Tema dan Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014

Tema dan logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 telah ditetapkan oleh UNEP (United Nations Environment Programme; Badan Lingkungan Hidup Dunia). Dalam penyelenggaraannya di tahun 2014 ini, tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) terkait penetapan tahun 2014 sebagai International Year of Small Island Developing States (SIDS; Tahun Internasional untuk Pulau Kecil Negara Berkembang) yang terkait dengan dampak perubahan iklim.

Pada tahun ini, UNEP melakukan voting pemilihan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dari lima tema yang diangkat, pada penutupan voting (5 Maret 2014) tema “Raise your voice, not the sea level” terpilih menjadi tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014.

Untuk tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun-tahun sebelumnya, baca : Tema Hari Lingkungan Hidup Tahun ke Tahun.

Logo Hari LIngkungan Hidup Sedunia 2014

Logo Hari LIngkungan Hidup Sedunia 2014

Pulau kecil di negara-negara berkembang menjadi kawasan paling terdampak pemanasan global. Kawasan ini paling rentan akan bencana banjir maupun badai sebagai imbas dari global warming. Termasuk jika permukaan air laut mengalami kenaikan akibat pemanasan global.

Hari Lingkungan Hidup sendiri merupakan peringatan lingkungan hidup terbesar yang puncak acaranya diperingati setiap tanggal 5 Juni. Kegiatan ini menjadi sarana bagi PBB untuk merangsang kesadaran publik seluruh dunia akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

Di Indonesia pun Hari Lingkungan Hidup menjadi kampanye terbesar yang dikoordinasikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Dalam pelaksanaannya, pemerintah biasanya akan mengadopsi tema dan logo yang ditetapkan UNEP. Tentunya dengan beberapa penyesuaian berdasarkan kondisi dan situasi di tanah air.

Lalu bagaimana dengan tema dan logo peringatan Hari Lingkungan Hidup di Indonesia pada tahun ini? Pemerintah belum merilis secara resmi baik tema maupun logo. Namun yang harus kita sadari, Indonesia pun merupakan salah satu negara berkembang, Indonesia memiliki lebih dari 13.000 pulau yang sebagian besar di antaranya adalah pulau-pulau kecil (Baca : Jumlah Pulau di Indonesia). Dan kita pun tidak menutup mata, kesemua itu menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara paling terdampak pemanasan global.

Referensi dan gambar : 
- www.unep.org/wed

Baca artikel tentang lingkungan hidup lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Tema dan Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014

  1. Ping balik: Pemanasan Global Ancam Pulau-Pulau Kecil Indonesia | Alamendah's Blog

  2. Ping balik: Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Tubuh Saya Bukan Tong Sampah | marjoana burju harahap

  4. Ping balik: Daftar Kota Peraih Adipura Tahun 2014 | Alamendah's Blog

  5. Ping balik: Daftar Kota Peraih Adipura Tahun 2014 | aldinugraha24

  6. Ping balik: Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia 2014 | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.