Jambore Daerah XIII Jawa Tengah 2012 Karanganyar

Jambore Daerah ke-13 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Tahun 2012 akan diselenggarakan di Kabupaten Karanganyar. Jambore Daerah (Jamda) XIII Gerakan Pramuka ini akan digelar pada tanggal 21-26 Juni 2012 di Buper Cakra Pahlawasri, Desa Delingan Kabupaten Karanganyar.

Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang. Jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang. Sesuai dengan namanya, Jambore Daerah merupakan jambore yang dilaksanakan di tingkat Kwartir Daerah (provinsi) yang diikuti oleh para Pramuka Penggalang utusan Kwartir Cabang (Kabupaten/kota).

Jambore Daerah Jateng 2012. Jambore Daerah ke-13 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Tahun 2012 yang disingkat menjadi Jambore Daerah Jateng 2012, merupakan kegiatan rutin 4 tahunan. Pada penyelenggaraan yang ke-13 ini, Jambore Daerah (Jamda) akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasri, Desa Delingan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar pada tanggal 21-26 Juni 2012.

Kegiatan yang mengangkat tema “Gembira, Kreatif, Berkarakter” dengan motto “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan” ini akan diikuti sedikitnya 1.440 Pramuka Penggalang putra dan putri perwakilan dari 35 Kwartir Cabang (Kabupaten/Kota) di Jawa Tengah.

Di Buper Cakra Pahlawasri, nantinya peserta jambore akan dihimpun dalam perkemahan induk (kemin) yang dinamai “Cakra Pahlawasri“. Kemin ini terbagi menjadi dua lokasi yaitu Perkemahan Putra (Kempa) “Sambernyowo” dan Perkemahan Putri (Kempi) “Nyi Ageng Karang“. Masing-masing Kempa “Sambernyowo” terbagi dalam 3 sub kempa yakni Kempa 1, 2, dan 3. Demikian juga dengan Kempi “Nyi Ageng Karang“. Masing-masing sub kempa dan sub kempi terbagi dalam tiga satuan dimana dalam setiap satuan terdiri atas 8 regu dari 4 kwartir cabang.

Logo, Maskot, Hymne, dan Mars Jamda Jateng 2012. Sebagaimana biasanya, Jambore Daerah XIII Kwarda Jawa Tengah Tahun 2012 pun memiliki logo, maskot, lagu hymne, dan mars. Logo dan maskot Jamda Jawa Tengah 2012 adalah sebagai berikut.

Logo Jambore Daerah Jateng 2012

Logo Jambore Daerah XIII Jateng 2012 (klik untuk kualitas yang lebih baik)

Maskot Jambore Daerah XIII Jateng 2012

Maskot Jambore Daerah XIII Jateng 2012 (klik untuk kualitas gambar yang lebih baik)

Sedangkan untuk hymne dan mars Jambore Daerah XIII silahkan unduh di link berikut:

Kegiatan dalam Jamda Jateng 2012. Kegiatan dalam Jambore Daerah XIII Kwarda Jawa Tengah tahun 2012 terbagi dalam 7 kelompok kegiatan yang meliputi:

  1. Kegiatan Umum; meliputi kegiatan keagamaan, apel dan upacara, olah raga dan senam pramuka, permainan besar penggalang, api unggun, kunjungan pameran, dan bumbung pramuka peduli.
  2. Kegiatan Pendidikan dan Seni Budaya; meliputi Rembug Penggalang, Ceramah Umum, Diskusi Interaktif, Jumpa Tokoh Pramuka, Pentas Seni Kontingen, Pemutaran dan Resensi Film, Permainan Tradisional, Karnaval dan Festival Jawa Tengah, Pentas Seni Api Unggun, dan Workshop Pembina Pendamping.
  3. Kegiatan Scouting Skills; meliputi Pionering dan Penjelajahan dengan materi Semaphore, Morse, Sandi, Menaksir, KIM, Peta & Kompas, dan Halang Rintang.
  4. Kegiatan Ketrampilan; meliputi Teknik Sablon dan Percetakan, Teknologi Informasi (pembuatan Blog sederhana), Membatik, Teknologi Amatir Radio, Dekorasi Janur, Fotografi digital, Jurnalistik/Reportase, dan Kewirausahaan “Pengolahan Limbah”.
  5. Kegiatan Wisata; yaitu mengunjungi Candi Sukuh, Grojogan Sewu Tawangmangu, dan Makam Giribangun (Ibu Tien Soeharto).
  6. Kegiatan Petualangan; meliputi Mendaki Gunung, Pengembaraan Hutan, Penjelajahan Bersepeda (Mountain Bike), Kebaharian, Penanggulangan Bencana (Simulasi Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas).
  7. Kegiatan Bhakti; meliputi Bedah Rumah, Sanitasi Masyarakat, Reboisasi, Bantuan Alat Pendidikan, dan Korve.

Penjelasan lebih detail dapat dibaca di Petunjuk Pelaksanaan Jambore Daerah Ke-13 Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah tahun 2012. Silahkan unduh di sini.

Meskipun waktu penyelenggaraan Jambore Daerah ke-13 Jawa Tengah masih sekitar dua bulan lagi, tapi saya yakin masing-masing kwartir cabang telah melaksanakan seleksi tim Jamda. Bahkan tidak sedikit yang telah melakukan pemusatan latihan. Untuk adik-adik Penggalang yang bakalan berjambore di Delingan, selamat berlatih!.

Referensi: Petunjuk Pelaksanaan Jambore Daerah Ke-13 Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah Tahun 2012.

Baca artikel tentang Pramuka dan Lingkungan Hidup lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di pramuka dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

71 Balasan ke Jambore Daerah XIII Jawa Tengah 2012 Karanganyar

  1. sugito78 berkata:

    Selamat berjambore………moga makin mantap aja. Titip 2 adik kami Wulan dan Fathur.

  2. CANDRA berkata:

    selamat BERLOMBA semoga suksesssssss dan tetap semangat !!!!!!!!!!!
    by : nakss SMP N 2 BUAYAN

  3. Nyoman Ary berkata:

    selamat buat adik-adik peserta jambore daerah tahun 2012…semoga sukses….

  4. anis berkata:

    love u pulll

  5. aldi kontingen Mgl berkata:

    trima kasih buat penyelenggara jambore daerah..
    karna telah mengajarkan berbagai ilmu…
    makasih…

  6. elly kontingen Kra berkata:

    terimakasih atas adanya jambore daera
    krn sepulng dr sana sy dpt teman2 dr berbagai daerah
    dan mendapat pelajan yg baru,
    semoga tahun2 mendatang lebih meriah lagi bay2

  7. desha viriya K.P kontingen surakarta berkata:

    pengen ikut jambore lg…

  8. Diky berkata:

    Ak jg ikt brprtspti,
    doakan mga kwarcab. Purwrjo jdi yg trbik

  9. rina sari berkata:

    delingan, karanganyarr,, tempat tinggalku kawan,, ayo main kerumah aku,,

  10. sing dodol panganan akeh pora..

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.