Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015, resmi dikeluarkan. Seperti tema tahun sebelumnya, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) Tahun 2015 ini melalui proses voting yang digelar terbuka di situs United Nations Environment Programme (UNEP). Hingga awal April, tema hari perayaan lingkungan hidup sedunia baru ditetapkan.

Dari beberapa pilihan, akhirnya tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015 yang kemudian ditetapkan oleh UNEP adalah “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care“. Tema ini mengalahkan beberapa pilihan lainnya seperti : Unlimited Love for a Limited Planet. Consume with Care; Smart Choices. Happy People. Whole Planet; Infinite Opportunities. Finite Planet. Consume with Care; dan Dream Big. Consume Small. Love Our Planet.

Untuk tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun-tahun sebelumnya baca : Tema Hari Lingkungan Hidup Tahun ke Tahun. Sedangkan untuk logo World Environment Day 2015, hingga tulisan ini dimuat, belum dipublikasikan.

Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care

Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2015; Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day merupakan perayaan lingkungan hidup terakbar di seluruh dunia. Puncak acaranya diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Sejak digelar pertama kali pada tahun 1972, telah menjadi media bagi PBB (melalui UNEP) untuk mengampanyekan akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Menyadarkan semua pihak untuk ikut bertanggung jawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat bumi dan lingkungan hidup.

Pada tahun 2015 ini, perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day mengangkat tema “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care“. Tujuh miliar manusia dengan berbagai keinginannya, menghuni satu bumi. Bumi yang menjadi satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh manusia. Dengan pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi yang terus berlangsung, membuat ekosistem bumi mendekati titik kritis.

Pada tahun 2050 total penduduk bumi yang diperkirakan mencapai 9,6 milyar. Jika penduduk bumi tetap mempertahankan pola konsumsi dan produksi seperti saat ini, dibutuhkan hingga tiga buah bumi untuk mempertahankan pola hidup dan konsumsi masyarakat dunia. Padahal hingga saat ini, bumi tetap menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh manusia.

Oleh karena itu diperlukan perubahan pola konsumsi manusia terhadap sumber daya di bumi. Diperlukan pola hidup dan konsumsi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Segala kegiatan konsumsi dan produksi tetap memperhitungkan keberlangsungan sumber daya alam dan dampak lingkungan. Sehingga bumi akan tetap menjadi sebuah planet yang nyaman dan sehat untuk dihuni oleh manusia dan anak cucunya. “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care“.

UPDATE : Di Indonesia tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015 “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care” diterjemahkan menjadi: “Mimpi dan Aksi Bersama untu Keberlanjutan Kehidupan di Bumi“.

Referensi dan gambar : www.unep.org/wed/2015_slogan

Baca artikel tentang tema Hari Lingkungan Hidup lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015

  1. up up , mantep nih, kunbal yuk htt*://Inovapos.com

  2. Modipla berkata:

    Yuk jaga lingkungan disekeliling kita

  3. Yuk kita lestarikan lingkungan kita, tanam tanaman yg bermanfaat, seperti apotik hidup.

  4. Nelson Madeira berkata:

    Perlu di forward ke email ku, saya dr Timor-Leste.

    • saiful berkata:

      saya sangat mendukung dengan acara-acara yang berkaitan dengan lingkungan hidup
      karena program tersebut sangat lah penting sekali bagi kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi

  5. raji berkata:

    Izin share yaaa

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s