Jamur Tudung Pengantin Jamur Unik dan Cantik

Jamur Tudung Pengantin namanya. Jamur ini layak dianggap sebagai salah satu jamur paling unik dan cantik. Jamur Tudung Pengantin (Phallus indusiatus) memang memiliki bentuk yang unik sekaligus cantik. Jamur ini memiliki jaring-jaring halus yang membentuk layaknya tudung pengantin wanita atau bahkan tampak seperti wanita berkerudung atau rok wanita.

Nama latin jamur ini adalah Phallus indusiatus Vent., 1798. Nama sinonimnya banyak, diantaranya adalah Dictyophora callichroa Möller, 1895; Dictyophora indusiata (Vent.) Desv., 1809; Dictyophora rosea (Ces.) E. Fisch., 1888; Hymenophallus indusiatus (Vent.) Nees, 1816; Hymenophallus roseus Ces., 1879; Phallus callichrous (Möller) Lloyd, 1907; Phallus rochesterensis Lloyd, 1909. Nama ‘indusiatus’ sendiri diambil dari bahasa Latin yang memiliki arti ‘mengenakan pakaian dalam’.

Jamur dari family Phallaceae ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan beraneka sebutan yang berbeda seperti Bamboo Mushrooms, Bamboo Fungus, Bamboo Pith, Long Net Stinkhorn, Crinoline Stinkhorn atau Veiled Lady. Di Indonesia selain dikenal sebagai jamur Tudung Pengantin juga kerap disebut sebagai jamur bambu.

Jamur Tudung Penganting (Phallus indusiatus)

Jamur Tudung Penganting (Phallus indusiatus). Gambar: commons.wikimedia.org

Ciri khas jamur ini adalah munculnya jaring yang tumbuh dari bagian atas kepala jamur. Jaring yang membentuk seperti tudung pengantin, rok wanita, atau pun kerudung ini akan terus tumbuh memanjang  hingga mencapai 12 cm. Lubang jaring pada bagian bawah, biasanya akan semakin kecil. Ciri khas ini yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri dan menempatkan Jamur Tudung pengantin sebagai salah satu jamur paling cantik dan unik di dunia.

Bagian kepala jamur, berbentuk mirip kerucut berwarna cokelat kehijauan dan berlendir. Lendir ini memiliki bau yang dapat menarik serangga, terutama lalat. Lalat yang hinggap dan memakan bagian ini secara tidak langsung membantu perkembangbiakan Jamur Tudung Pengantin. Spora jamur akan terbawa oleh lalat dan tersebarkan menjadi individu-individu Jamur Tudung Pengantin baru. Batang jamur berwarna putih, dengan tinggi jamur secara keseluruhan dapat mencapai sekitar 25 cm.

Terdapat dua varian atau jenis jamur Phallus indusiatus ini. Yaitu yang memiliki tudung berwarna putih dan tudung berwarna jingga.

Jamur dari famili Phallaceae ini tumbuh tersebar di daerah tropis di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Daerah sebarannya meliputi Kongo, Nigeria, Uganda, Zaire, Brazil, Guyana, Venezuela, Kosta Rika, Tobago, Meksiko, India, China, Jepang, Taiwan, Malaysia, hingga Indonesia.

Dapat tumbuh baik di daerah yang bersuhu sekitar 25-30 derajat celsius pada tempat-tempat lembab dan di sekitar semak-semak hingga hutan. Juga kerap kali ditemukan tumbuh di daerah sekitar pemukiman hingga kota sekalipun.

Menurut Jonathan SG, Odebode AC, Bawo DDS dalam World Journal of Agricultural Sciences 4 (2008), Jamur Tudung Penganting (Phallus indusiatus) mengandung selain mengandung lemak dan protein, juga kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, mangan, kalium, sodium, dan seng. Phallus indusiatus juga mengandung berbagai senyawa bioaktif, dan memiliki sifat antimikroba dan antioksidan.

Jamur Tudung Penganting (Phallus indusiatus)

Jamur Tudung Penganting (Phallus indusiatus). Gambar: commons.wikimedia.org

Jamur Tudung Penganting (Phallus indusiatus)

Jamur Tudung Penganting (Phallus indusiatus)

Karena itu di China dan Jepang, Jamur Tudung Pengantin telah dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan dan bahan makanan. Jenis jamur ini pun telah dibudidayakan sejak tahun 1979.

Namun sayangnya jenis jamur ini kurang dikenal di Indonesia. Meskipun kerap dijumpai tumbuh di berbagai daerah di Indonesia, namun baru sedikit yang mengenalnya. Alih-alih mengetahui manfaat jamur ini, banyak orang yang justru menganggap Jamur Tudung Pengantin ini sebagai jamur beracun.

Klasifikasi Ilmiah Jamur Tudung Pengantin. Kerajaan: Fungi. Filum: Basidiomycota. Kelas: Agaricomycetes. Ordo: Phallales. Famili: Phallaceae. Genus: Phallus. Spesies: Phallus indusiatus Vent., 1798.

Referensi dan gambar:
www.speciesfungorum.org/Names/SynSpecies.asp?RecordID=245788
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/0ff36d160a17b2bb1de24364cf2666c5
www.mushroomexpert.com/phallus_indusiatus.html
Gambar: commons.wikimedia.org/wiki/Phallus_indusiatus; www.bbc.co.uk/nature/life/Phallus_indusiatus

Baca juga artikel tentang flora dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Jamur Tudung Pengantin Jamur Unik dan Cantik

  1. dey berkata:

    Jamurnya unik. Belum pernah liat jamur seperti ink.

  2. eno berkata:

    jamur nya kayak jaring , Lucuuu

  3. priyana wijaya berkata:

    Kalo gak salah ini termasuk tanaman bunga bangkai… tumbuh di semak semak atau kebun banbu yang lembab…. juga berbau tidak sedap…

  4. geli liat jamurnya
    tapi unik sih merinding ngeliatnya hha

  5. zaim berkata:

    jamur yang kayak bersarang

  6. lucu kayak orang aja….

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s