2015 Gunung Rinjani Ditarget Jadi Geopark Dunia

Tahun 2015 Gunung Rinjani ditargetkan menjadi geopark dunia. Gunung Rinjani merupakan salah satu puncak tertinggi di Indonesia yang terdapat di Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani juga menjadi salah satu dari 10 puncak gunung terindah di Indonesia. Dengan ketinggian 3.726 meter dpl, mempunyai nilai ekologi dan budaya yang menjadikan layak dinobatkan sebagai geopark dunia.

Geopark adalah kawasan geologi (geological heritages) dan kawasan warisan budaya (cultural heritages) yang berfungsi sebagai daerah konservasi, edukasi dan sustainable development. Penetapan geopark dunia dilakukan dalam sidang Global Geoparks Network Bureau, sebuah badan dibawah UNESCO ( United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Namun geopark tidak hanya sekedar dilihat dari sisi kegunungapian belaka. Faktor budaya dan pola kehidupan masyarakat di sekitarnya ikut menjadi pertimbangan utama. Di mana warga lokal setempat secara aktif terlibat dalam penyelenggaraan pariwisata yang berbasis geologi. Dengan usaha tersebut, masyarakat lokal terangkat pertumbuhan ekonominya.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Rinjani Menyusul Geopark Kaldera Batur?

Sampai saat ini, Indonesia baru memiliki satu situs yang ditetapkan sebagai geopark dunia. Global geopark pertama dan satu-satunya tersebut adalah Gunung Batur di Bali. Gunung Batur ditetapkan sebagai geopark dunia pada Septerber 2012 silam. Jumlah ini sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah seluruh geopark di dunia yang saat ini mencapai 100 situs. Dan China menjadi negara dengan jumlah geopark terbanyak, yaitu 29 geopark global. (Baca : Geopark Gunung Batur)

Gunung Rinjani sejak awal telah digadang-gadang menjadi geopark dunia bersama dengan Gunung Batur, Danau Toba, dan Pegunungan Sewu. Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki nilai warisan geologi yang penting. Rinjani pun merupakan situs warisan alam dengan pesona kaldera, lapangan solfatara, kerucut-kerucut gunung api muda, dan sumber mata air panas yang dimilikinya. Rinjani pun telah memiliki badan pengelola yang melibatkan warga lokal secara aktif yaitu Rinjani Trekking Management Board (RTMB).

Dengan segala potensinya, tidak salah jika Gunung Rinjani diajukan untuk mendapatkan pengakuan Global Geoparks Network Bureau sebagai salah satu geopark dunia. Bahkan usaha-usaha ke arah itu sudah mulai dilakukan semenjak tahun 2008 silam. Namun hingga beberapa kali sidang, ternyata status Gunung Rinjani tak kunjung menjadi geopark dunia. Konon saat itu terkendala dengan dokumen teknis yang tidak kunjung dilengkapi oleh pemerintah daerah.

Puncak Gunung Rinjani

Puncak Gunung Rinjani

Calon Geopark Global Lainnya di Indonesia

Gunung Rinjani bukanlah satu-satunya calon penyusul Gunung Batur sebagai geopark dunia di Indonesia. Dua situs lainnya yang juga telah didaftarkan ke Global Geoparks Network adalah Danau Toba di Sumatera Utara dan Pegunung Sewu yang membentang di pesisir pantai selatan mulai dari Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Di samping itu, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mendaftarkan juga 4 situs lainnya. Keempat situs tersebut adalah kawasan Merangin-Kerinci-Sorolangun (Jambi), Kepulauan Raja Ampat (Papua), Kawasan Parahyangan-Pangandaran-Bandung Utara (Jawa Barat) serta Kawasan Karst Maros (Sulawesi Selatan).

Semoga saja kesemuanya, termasuk Gunung Rinjani, segera mendapatkan pengakuan sebagai geopark global. Dengan ditetapkannya sebagai geopark dunia, bukan hanya akan menjadi pusat kunjungan bagi geolog yang ingin meneliti kegunungapian, namun juga meningkatkan kunjungan wisatawan dari seantero dunia. Dampaknya adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Referensi dan gambar :

rinjanigeopark.com 
www.globalgeopark.org 
www.antaranews.com/berita/448410/ntb-targetkan-2015-rinjani-jadi-geopark-dunia 
www.tempo.co/read/news/2014/05/15/244577825/Indonesia-Usulkan-7-Geopark-ke-Unesco 
Gambar : rinjanigeopark.com

Baca artikel tentang lingkungan hidup dan alam Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke 2015 Gunung Rinjani Ditarget Jadi Geopark Dunia

  1. Endang Kusman berkata:

    Wah kalau begitu pada saatnya wisatawan pengunjung gunung Rinjani akan meningkat dan akan terjadi peningkatan income Pemerintah Daerah setempat.. mudah-mudahan begitu. Amiin!!

  2. asudomo berkata:

    Semoga, aamiin 🙂

  3. ysalma berkata:

    semoga aja semuanya masuk geopark dunia ya,
    saya dari jaman SMA ingin melihat Rinjani dari dekat, sampai sekarang belum kesampaian,
    alamat diburu duluan sama orangluar 🙂

  4. Farie Judhistira berkata:

    Bangga Indonesia punya gunung Rinjani…
    mudah-mudahan kalo udah jadi Geopark, sampah-sampahnya berkurang…… amiinn

  5. adriyan berkata:

    memg gunung rinjani adlh gunung yg kramat…… byk yg lain lbh besar tpi tak setanding dgn gnung rinjani….

  6. slem berkata:

    Mantap dah kalo begitu. . .memang ga salah . . .gua jg udah 3 mendaki puncakx.

  7. Yani Trekker berkata:

    Sudah sepantasnya Rinjani menjadi Geopark dunia.
    Keindahan dan Keunikan Rinjani itu tiada tara

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s