Srigunting Bukit (Dicrurus remifer) Burung Berekor Raket

Burung Srigunting Bukit (Dicrurus remifer) menjadi salah satu burung khas dengan ciri khusus yaitu memiliki sepasang bulu ekor panjang layaknya ‘raket’. Sepasang ‘raket’ di ekor Srigunting Bukit ini menjadi keunikan sekaligus daya tarik tersendiri bagi setiap yang melihatnya. Bulu raket ini juga dipunyai saudara dekatnya, Srigunting Batu.

Burung Srigunting Bukit (Dicrurus remifer) adalah salah satu burung dari famili Dicruridae (burung drongo). Dan merupakan salah satu diantara belasan jenis burung Srigunting yang hidup di Indonesia.

Nama latin hewan ini adalah Dicrurus remifer (Temminck, 1823). Dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai Lesser Racket-tailed Drongo. Sedangkan di Indonesia selain dikenal dengan nama Srigunting Bukit terkadang juga disebut sebagai Srigunting Gunung.

Diskripsi Fisik dan Perilaku Burung Srigunting Bukit

Burung Srigunting Bukit (Dicrurus remifer) berukuran agak besar dengan panjang tubuh dari kepala ke ekor (tanpa ekor terpanjang) mencapai 26 cm. Hampir seluruh bulunya berwarna hitam mengkilat. Ekornya memiliki sepasang bulu yang sangat panjang, pada ekor terluar, dengan semacam bulu raket pada ujung ekornya.

Burung Srigunting Bukit (Dicrurus remifer)

Burung Srigunting Bukit (Dicrurus remifer)

Di atas paruhnya terdapat seberkas bulu-bulu pendek yang membentuk seperti punggungan. Iris mata berwarna merah, sedangkan paruh dan kaki berwarna hitam. Sekilas ciri-ciri fisik burung ini mirip dengan saudara dekatnya, Srigunting Batu. Namun selain tidak memiliki jambul dan berukuran lebih kecil, Srigunting Bukit memiliki perbedaan mencolok pada ujung ekornya yang terpotong lurus dan tidak memilin.

Siulan burung Srigunting Bukit (Lesser Racket-tailed Drongo) bervariasi seperti bunyi “wiit- wiit- wiit- wiit-chewii- chewii” dan kadang memekik keras. Selain itu, burung bernama latin Dicrurus remifer ini termasuk burung yang pandai dan kerap menirukan berbagai suara kicauan burung lainnya.

Makanan utama burung ini adalah berbagai jenis serangga kecil seperti belalang, jangkrik, capung, hingga kumbang, meskipun terkadang juga memakan buah-buahan. Sebagaimana jenis burung Srigunting lainnya, Srigunting Bukit, termasuk burung pemberani terutama dalam mempertahankan wilayahnya sehingga tidak sungkan-sungkan mengusir burung lain yang dianggap mengganggu. Bahkan burung ini berani melawan burung-burung pemangsa yang lebih besar dan kuat seperti gagak dan elang.

Hidup menetap, menghuni hutan hujan tropis dan subtropis baik hutan primer maupun sekunder, tepi hutan pada daearah pegunungan dengan ketinggian antara 1000-2500 meter dpl.

Ras, Persebaran, Populasi, dan Konservasi Srigunting Bukit

Terdapat empat subspesies (ras) burung Srigunting Bukit. Salah satunya, Dicrurus remifer remifer, merupakan subspesies asli Indonesia. Keempat ras atau subspesies tersebut adalah :

  • Dicrurus remifer lefoli (Delacour & Jabouille, 1928); Kamboja bagian selatan.
  • Dicrurus remifer peracensis (E. C. S. Baker, 1918); Myanmar bagian selatan, Thailand bagian barat daya, Semenanjung Malaysia utara, Laos selatan, dan Vietnam selatan.
  • Dicrurus remifer remifer (Temminck, 1823); Merupakan subspesies yang mendiami Indonesia dengan persebaran meliputi sepanjang sisi barat daya pulau Sumatera (mulai Aceh hingga Lampung), serta Banten dan Jawa Barat bagian selatan.
  • Dicrurus remifer tectirostris (Hodgson, 1836); India bagian utara, Nepal, Bangladesh, China bagian selatan, Myanmar, Thailand utara, Laos utara, dan Vietnam utara.

Jumlah populasi tidak diketahui secara pasti namun masih dianggap cukup umum dijumpai. Termasuk penurunan populasi yang dianggap menurun namun tidak terlalu cepat dalam sepuluh tahun terakhir. Dengan pertimbangan tersebut, ditambah dengan luasnya daerah persebaran, burung Srigunting Bukit dikategorikan sebagai spesies Least Concern oleh IUCN Redlist. Tidak terdaftar dalam Appendix CITES maupun dalam daftar burung dilindungi di Indonesia.

Klasifikasi Ilmiah Srigunting Bukit. Kerajaan : Animalia. Filum : Chordata. Kelas : Aves. Ordo : Passeriformes. Famili : Dicruridae. Genus : Dicrurus. Spesies: Dicrurus remifer (Temminck, 1823).

Referensi dan gambar :
www.birdlife.org/datazone/speciesfactsheet.php?id=6039
www.iucnredlist.org/details/22706976/0
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/16981735
www.kutilang.or.id/burung/konservasi/srigunting-bukit
orientalbirdimages.org (gambar)

Baca artikel tentang burung Indonesia dan satwa lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di burung, satwa dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Srigunting Bukit (Dicrurus remifer) Burung Berekor Raket

  1. Gomumu berkata:

    Terimakasih alamendah. Burung ini memang sangat unik nan indah.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s