Daftar Tumbuhan Langka dan Terancam Punah di Indonesia 2016

Memperbaharui daftar tumbuhan langka di Indonesia sebelumnya, kali ini alamendah.org mendata berbagai macam tumbuhan langka dan terancam punah dari Indonesia tahun 2016. Data tentang keterancaman tanaman ini disarikan dari daftar tumbuhan berstatus Critically Endangered pada Daftar Merah IUCN.

Berdasarkan data pada IUCN Red List, sedikitnya terdapat 126 tumbuhan Indonesia yang memiliki status keterancaman tertinggi yaitu Critically Endangered. Untuk memudahkan pemahaman bagi pembaca dengan latar belakang keilmuan yang berbeda, daftar ke-126 tanaman tersebut beberapa kami kelompokkan menurut genusnya.

Ini mengingat beberapa genus tumbuhan Indonesia memiliki daftar spesies atau jenis langka yang cukup panjang. Seperti tumbuhan Anggrek Kantung yang memiliki 10 jenis dalam daftar tumbuhan langka. Pun Balau (Shorea spp.) yang mencapai 37 spesies langka.

Berikut ini daftar lengkap tumbuhan Indonesia yang paling langka dan paling terancam punah.

Anggrek Kantung (Paphiopedilum spp.)

Anggek Kantung adalah nama umum untuk sejumlah spesies anggrek dari genus Paphiopedilum. Di seluruh dunia terdapat hingga 87 spesies anggek ini dengan jumlah spesies di Indonesia mencapai 19 jenis. Dari 19 spesies tersebut, 10 jenis diantaranya merupakan tumbuhan paling langka di Indonesia. Jenis-jenis anggrek Kantung yang langka dan terancam punah antara lain:  Paphiopedilum gigantifolium; P. intaniae; P. kolopakingii (Anggrek Kantung Kolopaking); P. liemianum; P. primulinum; P. sangii; P. schoseri; P. supardii; P. victoria-mariae; dan P. victoria-regina.

Anggrek kantung kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking

Balau (Shorea spp.)

Balau adalah nama umum untuk tumbuhan dari genus Shorea. Pohon dari famili Dipterocarpaceae ini umumnya hidup di Asia Tenggara dengan total spesies mencapai 150-an jenis. Indonesia sendiri memiliki hingga 60-an spesies yang separo diantaranya termasuk tumbuhan paling langka. Jenis-jenis Balau yang langka diantaranya adalah: Shorea acuminatissima; S. balangeran; S. blumutensis; S. carapae; S. conica; S. dealbata; S. elliptica; S. falciferoides; S. foxworthyi; S. guiso; S. hopeifolia; S. hypoleuca; S. inappendiculata; S. induplicata; S. johorensis; S. kunstleri; S. lamellata; S. lepidota; S. longiflora; S. longisperma; S. macrantha; S. materialis; S. montigena; S. myrionerva; S. ochrophloia; S. pallidifolia; S. peltata; S. platycarpa; S. polyandra; S. resinosa; S. richetia; S. rugosa; S. selanica; S. singkawang; S. slootenii; S. smithiana; dan S. xanthophylla.

Shorea macrantha

Shorea macrantha

Berus Mata Buaya (Bruguiera hainesii C.G.Rogers)

Berus mata buaya adalah salah satu tanaman bakau dari famili Rhizophoraceae. Tumbuhan asli Indonesia, Singapura, Malaysia, hingga ke Papua Nugini ini sangat langka. Selengkapnya mengenai tanaman ini baca : Berus Mata Buaya.

Bakau Mata Buaya (Bruguiera hainesii)

Bakau Mata Buaya (Bruguiera hainesii)

Cassine koordersii

Tidak diketahui nama umum tanaman ini dalam bahasa Indonesia. Penyebutannya cukup dengan menggunakan nama latin tumbuhan yaitu Cassine koordersii. Merupakan tumbuhan endemik Indonesia dari famili Celastraceae.

Diospyros molissima (Sejenis Eboni)

Diospyros molissima adalah tanaman sejenis eboni dari famili Ebenaceae. Sebagian besar famili ini dihuni oleh tumbuhan dari genus Diospyros dengan jumlah spesies mencapai 450-an jenis.  Diospyros molissima berkerabat dekat dengan bisbul, kesemek dan kayu hitam sulawesi.

Kamfer (Famili Lauraceae)

Famili Lauraceae biasa disebut sebagai kamfer-kamferan. Terdapat empat tumbuhan dari famili ini yang tergolong sebagai tanaman paling langka dan paling terancam punah di Indonesia. Keempatnya adalah Medang (Dehaasia acuminata); Dehaasia chatacea; Dehaasia pugerensis; dan Nothaphoebe javanica.

