2 Februari, Hari Lahan Basah Sedunia

2 Februari diperingati sebagai Hari Lahan Basah Sedunia, setiap tahunnya. Meskipun di Indonesia, peringatan hari lingkungan tentang lahan basah ini masih kalah tenar dibanding peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Air Sedunia, maupun Hari Bumi Sedunia. Bahkan tidak sedikit yang masih gamang dan belum mengerti apa itu ‘lahan basah’ dan memperingati apakah Hari Lahan Basah Sedunia itu.

Hari Lahan Basah Sedunia atau World Wetlands Day adalah salah satu perayaan hari lingkungan untuk mengampanyekan kepedulian terhadap lahan basah. Mendorong pemerintah, organisasi nonpemerintah, organisasi konservasi, dan organisasi lainnya, serta masyarakat agar menyadari peran penting lahan basah, konservasi lahan basah, dan pemanfaatan berkelanjutan lahan basah.

Tanggal 2 Februari, menandai tanggal ditandatanganinya Konvensi Ramsar (The Convention on Wetlands of International Importance, especially as Waterfowl Habitat). Konvensi Ramsar yang merupakan adalah perjanjian internasional untuk konservasi dan pemanfaatan lahan basah secara berkelanjutan ini ditandatangani di Ramsar, Iran pada 2 Februari 1971. Pemerintah Indonesia pun telah ikut meratifikasi Konvensi Ramsar melalui Keputusan Presiden RI No. 48 tahun 1991.

Hari Lahan Basah 2015

Tema Hari Lahan Basah 2015

Lahan Basah

Lahan Basah

Sekarang, apa itu lahan basah? Secara sederhana, lahan basah dapat diartikan sebagai setiap wilayah yang tergenang oleh air dangkal, baik sebagian atau seluruhnya, dan secara permanen atau musiman. Baik genangan tersebut terbentuk secara alami ataupun buatan, tergenang oleh air tawar, payau, maupun air asin, serta berupa air diam maupun mengalir. Dengan pengertian tersebut, lahan basah bisa berwujud rawa-rawa air tawar, hutan bakau (mangrove), rawa gambut, hutan gambut, paya-paya, tepian sungai, waduk, sawah, saluran irigasi, hingga kolam. Baca : Mengenal Lahan Basah.

Luas lahan basah di seluruh dunia mencakup hingga 6% dari total luas permukaan bumi. Indonesia saja memiliki sedikitnya 30,3 juta ha lahan basah. Sayangnya, semakin hari lahan basah semakin tergusur, mengalami alih fungsi menjadi pemukiman dan lahan pertanian, serta mengalami degradasi. Padahal lahan basah mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia, baik dalam segi ekologi, ekonomi, hingga budaya. Baca : Manfaat Lahan Basah.

Untuk itulah, setiap tanggal 2 Februari diperingati sebagai Hari Lahan Basah Sedunia atau World Wetlands Day. Dan pada tahun 2015 ini Hari Lahan Basah Sedunia kembali diperingati dengan mengangkat tema “Wetlands for Our Future”.

Akhirnya, selamat memperingati Hari Lahan Basah Sedunia dan marilah kita jaga dan manfaatkan secara berkelanjutan lahan-basah di sekitar kita, karena “Lahan Basah untuk Masa Depan Kita”. Baca : Tema dan Logo Hari Lahan Basah 2015 dan ikuti Kontes Foto Hari Lahan Basah.

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , . Tandai permalink.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s