Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional

Tanggal 10 Agustus diperingati sebagai Hari Konservasi Alam Nasional. Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) ini pertama kali diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus 2009. Presiden RI kala itu, Soesilo Bambang Yudhoyono, menetapkannya dengan Keppres No. 22 tahun 2009. Hingga pada tahun 2015 ini, Hari Konservasi Alam Nasional akan diperingati untuk yang keenam kalinya.

Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup di Indonesia. Penyelenggaan hari peringatan ini sebagai upaya kampanye kepada masyarakat akan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan peringatan ini dikoordinir oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Memberikan edukasi dan peran aktif masyarakat dalam menyelamatkan ekosistem alam. Perak aktif tersebut melalui tidak melakukan kerusakan terhadap kawasan-kawasan konservasi, tidak membuang sampah sembarangan, menanam jenis-jenis tanaman endemik dan jenis langka, serta melepas satwa liar yang dilindungi ke habitat alamnya. Pun dengan mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak terurai seperti plastik, tidak melakukan pembakaran lahan tanpa terkendali, turut berpartisipasi mencegah perambahan hutan dan perdagangan satwa dan flora yang dilindungi.

Logo Hari Konservasi Alam Nasional

Logo Hari Konservasi Alam Nasional

Konservasi, menurut KBBI, memiliki arti sebagai 1 pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dng jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian; 2 proses menyaput bagian dalam badan mobil, kapal, dsb untuk mencegah karat; Sedangkan alam mengandung arti 1 segala yg ada di langit dan di bumi (spt bumi, bintang, kekuatan): — sekeliling; 2 lingkungan kehidupan: — akhirat; 3 segala sesuatu yg termasuk dl satu lingkungan (golongan dsb) dan dianggap sbg satu keutuhan.

Konservasi alam dapat diartikan sebagai suatu pengelolaan terhadap alam dan lingkungan hidup secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya. Manusia, dengan pertumbuhan penduduk yang terus terjadi dan berbagai kegiatan yang dilakukannya telah menyebabkan meningkatnya kerusakan alam. Kualitas lingkungan hidup yang menurun dan terancam punahnya berbagai spesies hewan dan tumbuhan.

Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2015

Pada tahun 2015 ini, peringatan Hari Konservasi Alam Nasional atau HKAN kembali diselenggarakan. Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2015 mengambil tema “Keberlanjutan Konservasi Alam untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan”.

Hari Konservasi Alam Nasional 2015

Hari Konservasi Alam Nasional 2015

Dengan tema ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi alam dan kelestarian keanakeragaman hayati beserta ekosistemnya bagi kesejahteraan masyarakat.

Referensi dan gambar :
ekowisata.org/peringatan-hari-konservasi-alam-nasional-tahun-2015/

Baca artikel tentang hari peringatan lingkungan hidup lainnya:

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional

  1. alrisblog berkata:

    Selamat Hari Konservasi Alam Nasional, semoga tahun juga diperingati.

  2. gimbalkondang berkata:

    Informatif mas, semoga jadi ladang amal di dunia dan akherat. Amin

  3. HeruLS berkata:

    Telat banget aku, baru tahu ada yang namanya hari konservasi alam nasional ya tahun ini

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s