Gambar Jenis Burung Pelatuk Indonesia

Gambar jenis burung Pelatuk di Indonesia ini dapat menunjukkan betapa kayanya keanekaragaman burung Pelatuk Indonesia. Jangan pernah mengira bahwa burung pelatuk hanya terdiri atas satu jenis saja. Di seluruh dunia sedikitnya terdapat 216 jenis burung pelatuk. Beberapa diantaranya, yang hidup di Indonesia, tersaji dalam gambar-gambar burung pelatuk berikut.

Burung Pelatuk merupakan burung dari famili Picidae. Di seluruh dunia terdapat hingga 216 spesies burung pelatuk yang biasa disebut sebagai Woodpeckers, Flameback, Yellownape, Goldenback, atau Piculet. Dari total tersebut puluhan jenis burung pelatuk hidup di Indonesia, bahkan beberapa diantaranya merupakan burung pelatuk endemik Indonesia.

Penggunaan nama pelatuk untuk menyebut burung ini didasarkan pada kebiasaan burung ini dalam menyadap atau mematuk batang pohon dengan paruhnya. Aktivitas ini dilakukan burung pelatuk sebagai bentuk komunikasi, pengakuan wilayah, mencari dan menemukan larva serangga (makanan), hingga membuat sarang.

Gambar Aneka Burung Pelatuk Indonesia

Berikut ini gambar jenis burung pelatuk di Indonesia. Foto-foto ini dilengkapi dengan diskripsi singkat mengenai burung pelatuk tersebut. Artikel ini tidak gambar semua jenis burung pelatuk Indonesia, hanya belasan spesies yang kali ini disertakan gambarnya.

1. Caladi Badok

Caladi Badok (Meiglyptes tukki) atau Maroon Woodpecker di Indonesia hidup di Sumatera, Nias, Natuna, Belitung, Kalimantan. Daerah sebaran global burung pelatuk ini selain di Indonesia adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Gambar burung pelatuk jenis Caladi Badok adalah sebagai berikut.

Caladi Badok - Meiglyptes tukki

Caladi Badok – Meiglyptes tukki

Untuk meringankan pemuatan (loading) halaman, artikel ini dibagi dalam beberapa halaman. Klik tulisan “HALAMAN BERIKUTNYA >>” atau “<< HALAMAN SEBELUMNYA” di bagian bawah.

<< HALAMAN SEBELUMNYA | HALAMAN BERIKUTNYA >>

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di burung dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Gambar Jenis Burung Pelatuk Indonesia

  1. thoni rusjdi berkata:

    Terima kasih tayangan koleksinya jadi tahu / kenal lebih banyak semoga bermanfaat untuk generasi berikut dan tetap semangat melestarikan.

  2. hery jojo berkata:

    Ternyata banyak sekali jenis burung pelatuk di indonesia, semoga terus lestari dan tidak terancam kepunahan.

  3. Nasir berkata:

    Mau nanya kisaran harga pelatuk merah berapa ya makasih

  4. Eny berkata:

    kurang Caladi tilik

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s