Iklan

Pemanasan Global Ancam Pulau-Pulau Kecil Indonesia

Pemanasan global memberi ancaman serius pada pulau-pulau kecil di Indonesia. Dampak yang paling ditakutkan dari pemanasan global adalah tenggelamnya pulau-pulau kecil di Indonesia. Padahal, Indonesia dengan lebih dari 13.000 pulau, sebagian besar diantaranya merupakan pulau-pulau kecil.

Pemanasan global atau dalam bahasa Inggris disebut global warming adalah meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, bumi, dan lautan. Pemanasan ini diakibatkan oleh peningkatan konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat kegiatan manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil dan penggundulan hutan.

Salah satu dampak dari pemanasan global adalah mencairnya es abadi di kutub. Mencairnya es di kutub ini berakibat pada naiknya permukaan air laut. Muka laut yang menjadi lebih tinggi dapat menenggelamkan pulau-pulau kecil di Indonesia.

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat dengan banyak pulau-pulau kecil yang ikut terancam pemanasan global

Pemanasan global pun memberi dampak pada kerusakan terumbu karang. Ini mengingat terumbu karang sangat rentan akan perubahan suhu di laut. Rusaknya terumbu karang pun memberikan dampak yang serius bagi pulau-pulau di Indonesia.

Terumbu karang mempunyai banyak manfaat, yang salah satunya sebagai pelindung pantai dari erosi dan abrasi. Terumbu karang membentengi pantai dan pulau dari gerusan gelombang dan arus laut. Sehingga jika terumbu karang rusak, salah satunya akibat pemanasan global, maka hilang lah pelindung pantai dan pengikisan pantai akan lebih cepat terjadi. Karena proses itu tidak tertutup kemungkinan pulau-pulau kecil akan jadi tenggelam dan habis terkikis gelombang dan arus laut.

Ancaman serius pemanasan global terhadap keberlangsungan pulau-pulau kecil ini telah menjadi perhatian serius berbagai pihak. Bahkan UNEP (United Nations Environment Programme; Badan Lingkungan Hidup Dunia) mengangkatnya menjadi tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014. Tema tersebut adalah “Raise your voice, not the sea level” yang disesuaikan di Indonesia menjadi “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”.

Pulau-pulau kecil di Indonesia sebenarnya memegang peranan penting bagi Indonesia. Tidak hanya dari segi lingkungan hidup dan ekonomi belaka. Pulau-pulau tersebut terkait erat dengan kedaulatan negara. Hilangnya sebuah pulau kecil, apalagi pulau terluar Indonesia, dapat merubah garis batas negara. Hilangnya sebuah pulau kecil bisa jadi berpindahnya berpuluh-puluh kilometer persegi wilayah negara Indonesia ke tangan negara lain.

Selama ini darah kita kerap mendidih acap kali terdengar usaha-usaha pencaplokan wilayah Indonesia oleh negara lain. Namun, tanpa berbuat sesuatu pun untuk mengurangi dampak pemanasan global, berarti tanpa sadar kita telah membiarkan kedaulatan bangsa dan negara di caplok bangsa lain. Ya, pemanasan global mengancam pulau-pulau kecil Indonesia sekaligus mengancam kedaulatan negara dan bangsa Indonesia.

Referensi dan gambar : 
alamendah.org/2014/04/06/tema-dan-logo-hari-lingkungan-hidup-sedunia-2014; 
alamendah.org/2013/04/24/mengenal-pemanasan-global-dan-perubahan-iklim; 
alamendah.org/2014/04/19/kondisi-terumbu-karang-di-indonesia 
Gambar : indonesia.travel

Baca artikel tentang pemanasan global dan pulau Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup, pemanasan global dan tag , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Pemanasan Global Ancam Pulau-Pulau Kecil Indonesia

  1. Lidya berkata:

    harus segera meminimalkan efek global warming ya pak ,wah apa jadinya kalau pulau2 keci lmeghilang

  2. Ping balik: Junai Emas (Caloenas nicobarica) Merpati Warna-Warni | Alamendah's Blog

  3. Ping balik: Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia 2014 | Alamendah's Blog

  4. Ping balik: Bali Raih Gelar Pulau Terbaik Asia 2014 | Alamendah's Blog

  5. fisti berkata:

    kita harus bisa meminimalisir glibal warming dengan cara
    melakukan penanaman hutan yang telah gundul, mengurangi penggunaan AC yang dapat merusak atmosfer bumi dengan cara itulah kita bisa meminimalisir global warming

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: