Hewan dan Tumbuhan Khas Provinsi Aceh

Hewan dan tumbuhan khas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam adalah fauna dan flora khas yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Aceh. Sebagaimana provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, Aceh memiliki tumbuhan dan hewan khas yang telah ditetapkan sebagai identitas provinsi tersebut.

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam telah menetapkan burung Cempala Kuneng atau Kucica Ekor-kuning (Trichixos pyrropygus) sebagai fauna identitas mereka. Selain itu juga menetapkan Bunga Jeumpa atau Cempaka Kuning (Magnolia champaca) sebagai flora identitas. Pasangan flora dan fauna inilah yang kemudian disebut juga sebagai tumbuhan dan hewan khas Provinsi Aceh.

Mengenal Hewan Khas Aceh

Fauna Identitas atau hewan khas Nanggroe Aceh Darussalam adalah burung Kucica Ekor-kuning yang dalam bahasa lokal lebih sering disebut sebagai Cempala Kuneng. Burung ini adalah anggota famili Muscicapidae yang masih berkerabat dekat dengan burung Kacer (Kucica Kampung) dan Murai Batu (Kucica Hutan). Nama latin hewan ini adalah Trichixos pyrropygus Lesson, 1839 yang bersinonim dengan Trichixos pyrropyga Lesson, 1839. Dalam bahasa Inggris burung khas Aceh ini dinamai Rufous-tailed Shama.

Bunga Jeumpa atau Cempaka Kuning (Magnolia champaca)

Bunga Jeumpa atau Cempaka Kuning (Magnolia champaca)

Burung asli Indonesia ini berukuran sedang. Panjang tubuhnya hingga kepala sekitar 21 cm. Bulu pada kepala, punggung, dan sayap berwarna coklat keabuan tua mengkilap. Sedangkan dada dan perut sampai pangkal ekor dan punggung berwarna kuning kemerahan. Ujung ekor berbulu warna hitam. Selain itu memiliki ciri khas berupa alis berwarna putih dia atas matnya pada burung jantan.

Selengkapnya mengenai burung Cempala Kuneng, baca : Burung Cempala Kuneng Maskot Aceh.

Klasifikasi Ilmiah. Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Aves. Ordo: Passeriformes. Famili: Muscicapidae. Genus: Trichixos. Spesies: Trichixos pyrropygus.

Mengenal Tumbuhan Khas Aceh

Flora Identitas atau tumbuhan khas provinsi Nanggroe Aceh Darussalam adalah Cempaka Kuning yang di Aceh dikenal sebagai Bunga Jeumpa. Bunga dari suku (famili) Magnoliaceae ini masih berkerabat dekat dengan Cempaka Hutan Kasar (Magnolia vrieseana).

Bunga Jeumpa atau Cempaka Kuning (Magnolia champaca)

Bunga Jeumpa atau Cempaka Kuning (Magnolia champaca)

Bunga Jeumpa merupakan tanaman perdu dengan tinggi pohon mencapai 3-6 meter. Bunganya berwarna kuning, orange, atau putih krem. Yang menjadi ciri khusus bunga ini adalah bunganya yang memiliki aroma wangi yang khas.

Tumbuhan tumbuh tersebar luas mulai dari India hingga ke daratam China dan wilayah kepulauan Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Kepulauan Sunda Kecil). Selengkapnya mengenai bunga Jeumpa, baca : Bunga Jeumpa, Flora Maskot Provinsi Aceh.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Divisi: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida . Ordo: Magnoliales . Famili: Magnoliaceae . Genus: Michelia. Spesies: Michelia champaca

Baca artikel tentang flora fauna Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora, satwa dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Hewan dan Tumbuhan Khas Provinsi Aceh

  1. Ping balik: Flora dan Fauna Khas Provinsi Sumatera Utara | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Flora dan Fauna Khas Provinsi Sumatera Utara | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Hewan dan Tumbuhan Khas Sumatera Barat | Alamendah's Blog

  4. Ping balik: Flora dan Fauna Khas Provinsi Riau | Alamendah's Blog

  5. vickar berkata:

    Informasi yang dibagikan sangat bagus,, semoga pemerintah dan masyrakat sekitar mampu menjaga kelestariannya..

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s