Cagar Alam Kembang Jepara, Jawa Tengah

Cagar Alam Kembang merupakan salah satu dari empat Cagar Alam yang terdapat di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Penamaannya diambil dari nama kecamatan Kembang, dimana cagar alam tersebut berada. Cagar Alam Kembang ditunjuk sebagai kawasan konservasi sejak tahun 1961.

Pertama kali Cagar Alam Kembang ditetapkan sebagai kawasan cagar alam berdasarkan Surat Brigade Planologi Kehutanan Nomor 2736/V/6/Pl.K pada tanggal 3 Agustus 1961. Status ini kemudian diperkuat dengan SK Penunjukan Menteri Kehutanan Nomor SK.359/Menhut-II/2004 tanggal 1 Oktober 2004.

Secara administrasi kawasan Cagar Alam Kembang terletak di Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Sebagaimana cagar alam lainnya, CA Kembang merupakan kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan baik pada tumbuhan dan satwa yang menghuninya, ataupun ekosistemnya.

Cagar Alam Kembang Jepara

Cagar Alam Kembang Jepara

Luas Cagar Alam Kembang hanya 1,8 hektar. Secara umum dikategorikan sebagai daerah beriklim C. Rata-rata curah hujannya sekitar 3.588 mm/tahun. Suhu udaranya berkisar antara 20 derajar celcius hingga 36 derajat celcius. Di sekitar cagar alam ini di kelilingi oleh hutan produksi pohon Jati milik Perum Perhutani.

Potensi flora yang dimiliki kawasan suaka alam ini cukup lengkap. Beberapa jenis tumbuhan yang hidup di Cagar Alam Kembang antara lain Kedoya (Dysoxylum gaudichaudianum), Wuru (Actinodaphne sp.), Jati (Tectona grandis), Jamblang atau Duwet (Syzygium cumini), dan Trembesi (Albizia saman). Juga terdapat pohon Trenggulun (Protium javanicum), Kepuh (Sterculia foetida), dan Kecapi (Sandoricum koetjape).

Sedangkan keanekaraman jenis hewan di Cagar Alam Kembang antara lain Ayam Hutan Hijau (Gallus varius), Kutilang Jambul (Pycnonotus aurigaster), Trocokan (Pycnonotus goiavier), dan Elang Bido (Spilornis cheela), burung Sesap Madu (Meliphagidae), dan Kepodang (Oriolus chinensis). Pun dihuni oleh burung Emprit (Lonchura sp.), Gemak (Turnix sp.), Bubut (Centropus sp.), dan Jalak Suren (Gracupica contra).

Selain Cagar Alam Kembang, Kabupaten Jepara pun memiliki beberapa cagar alam lainnya. Cagar alam itu antara lain CA Keling Ia, Ib, dan Ic; CA Keling II/III, dan CA Gunung Celering. Cagar Alam kembang ini di bawah pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.

Referensi dan gambar :
BKSDA Jawa Tengah. 2009. Buku Informasi Kawasan Konservasi. Semarang: Balai Konservasi Sumber Daya Jawa Tengah

Baca artikel tentang Cagar Alam dan kawasan suaka alam lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Cagar Alam Kembang Jepara, Jawa Tengah

  1. MangaPlex berkata:

    indah memang melihat pegunungan tempo dulu, tapi sekarang gunung2 sudah banyak terjamah oleh org2 yg tak bertanggung jawab

  2. iwan berkata:

    SK penetapannya sudah ada, Sk no. 1847 / Menhut-VII/KUH/2014 tanggal 25 Maret 2014

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s