Terpesona Melihat Kecantikan Alam Berau

Kabupaten Berau, Kalimantan Timur menyimpan sejuta pesona akan kecantikan alamnya. Kabupaten Berau yang terletak di pesisir timur Pulau Kalimantan ini memiliki sederet objek wisata alam yang memikat. Mulai dari wisata air terjun, danau, hinga pantai dan kepulauan dimiliki oleh Berau.

Penulis Tamu di Alamendah’s Blog, Irvan Sanjaya, sedikit menguak pesona kecantikan Berau. Di samping Kepulauan Derawan yang sudah cukup tersohor, objek wisata alam lainnya semisal Danau labuah Cermin dan Labuhan Kelambu, Teluk Sulaiman, serta Air Terjun Teluk Sumbang. Untuk melihat pesona kecantikan alam Kabupaten Berau, ikuti penuturan Mas Irvan Sanjaya selengkapnya.

Mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan yang indah bisa memberikan efek positif bagi pikiran maupun tubuh kita. Karenanya, berlibur ke tempat wisata alami sangat disarankan, terutama untuk Anda yang sehari-hari bekerja sampai 9 jam sehari, menghabiskan berjam-jam di jalanan yang macet, dan terbawa arus aktivitas yang stressful. Sudahkah Anda merencanakan mau ke mana cuti 2016 ini dihabiskan? Jika belum, silahkan melirik Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kabupaten Berau merupakan sebuah wilayah yang sangat strategis dan menyimpan banyak sekali tempat wisata alam yang menakjubkan. Jika ke sini, setidaknya Anda harus mengunjungi Danau Labuan Cermin dan Kepulauan Derawan.

Labuan Cermin Berau

Labuan Cermin Berau. Gambar: Mustawan Jaya

1. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin memiliki warna toska sampai biru tua. Kedalamannya mencapai lebih dari 3 meter. Danau Labuan Cermin sangat cocok untuk berenang dan snorkeling. Sayangnya, di sini masih belum ada yang menyediakan peralatan lengkap untuk snorkeling, sehingga Anda disarankan membawa sendiri peralatan renang dan snorkeling.
Nama Labuan Cermin diperoleh dari danau itu sendiri yang tampak seperti cermin. Airnya merefleksikan pemandangan alam yang sangat indah seperti cermin. Airnya sangat bening sampai-sampai kita bisa melihat dasarnya dengan sangat jelas. Danau ini merupakan perpaduan perairan air tawar dan air asin, sehingga biota laut di dalamnya sangat beragam.

Untuk menuju Danau Labuan Cermin, Anda cukup naik pesawat dari Balikpapan menuju Bandara Tanjung Redeb, Berau. Lalu dilanjutkan dengan berkendaraan lewat jalur darat selama sekitar 6 jam dengan mobil dan trekking selama hampir sejam. Setelahnya, kita akan menemukan Danau Labuan Cermin yang sangat cantik.

Derawan Berau

Derawan Berau. Gambar: Mustawan Jaya

2. Kepulauan Derawan

Belakangan, Derawan menjadi primadona pariwisata di Berau karena pemandangan alamnya yang luar biasa. Perairan laut dengan warna hijau kebiru-biruan dan keasrian alamnya menjadikan tempat ini sebagai tujuan lokasi menyelam terbaik di dunia. Pada tahun 2005, Derawan masuk menjadi nominasi situs warisan dunia UNESCO.Pun telah ditetapkan menjadi salah satu Taman Laut terindah di Indonesia.

Derawan merupakan kombinasi sempurna biota pesisir laut, yang terdiri atas hutan bakau, terumbu karang, dan berbagai jenis makhluk laut yang menawan. Untuk menuju ke salah satu surga dunia ini, Anda cukup menempuh perjalanan selama 3 jam dari pusat Kabupaten Berau menuju Tanjung Batu. Setelah sampai, Anda bisa memilih mana di antara puluhan spot menyelam yang akan dicoba.

