Pengumuman Penerima Kalpataru, Kota Adipura, dan Adiwiyata 2016

Penerima Kalpataru, Adipura, dan Adiwiyata tahun 2016 belum diumumkan. Padahal pengumuman penghargaan Kalpataru, Kota Adipura, dan Sekolah Adiwiyata biasanya dilaksanakan setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Pengumuman dan penyerahan penghargaan Kalpataru, Adipura, dan Adiwiyata menjadi salah satu rangkaian puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup di Indonesia. penyerahan tidak tanggung-tanggung, langsung oleh presiden RI.

Namun pada tahun 2016 ini, pengumuman penerima penghargaan Kalpataru, Kota Adipura, dan Sekolah Adiwiyata diundur pelaksanaannya. Hal ini tampaknya terkait dengan pengunduran puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Indonesia. Acara yang seharusnya digelar setiap tanggal 5 Juni tersebut diundur dan baru akan diselenggarakan pada 27 Juli 2016 mendatang. Baca: Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016.

Tahun 2015 kemarin, khusus untuk pengumuman kota peraih penghargaan Adipura pun telah diundur pelaksanaannya. Kota dan kabupaten peraih Adipura 2015 diumumkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 23 November 2015. Penghargaannya diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla.

Kalpataru, Adipura, dan Adiwiyata adalah penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup di Indonesia. Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada seseorang atau kelompok masyarakat yang dinilai berjasa dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup. Sejak tahun 1980 hingga 2015, Kalpataru telah diberikan kepada 337 orang dan kelompok yang terdiri dari 4 kategori, yaitu Perintis Lingkungan (100), Pengabdi Lingkungan (82), Penyelamat Lingkungan (102), dan Pembina Lingkungan (53). Baca: Mengenal Pengertian dan Sejarah Penghargaan Kalpataru

Adipura adalah penghargaan tertinggi untuk kota-kota di Indonesia yang dinilai berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Penerimanya dikelompokkan dalam empat kategori yaitu, kota metropolitan (berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa), kota besar (500 ribu – 1 juta jiwa), kota sedang (100 ribu – 500 ribu jiwa), dan kota kecil (kurang dari 100 ribu jiwa). Penghargaan adipura ini telah diberikan sejak tahun 1986 dan sempat terhenti pada periode tahun 1998-2002.

Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah tingkat dasar dan menengah (SD – SMA) yang dinilai berhasil mendidik siswanya menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Perbedaan antara penghargaan Kalpataru, Kota Adipura, dan Sekolah Adiwiyata dapat dibaca di artikel berjudul Perbedaan Kalpataru, Adipura, dan Adiwiyata.

Masih belum jelas apakah penganugerahan ketiga penghargaan ini akan diumumkan dan diberikan secara serentak pada tanggal 27 Juli 2016, berbarengan dengan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Indonesia. Ataukah akan seperti tahun 2015 silam di mana khusus untuk penghargaan kota Adipura diumumkan menyusul.

[UPADATE 22 JULI 2016] Daftar Kota Peraih Adipura 2016

Daftar kota peraih Adipura 2016 telah diumumkan. Daftar lengkapnya simak di artikel Penerima Adipura 2016

Berikut ini daftar penerima penghargaan Kalpataru, Adipura, dan Adiwiyata sebelum tahun 2016.

Untuk penerima penghargaan Kalpataru, Adipura, dan Adiwiyata Tahun 2016, kita musti sedikit bersabar menunggu puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup di Indonesia, besok tanggal 27 Juli 2016.

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Pengumuman Penerima Kalpataru, Kota Adipura, dan Adiwiyata 2016

  1. sabar berkata:

    ^__^ siiiplah,….mungkin kota Balikpapan mendapatkannya “lagi”?

  2. Dwi Wahyudi berkata:

    Pontianak kapan ya bisa dapat predikat Kota Adipura lagi. Hhhmmm…

  3. sabar nunggu puncaknya gan hhe 🙂

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s