sebagai “Berhubungan dengan Alam”.

Dengan tema “Connecting People to Nature” ini, kita diingatkan betapa setiap penduduk di seluruh dunia sangat bergantung pada alam. Dengan tema ini pula kita diharapkan dapat menemukan cara menarik dan menyenangkan dalam merasakan dan menghargai hubungan antara manusia dengan alam. Setiap orang dapat menjawab panggilan untuk ‘berhubungan dengan alam’, berinteraksi, mengenali, dan menikmati keindahan dan kekayaan alam di sekitarnya. Mengunjungi pantai, taman, kebun raya, taman nasional dan kawasan konservasi lainnya, sungai, gunung, dan bentang alam lainnya. (Baca : Manusia Khalifah Penjaga Kelestarian Alam)

Dengan berinteraksi dengan alam dan lingkungan akan menyadarkan bahwa manusia sangat bergantung dengan kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 di Indonesia

Tema Hari Lingkungan Hidup 2017 di Indonesia, hingga tulisan ini diterbitkan, belum ditetapkan. Tetapi biasanya tidak terlalu jauh dengan tema global yang telah ditetapkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP).

Terkait dengan slogan “Connecting People to Nature” yang menjadi tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017, Indonesia menjadi salah satu kawasan dengan bentang alam yang sangat spektakuler. Terletak tepat di katulistiwa (baca: Kota-kota di Indonesia yang Dilalui Garis Katulistiwa) Indonesia memiliki iklim tropis yang hangat sehingga memunculkan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, bahkan tertinggi di dunia. Flora dan satwa yang beranekaragam melengkapi berbagai bentang geografis yang unik dan beragam mulai dataran rendah, dataran tinggi, hingga pesisir, dan lautan.

Dengan tinggal di Indonesia yang kaya tersebut seharusnya kita akan lebih mudah ter-“Connecting People to Nature”. Lebih mengenali alam dan lebih memahami ketergantungan manusia pada alam sekitarnya. Sehingga miliki kesadaran untuk melindungi dan melestarikan lingkungan hidup.

Baca artikel tentang Hari Lingkungan Hidup lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017

  1. Allahu akbar ws waskito

  2. bukanrastaman berkata:

    Waw update juga nig blog kece yang alexa ramping

  3. slamet riyadi berkata:

    semoga rajin update lagi … lama nunggunya ….

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s