Salah satu pulau yang tidak boleh sampai dilewatkan di Kepulauan Derawan ini adalah Pulau Kakaban. Pulau ini memiliki danau yang unik, karena dihuni oleh ubur-ubur Kakaban yang tanpa sengat dan merupakan perpaduan antara air laut, air hujan, dan air tanah. Kalau sedang liburan di Derawan, jangan sampai nggak mampir ke Kakaban, ya!

Air Terjun Teluk Sumbang Berau

Air Terjun Teluk Sumbang Berau. Gambar: azimuth.blogdetik com

3. Air Terjun Teluk Sumbang

Air terjun ini terletak di Kecamatan Biduk-biduk yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama sekitar 6—8 jam menggunakan jasa kendaraan travel. Air terjun Teluk Sumbang memiliki pemandangan yang sangat asri. Air terjunnya tidak terlalu deras dan dihiasi batu-batu alam yang nampak seperti berundak atau tangga. Airnya pun sangat jernih. Kecamatan Biduk-biduk merupakan tempat yang sama dengan Danau Labuan Cermin, jadi sebaiknya Anda tidak melewatkan salah satunya, selagi berada di sana. Selain air terjun, desa Teluk Sumbang juga memiliki pantai yang cukup luas dan masih sepi.

Teluk Sulaiman Berau

Teluk Sulaiman Berau. Gambar: travel.kompas com

4. Teluk Sulaiman

Ada yang bilang bahwa perairan Teluk Sulaiman tidak sebagus perairan di wilayah Kepulauan Derawan. Meski demikian, airnya sangat jernih dan menyajikan pemandangan terumbu karang yang sangat cantik. Menurut para traveler yang pernah ke Teluk Sulaiman, tempat ini merupakan spot yang sempurna untuk menyaksikan matahari tenggelam di ufuk barat. Teluk Sulaiman memiliki pantai terindah yang sangat bersih dengan pasir putih dan dermaga yang menjorok ke arah laut lepas. Saat siang, bahkan kita bisa melihat burung-burung camar beterbangan mencari makan. Sangat cantik.

Labuan Kelambu Berau

Labuan Kelambu Berau. Gambar: blueismycolour com

5. Danau Labuan Kelambu

Letak danau ini juga tidak jauh dari Danau Labuan Cermin. Jika Danau Labuan Cermin tengah ramai karena serbuan pengunjung, lari saja ke Danau Labuan Kelambu yang tidak kalah cantiknya. Bahkan di danau ini Anda bisa bakar-bakar ikan sendiri. Ada banyak jenis ikan laut yang hidup di Danau Labuan Kelambu, padahal danau ini termasuk danau yang didominasi air tawar. Untuk menuju Danau Labuan Kelambu, Anda cukup berjalan kaki sekitar 10 menit dari Danau Labuan Cermin.

Indonesia memang memiliki jutaan keindahan alam yang tidak bisa disangkal. Cara berlibur ke setiap destinasi pun mudah sekali, karena di era digital seperti sekarang ini kita sudah bisa menemukan banyak jasa tour yang akan memandu. Untuk mencari penginapan dan tiket kendaraan pun sangat praktis. Anda bisa membandingkan promo setiap situs jual-beli tiket dan booking penginapan, semisal di ShopBack, untuk memperoleh penawaran terbaik. Jadi jangan hanya diam di rumah saja. Jangan hanya melakukan perjalanan ke kampus dan kantor saja. Indonesia itu indah. Saatnya kita bereksplorasi. Tapi, tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam, ya!

——

Artikel tentang Kecantikan Alam Kabupaten Berau yang mempesona ini ditulis oleh Mas Irvan Sanjaya; Freelance Writer & Kontributor di ShopBack Indonesia.

Ingin ikut memperkenalkan kekayaan wisata alam Indonesia? Jadilah Penulis tamu di alamendah.org. Baca ketentuannya di halaman: Penulis Tamu.

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di penulis tamu, wisata dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Terpesona Melihat Kecantikan Alam Berau

  1. www.LibertoAm.in berkata:

    Wahh indah sangat yahh :’D pesona yang baru terungkap

  2. santigi berkata:

    wowww, surga dunia ehh, mantap

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s