Pohon Dehaasia

Pohon Dehaasia

Kantong Semar (Nepenthes spp.)

Kantong semar adalah tanaman hias dari genus Nepenthes  dengan jumlah spesies mencapai 100-an jenis. Ragam jenis tumbuhan karnivora ini paling banyak ditemukan di Indonesia, bahkan beberapa diantaranya merupakan tumbuhan endemik. Sayangnyadi Indonesia banyak kantong semar yang berstatus sebagai tumbuhan langka. Diantara jenis kantong semar langka adalah Nepenthes aristolochioides; N. clipeata; N. dubia; N. lavicola; N. rigidifolia; dan N. sumatrana.

Nepenthes sumatrana

Nepenthes sumatrana salah satu spesies kantong semar endemik Sumatera

Kapur Empedu (Dryobalanops fusca)

Kapur Empedu adalah tanaman dari famili Dipterocarpaceae (meranti-merantian) dengan nama latin Dryobalanops fusca.

Kapur Kayat (Dryobalanops keithii)

Seperti kerabatnya Kapur Empedu, Kapur Kayat pun termasuk salah satu tumbuhan paling langka di Indonesia.

Keruing (Dipterocarpus spp.)

Tumbuhan ini kerap disebut sebagai keruing. Anggota famili Dipterocarpaceae (meranti-merantian) ini terdiri atas 40-an spesies. Diantara spesies-spesies tersebut 23  jenis diantaranya merupakan tumbuhan langka. Jenis keruing yang langka dan terancam punah antara lain: Keruing Arong (Dipterocarpus applanatus); Keruing Bulu (D. baudii); Keruing Gajah (D. cornutus); Keruing Jantung (D. concavus); Keruing Kipas (D. costulatus); Keruing Pipit (D. fagineus); Keruing Padi (D. eurynchus); Kadan (D. coriaceus); D. fusiformis; D. glabrigemmatus; D. globosus; D. gracilis; D. grandiflorus; D. hasseltii; D. kerrii; D. kunstleri; D. lowii; D. rigidus; D. semivestitus; D. tempehes; D. validus; dan Pelalar (D. littoralis).

Keruing Dipterocarpus costulatus

Keruing Dipterocarpus costulatus. gambar: arkive

Madhuca boerlageana (Sejenis Nyatoh)

Madhuca boerlageana adalah tanaman dari famili Sapotaceae yang masih berkerabat dengan Nyatoh. Tumbuhan yang hidup di kepulauan Maluku dan Papua (Indonesia dan Papua Nugini) ini menjadi salah satu tanaman paling langka.

Mangifera campnospermoides (Sejenis Mangga)

Mangifera campnospermoides adalah tanaman sejenis mangga (genus Mangifera). Merupakan tumbuhan endemik Pulau Kalimantan. Karena sebarannya yang terbatas itu, jenis mangga ini menjadi salah satu tanaman paling langka dan terancam punah.

Meranti Batu (Parashorea aptera)

Meranti Batu adalah anggota famili Dipterocarpaceae (meranti-merantian) layaknya Keruing, Merawan, Mersawa, Resak, dan Balau.

Meranti Hitam; Kayu Timbalun (Parashorea lucida)

Meranti Hitam disebut juga sebagai Kayu Timbalun. Tumbuhan dari famili masih berkerabat dekat (satu genus) dengan Meranti Batu.

Merawan (Hopea spp.)

Tumbuhan dengan jumlah jenis hingga mencapai 100 spesis ini kerap disebut sebagai Merawan. Merupakan tanaman dari famili Dipterocarpaceae (meranti-merantian) layaknya Keruing, Resak, Meranti, dan Balau. Sedikitnya terdapat 17 jenis Mersawa yang terancam punah. Ke-17 jenis tersebut adalah: Hopea bancana; H. beccariana; H. bilitonensis; H. coriacea; H. ferruginea; H. kerangasensis; H. mengerawan; H. micrantha; H. montana; H. nervosa; H. nigra; H. nutans; H. ovoidea; H. sangal; H. semicuneata; H. sphaerocarpa; dan H. wyatt-smithii.

Merawan Hopea beccariana

Merawan Hopea beccariana

Mersawa (Anisoptera spp.)

Anggota famili Dipterocarpaceae (meranti-merantian) yang langka adalah Mersawa. Di Indonesia tumbuh sekitar 9 jenis pohon Mersawa. Dua diantaranya merupakan tumbuhan langka. Dua jenis Mersawa langka tersebut adalah Anisoptera curtisii dan Anisoptera megistocarpa.

Resak (Vatica spp.)

