Bertemu Orangutan dan Bekantan di Taman Nasional Tanjung Puting

Berwisata dan bertemu dengan orangutan dan bekantan di habitat aslinya? Ya, itulah pengalaman menarik oleh-oleh dari Mas Gie Wahyudi, penulis tamu Alamendah’s Blog kali ini, saat berwisata ke Taman Nasional Tajung Puting. Simak pengalaman seru saat bertemu orangutan kalimantan dan bekantan di TN Tajung Puting yang ditulis langsung oleh Mas Gie Wahyudi.

Awal bulan November 2013, saya berkesempatan untuk berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah. Menurut sejarahnya, Kerajaan Kotawaringin dan Pemerintah Hindia Belanda menjadikan kawasan Tanjung Puting seluas 205.000 Hektar sejak 18 Agustus 1938. Awalnya kawasan Tanjung Puting hanya dijadikan suaka margasatwa dan statusnya dirubah menjadi taman nasional sejak tahun 1984.

Dari awalnya kawasan Tanjung Puting ini memang dibangun untuk melindungi satwa langka Orangutan (Pongo pygmaeus) dan Bekantan (Nasalis larvatus). Karena penasaran ingin melihat Orangutan dan Bekantan di habitat aslinya, saya menginjakkan kaki di Camp 1 Tanjung Harapan Taman Nasional Tanjung Puting setelah hampir dua jam perjalanan menggunakan kapal klotok khas Kalimantan Tengah.

Kami hanya perlu berjalan kaki (tracking) sekitar 10 menit untuk mencapai feeding station, tempat orangutan menikmati makan sorenya ketika itu. Waktu itu sudah hampir pukul 14.00 WIB. Begitu sampai di feeding station, kamu langsung disambut oleh Roger, orangutan penguasa di wilayah ini. Bisa dikatakan, Roger ini adalah raja orangutan di Camp Tanjung Harapan ini.

Tanjung Puting

Tidak berapa lama menunggu, akhirnya ranger datang membawa pisang dan susu sebagai makan sore buat Roger dan kawan-kawan. Senangnya bisa melihat orangutan-orangutan tersebut makan pisang dengan lahapnya. Meskipun Roger terlihat menakutkan bagi orangutan lainnya, akhirnya mereka bisa makan pisang hingga kenyang. Saya meninggalkan Camp Tanjung Harapan dengan hati senang.

Kapal klotok kami melanjutkan perjalanan menuju Camp 2 Pondok Tanggui, melewati perkampungan Tanjung Harapan, satu-satunya perkampungan di Taman Nasional Tanjung Puting ini. Tidak sampai satu jam perjalanan dari Camp 1 Tanjung Harapan, saya sudah bisa melihat sekumpulan Bekantan yang sedang bermain di dahan-dahan pohon di tepi sungai. Senangnya minta ampun bisa melihat Bekantan itu.

Tanjung Puting

Apalagi bisa melihat Bekantan dari jarak tidak lebih dari 5 meter, tanpa perlu turun dari kapal klotok. Seperti sudah akrab dengan para wisatawan, Bekantan-bekantan itu tidak takut lagi dengan kedatangan kami. Sambil asik bermain-main di dahan, mereka tampak cuek saja. Kalau dihitung mungkin ada sekitar 50 ekor Bekantan di kerumunan itu. Kapal klotok bergerak tidak jauh, saya bisa melihat gerombolan Bekantan yang lebih banyak lagi.

Saat bermalam di Camp 2 Pondok Tanggui, saya merasa senang sekali. Meskipun tidak ada air bersih buat mandi dan tidak ada sinyal sama sekali, saya merasa senang karena hari itu saya bisa melihat Orangutan dan Bekantan di habitat aslinya. Bukan hanya di kebon binatang..

***

Tulisan tentang bertemu orangutan dan bekantan langsung di Taman Nasional Tajung Puting ini ditulis oleh Mas Gie Wahyudi, blogger di giewahyudi.com. Hak cipta tulisan dan gambar pada penulis.

Mari ungkap kekayaan wisata alam di Indonesia dengan menjadi Penulis Tamu di Alamendah’s Blog. Baca ketentuannya di halaman Penulis Tamu.

Baca artikel tentang wisata dan lingkungan hidup lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di penulis tamu, wisata dan tag , , , . Tandai permalink.

52 Balasan ke Bertemu Orangutan dan Bekantan di Taman Nasional Tanjung Puting

  1. Creative Artwork berkata:

    kalimantan emang puya sejuta cerita

  2. indrathrw berkata:

    Wah kayaknya seru nih mas. Selama ini saya baru ke Ketemu hewan-hewan di Kebun Binatang Bandung. Itupun waktu saya SD 😀

  3. obat asma berkata:

    hewan yang langka kang, hehe

  4. Obat Maag kronis Tradisional berkata:

    hewan yang langka dan menakjubkan banget. 😉

  5. Belajar Online berkata:

    Perbedaan bekantan dengan monyet pada umumnya apa ini? Hehehe

  6. Yuk datang ke Tanjung puting…tempat paling enak buat liat orangutan

  7. dewa berkata:

    jika anda penasaran dan ingin segera berkunjung di taman nasional tanjung puting hubungi saya,saya adalah guide di tanjung puting dan harga yg saya berikan adalah harga yg terjangkau,untuk informasi lebih lanjut,,hubungi saya di.
    website saya: htt*//wwworangutanborneotoure14.simdif.com
    email saya: dewakumai14@gmail.com

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s