Daftar Kebun Raya di Indonesia

Daftar Kebun Raya di Indonesia terus bertambah. Pertambahan ini dilakukan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan pemerintah (Kementerian Pekerjaan Umum) yang menargetkan pembangunan dan pengembangan Kebun Raya secara merata di seluruh Indonesia. Penambahan daftar kebun raya ini juga menjadi implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 Tentang Kebun Raya.

Sebelumnya daftar kebun raya di Indonesia hanya diisi oleh empat kebun raya. Keempatnya adalah Kebun Raya Bogor (dibangun pada tahun 1817), Kebun Raya Cibodas, Cianjur (tahun 1862), Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan (tahun 1941), dan Kebun Raya Eka Karya Bali (1959).

Sejumlah kebun raya di Indonesia yang dalam tahap pembangunan, pendirian, maupun perencanaan adalah :

  1. Kebun Raya Enrekang
    Kebun raya ini terletak di kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Luas lahan 300 hektar. Kebun Raya Enrekang dibangun dengan tema kekhasan flora endemisme Wallacea.

    Kebun Raya Enrekang

    Gapura Kebun Raya Enrekang (Gambar : massenrempulu.com)

  2. Kebun Raya Samosir
    Kebun raya ini terletak di kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Lokasinya tidak jauh dari tepi danau Toba, salah satu danau vulkanik terbesar di Indonesia. Beberapa koleksinya adalah berbagai jenis pinus endemik, tumbuhan obat, tumbuhan pewarna alami, tumbuhan penghasil buah dan kayu serta berbagai tanaman hias khas pegunungan.
  3. Kebun Raya Katingan
    Berlokasi di sebuah bukit batu di kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Kebun Raya dengan area seluas 127 hektar ini, direncanakan akan menjadi area konservasi bagi pelbagai tumbuhan lokal, tanaman buah, dan aneka tumbuhan tropis khas Kalimantan lainnya.
  4. Kebun Raya Liwa
    Kebun Raya Liwa terletak di kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Berlokasi di salah satu punggung Pegunungan Bukit Barisan, area seluas 112 hektare, salah satunya akan menjadi pusat konservasi tanaman hias yang merepresentasikan kekayaan flora Sumatra bagian Selatan (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan).
  5. Kebun Raya Minahasa
    Terletak di kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, pada ketinggian antara 900-1.100 m dpl. Kebun raya yang dalam tahap perencanaan ini diharapkan mampu menjadi pusat pelestarian tumbuhan dataran tinggi Wallacea.
  6. Ecopark (Cibinong Science Center-Botanical Garden)
    Ecopark merupakan perluasan Kebun Raya Bogor. Penanamannya berdasarkan 7 Ecoregion di Indonesia, yang meliputi: Ecoregion Sumatra, Ecoregion Jawa-Bali, Ecoregion Kalimantan, Ecoregion Sulawesi, Ecoregion Maluku, Ecoregion Nusa Tenggara, dan Ecoregion Papua.
  7. Kebun Raya Sambas
    Salah satu calon kebun raya Indonesia yang terdapat di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Dirancang menjadi pusat konservasi dan pengembangan tumbuhan riparian dataran rendah.
  8. Kebun Raya Solok
    Terletak di Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat, Kebun Raya Solok berada di diperbukitan Tampa Dado. Lokasi ini tidak jauh dari Danau Singkarak. Meski tetap diisi dengan berbagai jenis tanaman, kebun raya ini berusaha menonjolkan konservasi tumbuhan rempah.
  9. Kebun Raya Danau Lait
    Terletak di kawasan Danau Lait di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat dengan lahan seluas 328 hektar. Kebun raya ini memiliki keunikan dengan lanskap yang terdiri atas unsur pulau, sungai, danau dan daratan, serta fenomena pasang surut yang ekstrim. Kebun raya ini direncanakan menjadi wilayah konservasi keanekaragaman tumbuhan dari kawasan equator.
  10. Kebun Raya Batam
    Terletak di Jalan Hang Lekiu Km. 4 – Nongsa, Batam. Kebun raya ini mengangkat tema konservasi tumbuhan yang berasal dari pelbagai pulau kecil di seluruh Indonesia.
  11. Kebun Raya Baturaden
    Terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, lokasi kebun raya ini berbatasan dengan Lokawisata dan Bumi Perkemahan Baturaden. Kebun Raya Baturaden juga telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi ex situ flora pegunungan Jawa.

    Kebun Raya Baturaden

    Gapura Kebun Raya Baturaden (Gambar : titiendj-panorama.blogspot.com)

  12. Kebun Raya Lombok
    Kebun raya Lombok berada di kawasan hutan lindung Lemor. Lokasinya berada di kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  13. Kebun Raya Pucak
    Kebun Raya Pucak terletak di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Rencananya, kebun ini akan dikembangkan sebagai pusat penelitian dan pengembangan tumbuh-tumbuhan budidaya yang meliputi pangan, papan, sandang, obat dan hias.
  14. Kebun Raya Kuningan
    Terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dengan lokasi berdampingan dengan Taman Nasional Gunung Ceremai, kebun raya ini bertemakan koleksi tumbuhan daerah berbatu dan tumbuhan khas Gunung Ceremai.
  15. Kebun Raya Balikpapan
    Terletak di kabupaten Balikpapan, Kalimantan Timur, Kebun Raya Balikpapan menjadi salah satu kebun raya baru yang siap menerima kunjungan masyarakat umum. Diharapkan menjadi pusat konservasi tumbuhan kayu Indonesia, meskipun tetap memiliki koleksi berbagai tanaman buah khas Kalimantan dan lainnya.

    Kebun Raya Balikpapan

    Kebun Raya Balikpapan (Gambar :www.bogorbotanicgardens.org)

  16. Kebun Raya Sumatera Selatan
    Kebun Raya Sumatera Selatan terletak di kota Palembang. Dengan luas lahan mencapai 100 hektar, kebun raya tersebut memiliki pelbagai koleksi tanaman obat, tanaman khas Sumatera, dan tanaman lahan basah.
  17. Kebun Raya Jambi
    Menempati kawasan Hutan Wisata Bukit Sari, kebun raya Jambi terletak di  Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Tebo.
  18. Kebun Raya Banua
    Menempati lahan seluas 100 hektar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Fokus awal kebun raya ini adalah mengembangkan koleksi tanaman berkhasiat dari provinsi tersebut.
  19. Kebun Raya Pare-Pare
    Terletak di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan. Kebun Raya yang disebut juga sebagai Jompie Parepare berada di tengah-tengah kota dan dikelilingi pemukiman penduduk.

Itulah daftar kebun raya di Indonesia yang dalam taraf pengembangan dan perencanaan. Ke-19 Kebun raya tersebut akan melengkapi kebun raya yang telah dimiliki Indonesia sebelumnya, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

Referensi :

www.bogorbotanicgardens.org

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan flora Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Daftar Kebun Raya di Indonesia

  1. Jangan hanya kebun raya yang ditambah, cagar alam dan hutan lindung juga harus diperbanyak dan diperluas. Jangan sawit terus yang dianakemaskan

  2. Ping balik: 2015 Gunung Rinjani Ditarget Jadi Geopark Dunia | Alamendah's Blog

  3. velasco berkata:

    ternyata ada banyak kebun raya.. selama ini taunya hanya kebun raya bogor.. hehehe

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s