Daftar Selat di Indonesia dan Letaknya

Daftar selat di Indonesia dan letaknya ini melengkapi berbagai artikel tentang geografis Indonesia. Sebagai sebuah negara kepulauan dan wilayah laut yang lebih luas dibanding daratannya, Indonesia memiliki puluhan selat. Selat-selat di Indonesia tersebut memisahkan antar pulau besar maupun dengan pulau kecil.

Selat, menurut KBBI, adalah laut di antara pulau-pulau. Sedangkan menurut wikipedia bahasa Indonesia, selat diartikan sebagai “sebuah wilayah perairan yang relatif sempit yang menghubungkan dua bagian perairan yang lebih besar, dan karenanya pula biasanya terletak di antara dua permukaan daratan”. Selat dapat juga diartikan sebagai ‘laut sempit’ yang terletak di antara dua pulau.

Selat

Selat

Berikut ini adalah daftar nama selat yang terdapat di Indonesia. Nama selat-selat ini dilengkapi dengan letak atau lokasinya.

  1. Selat Alas; Letaknya di antara pulau Lombok di sebelah barat dan pulau Sumbawa (Nusa Tenggara Barat) di sebalah timurnya. Menghubungkan samudera Hindia di sebelah selatan dengan laut Flores di sebelah utaranya. Lebar selat ini kurang lebih 29 mil.
  2. Selat Alor; Terletak di Nusa Tenggara Timur, antara pulau Lembata atau Lomblem di sebelah barat dan pulau Pantar di sebelah timur. Sebelah selatannya terhubung dengan Laut Sawu sedangkan sebelah selatan tersambung dengan laut Banda.
  3. Selat Badung; Letaknya memisahkan pulau Bali di sebelah barat laut dengan pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan di tenggaranya. Selat Badung terhubung dengan selat Lombok.
  4. Selat Bali; Letaknya berada di antara Pulau Jawa (di sebelah barat) dan Pulau Bali (di sebelah timur).
  5. Selat Bangka; Letaknya berada di antara Pulau Sumatera (Sumatera Selatan) dan Pulau Bangka (provinsi Bangka Belitung).
  6. Selat Berhala; Letaknya di antara Pulau Lingga, Pulau Singkep (Kepulauan Riau) dengan Pulau Sumatera di pesisir Indragiri Hilir (Riau) dan Tanjung Jabung (Jambi). Selat Berhala terhubung dengan Laut Cina Selatan.
  7. Selat Benggala; Terletak di Nanggroe Aceh Darussalam, di antara pulau Weh dan pesisir barat laut Aceh.
  8. Selat Gaspar; Terletak di antara pulau Bangka dan Pulau Belitung dengan beberapa pulau lainnya seperti Pulau Liat, Pulau Lepar, Pulau Mendanau.
  9. Selat Karimata; Letaknya di antara pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Selat ini menghubungkan Laut Jawa dan Laut China Selatan. Selat Karimata merupakan salah satu selat terbesar di Indonesia dengan lebar mencapai 150 km.
  10. Selat Lamakera; Terletak di antara pulau Lembata (Lomblen) di sebelah timur dan pulau Adonara dan Solor di sebelah baratnya. Sebelah selatannya terhubung dengan Laut Sawu sedangkan sebelah selatan tersambung dengan laut Banda.
  11. Selat Lombok; Terletak di antara Pulau Bali (di sebalah barat) dan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat di sebelah timurnya. Di sebelah selatan terhubung dengan samudera Hindia sedangkan di sebalah utara terhubung dengan Laut Bali. Selat ini juga terhubung dengan selat Badung.
  12. Selat Lowotobi; Terletak di Nusa Tenggara Timur, antara Pulau Flores (sebelah barat) dengan pulau Adonara dan Solor (di sebelah timur).
  13. Selat Madura; Terletak di Jawa Timur yang memisahkan pulau Madura dengan Pulau Jawa bagian timur. Di Selat Madura dibangun Jembatan Suramadu, jembatan terpanjang di Indonesia.
  14. Selat Makassar; Memisahkan Pulau Kalimantan di sebelah barat dengan Pulau Sulawesi di sebelah timur. Selat Makassar menghubungkan Laut Jawa di sebelah selatan dengan Laut Sulawesi di sebelah utara.
  15. Selat Mola; Terletak di Nusa Tenggara Timur yang memisahkan Pulau Flores (di sebelah timur) dengan Pulau Rinca (di sebelah barat). Terhubung dengan laut Suwu di bagian selatan dan Laut Flores di bagian utara.
  16. Selat Ombai; Terletak di Nusa Tenggara Timur yang memisahkan pulau Timor di sebelah tenggara dengan gugusan pulau di sebelah barat laut seperti pulau Alor, Pantar, Atauro, dan Wetar. Sebelah barat laut terhubung dengan Laut Sawu.
  17. Selat Pantar; Terletak di Nusa Tenggara Timur yang memisahkan Pulau Pantar (di sebelah barat) dengan Pulau Alor (di sebelah timur). Bagian selatannya terhubung dengan Selat Ombai dan Laut Sawu.
  18. Selat Rote; Terletak di Nusa Tenggara Timur yang memisahkan Pulau Timor dan Pulau Rote.
  19. Selat Sape; Menjadi pembatas antara Nusa Tenggara Barat dengan Nusa Tenggara Timur yang memisahkan Pulau Sumbawa dengan Pulau Komodo dengan beberapa pulau kecil di antaranya Pulau Kelapa dan Pulau Banta.
  20. Selat Selayar; Terletak di Sulawesi Selatan antara Pulau Selayar dan Tanjung Bira (ujung Pulau Sulawesi). Selat ini juga menghubungkan Laut Banda dengan Laut Flores.
  21. Selat Sunda; Terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera serta menghubungkan antara Samudera Hindia dengan Laut Jawa.

Selain daftar selat di Indonesia tersebut di atas, Indonesia masih memiliki puluhan selat lainnya seperti Selat Sapudi dan Selat Raas (Jawa Timur); Selat Durian, Selat Lima, Selat Sebajur, Selat Sebayur, Selat Sendara (Kepulauan Riau); Selat Sebuku (Kalimantan Selatan); Selat Tampo (Sulawesi Tenggara); Selat Walea (Sulawesi Tengah); Selat Capalulu dan Selat Jailolo (Maluku Utara); Selat Dombo dan Selat Mios Num (Papua); Selat Namatote (Papua Barat); Selat Duroa, Selat Egeron, Selat Haruku, Selat Nerong, dan Selat Orafruan (Maluku).

Baca Juga :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Daftar Selat di Indonesia dan Letaknya

  1. winwae berkata:

    Posting sobat mengingatkan saya waktu duduk di bangku sekolah dasar dimana harus menghafalkan nama-nama selat yang ada di Indonesia pada pelajaran Geografy.

  2. pen al quran berkata:

    wow keren ini gan, jadi informasi tambahan

  3. tuh kan apa yg banyak orang gak tau, indonesia kita kaya, semoga artikel ini banyak yg lihat dan kita jadi bangga dan bertafakur dengan alam indah kita indonesia

  4. narendra agung berkata:

    terima kasih ya saya memang masi sd dan banyak tugas wkwkwk

  5. Nabil Aryo W. berkata:

    Semoga pada tau selat selat Indonesia…

  6. dea berkata:

    Huft..!! Untung ada

  7. Kok Selat Mentawai nggak ada, ya??

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s