Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia 2014

Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia atau Hari Ozon Internasional (International Day for the Preservation of the Ozone Layer) Tahun 2014 akan segera diperingati. Salah satu hari peringatan lingkungan ini memang diperingati setiap tanggal 16 September. Penetapan tanggal tersebut sebagai puncak peringatan “Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia” terkait dengan penandatanganan Protokol Montreal  pada tanggal 16 September 1987.

Protokol Montreal pun menjadi traktak internasional dalam upaya melindungi lapisan ozon dan mengendalikan produksi dan konsumsi Bahan Perusak Ozon (BPO). Tanggal penandatanganan perjanjian tersebut, oleh UNEP (Program Lingkungan PBB) ditetapkan juga sebagai International Day for the Preservation of the Ozone Layer atau Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia untuk meningkatkan kepedulian masyarakat internasional akan kelestarian lapisan ozon sebagai perisai bumi.

Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia Tahun 2014

Pada peringatannya di tahun 2014 ini, UNEP (United Nations Environment Programme) kembali menyelenggarakan puncak peringatan Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia pada tanggal 16 September 2014. Tema yang diangkat kali ini adalah “Ozone Layer Protection: The Mission Goes On“.

Poster Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia 2014

Poster Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia 2014

Protokol Montreal dinilai telah berhasil mengurangi produksi dan konsumsi Bahan Perusak Ozon (BPO). Bahkan bisa menjadi salah satu perjanjian internasional di bidang lingkungan yang paling berhasil. Tidak kurang dari 197 negara maju dan berkembang di seluruh dunia telah meratifikasi Protokol Motreal. Indonesia telah meratifikasi Protokol Motreal dengan Keputusan Presiden No. 23 Tahun 1992.

Kesuksesan Protokol Montreal telah menurunkan tingkat bahan perusak ozon di atmosfer sehingga diperkirakan lapisan ozon akan pulih sekitar pertengahan abad ini. Meskipun begitu, berbagai tantangan masih tersisa untuk menghilangkan zat perusak ozon.

Dengan penetapan “Ozone Layer Protection: The Mission Goes On” sebagai tema International Day for the Preservation of the Ozone Layer (Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia) tahun 2014 ini diharapkan dapat memacu dan memotivasi berbagai pihak di dunia untuk berkomitmen menghadapi tantangan-tantangan pada upaya mengurangi Bahan Perusak Ozon (BPO).

Dengan peringatan Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia Tahun 2014 ini mari bulatkan tekad dan komitmen untuk melanjutkan usaha mengurangi produksi dan pemakaian Bahan Perusak Ozon. Usaha keras yang dilakukan telah menampakkan hasil namun bukan berarti perjuangan telah usai; “The Mission Goes On“.

Referensi dan gambar :
ozone.unep.org/new_site/en/ozone_day_details.php
ozone.unep.org/new_site/en/treaty_ratification_status.php
Keputusan Presiden No. 23 Tahun 1992
Gambar : ozone.unep.org/images/OZONE%20Poster.png

Baca artikel tentang ozon, pemanasan global, dan lingkungan hidup Indonesia :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia 2014

  1. ysalma berkata:

    Hari ini di tempat saya mati listrik sekitar 10 jam, mudahan ada membawa sedikit pengaruh pada perbaikan lapisan ozon *asal begitu nyala, emak2 pada kalap 🙂

  2. Ping balik: Bahan Perusak Ozon (BPO) dan Penggunaannya | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s