Resak (Vatica spp.) adalah sekumpulan pohon dari famili Dipterocarpaceae (meranti-merantian). Tumbuhan yang terdiri atas 50-an spesies ini beberapa diantaranya tercatat sebagai tanaman langka. Jenis Resak paling langka di Indonesia antara lain adalah: Vatica cauliflora; V. chartacea; V. flavovirens; V. globosa; V. havilandii; V. maingayi; V. obovata; V. pentandra; V. ridleyana; V. rotata; V. sarawakensis; V. soepadmoi; V. teysmanniana; dan V. venulosa

Rhododendron (Rhododendron wilhelminae)

Tanaman bunga ini kerap disebut sebagai Rhododendron, Azalea, Saliyah, Kadudampit, atau Turuwara. Dari 17 spesies tanaman ini tiga diantaranya tumbuh di Indonesia. Dan salah satunya yaitu Rhododendron wilhelminae menjadi salah satu bunga paling langka di Indonesia. Bunga ini hanya bisa ditemukan di Gunung Salak pada ketinggian di atas 1.300 meter dpl.

Saurauia bogoriensis (Sejenis Sirsak)

Saurauia bogoriensis adalah pohon buah dari famili Actinidiaceae (Sirsak-sirsakan). Tumbuhan ini endemik pulau Jawa. Tercatat sebagai salah satu tanaman paling langka di Indonesia.

Sonneratia griffithii (Sejenis Pidada)

Sonneratia griffithii merupakan salah satu tanaman penyusun hutan bakau (mangrove). Tumbuhan dari famili Lythraceae kerap dinamai sebagai ‘Apple Mangrove’.

Sonneratia griffithii

Sonneratia griffithii

Syzygium ampliflorum (Sejenis Jambu)

Syzygium ampliflorum adalah anggota genus Syzygium (jambu-jambunan) dari famili Myrtaceae. Merupakan salah satu tumbuhan endemik Pulau Jawa yang terancam punah.

Daftar tumbuhan langka ini akan semakin panjang jika ditambahkan dengan tumbuhan yang oleh IUCN Red List dikategorikan sebagai spesies Endangered (Terancam). Selain 126 tumbuhan dengan status Critically Endangered (Kritis atau sangat Terancam) masih terdapat 87 spesies lainnya yang berstatuskan Endangered.

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Daftar Tumbuhan Langka dan Terancam Punah di Indonesia 2016

  1. www.LibertoAm.in berkata:

    Anggrek kantungnya mirip ame cangcorang yahh gan ahahaha :’D

  2. Jejaktamboen berkata:

    Langka dan terancam punah, kasihan tumbuhan-tumbuhan ini.

  3. 0p1ck berkata:

    Semoga pemerintah bisa menemukan solusi untuk mengembang biakkan kembali tanaman-tanaman ini. Dan masyarakat juga bisa menjaga kelestarian alamnya

  4. Djarumbet berkata:

    Wah kalau terus begini, semua tumbuhan bisa punah semua… Kalau bukan manusia sendiri yang menjaga dan melestarikannya keindahan alam akan terkikis

  5. Amin berkata:

    Langka apa tidak, saya malah belum pernah lihat semua jenis tanama itu Mas Alam…Belum pernah liat, e…tahu-tahu sudah langka.

  6. Sudah sangat susah dikunjungi tumbuhan seperti ini meksipun dialam liar sekalipun, mari kita jaga kelastarian nya

  7. Indra lesmana berkata:

    Semoga untuk kedepannya di negara kita ini banyak populasi tumbuhan sehingga orang orang tahu bahwa tumbuhan ini sudah hampir langka dan harus menjaga melestarikannya supaya jangan sampai musnah

  8. konveksi surabaya berkata:

    indonesia memang kaya flora dan fauna nya ,

    salam kenal,

  9. Rifani berkata:

    Salah satu penyebab kelangkaan flora dan pauna kita yaitu maraknya pemberian ijin KP pd pengusaha oleh pemerintah kita baik pusat maupun daerah, salah satu contoh yg nyata saya rasakan di daerah saya KALTIM.
    Diwaktu kecil bangun pagi saya mendengar kicauan burung dan menghirup embun pagi yg sejuk, saat ini saya sdh berusia 37 th bangun pagi yg saya dengar kicauan alat berat dan menghirup kabut asap dan debu.

  10. khalilah berkata:

    Saya ingin bertanya:, adakah Heritage Tree Scheme di indonesia? Sekiranya tiada, apakah undang2 yg digunakan dlm pemeliharaan pokok warisan di indonesia…?

  11. zaki berkata:

    KASIHAN HEWAN HEWANNYA YA

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s