Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer) Endemik Cantik

Katak Pohon Mutiara atau Nyctixalus margaritifer adalah salah satu amfibi langka Indonesia. Katak Pohon Mutiara atau Pearly Tree Frog juga merupakan salah satu jenis katak endemik Jawa. Di samping itu semua, Katak Pohon Mutiara dengan bintik-bintik warna putih di sekujur tubuhnya, tampak cantik dan indah. Perpaduan unik dari Katak Pohon Mutiara; katak endemik , katak langka, dan katak cantik.

Katak Pohon Mutiara adalah salah satu jenis katak dari famili Rhacophoridae (katak pohon). Penamaannya dengan “mutiara” merujuk pada keberadaan bintik-bintik putih di sekujur tubuhnya yang sekilas nampak seperti mutiara. Kadang disebut juga sebagai Katak Pohon Jawa, meskipun rancu dengan katak Rhacophorus javanus. Di Jawa Barat dikenal dengan nama lokal Cahai Merah. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Pearly Tree Frog. Sedangkan nama latin hewan ini adalah Nyctixalus margaritifer Boulenger, 1882.

Katak Pohon Mutiara atau Pearly Tree Frog terlihat cantik dengan kulit berwarna orange terang kemerahan hingga coklat tua. Pada kulitnya terdapat bintik-bintik berwarna yang berwarna keputihan atau kekuningan yang tersebar di seluruh tubuh.

Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer)

Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer) © Lutfian Nazar

Amfibi ini adalah hewan endemik Indonesia. IUCN Red List mencatat sebarannya terbatas di Jawa Barat yang meliputi Gunung Gede-Pangrango, Gunung Halimun-Salak,Situ Gunung, dan Gunung Putri, dan di Jawa Timur (Gunung Wilis). Namun menurut studi Tim Mahasiswa Unnes, Katak Pohon Mutiara dijumpai juga di Gunung Ungaran (Jawa Tengah).

Habitat Katak Pohon Mutiara adalah hutan hujan tropis primer di dataran rendah dengan ketinggian antara 700 hingga 1.200 m. Mereka tidak dapat bertoleransi terhadap perubahan habitat. Dijumpai  di atas daun-daun semak yang berketinggian sekitar satu meteran dari lantai hutan dan tidak jauh dari genangan air.

Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer)

Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer) © Lutfian Nazar

Ancaman terbesar terhadap kelestarian Katak Pohon Mutiara (Nyctixalus margaritifer) adalah penurunan dan hilangnya habitat. Ini diakibatkan oleh berbagai kegiatan pertanian dan penebangan kayu. Hal ini terkait erat dengan rendahnya daya toleransi Katak Pohon Mutiara terhadap perubahan habitatnya.

Populasinya tidak diketahui secara pasti. Namun berdasarkan daerah sebarannya yang terbatas (kurang dari 20.000 km2), distribusinya yang terfragmentasi, dan populasinya yang terus menurun seiring dengan menurunnya kualitas habitat, Daftar Merah IUCN memasukkan Katak Pohon Mutiara sebagai salah satu hewan langka dengan status konservasi Vulnerable (Rentan; VU).

Klasifikasi Ilmiah Katak Pohon Mutiara: Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Amphibia. Ordo: Anura. Famili: Rhacophoridae. Genus: Nyctixalus. Spesies: Nyctixalus margaritifer Boulenger, 1882.

Referensi dan gambar:
www.fobi.web.id/v/amfibi/f-rac/nyc-mar (gambar)
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/7157847
www.iucnredlist.org/details/58804/0
www.biodiversitywarriors.org/isi-katalog.php?idk=532&judul=Katak%20pohon%20mutiara
bungannisa.blogspot.com/2013/10/katak-pohon-mutiara.html

Baca artikel tentang katak Indonesia dan hewan unik Indonesia lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Amfibi, satwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s