Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim

Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim, itulah sederet kalimat yang kemudian ditetapkan menjadi tema Hari Lingkungan Hidup di Indonesia. Dan esok, 5 Juni 2014 adalah puncak dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day).

Tema “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim” dipilih oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia menjadi tema Hari Lingkungan Hidup di Indonesia, selaras dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Di mana UNEP (United Nations Environment Programme; Badan Lingkungan Hidup Dunia), menetapkan tema “Raise your voice, not the sea level”.

Keduanya menyiratkan dengan lugas akan pentingnya perhatian dan tindakan nyata untuk bersama-sama menghadapi dampak perubahan iklim. Terutama terkait dengan ancaman pemanasan global dan perubahan iklim pada pulau-pulau kecil di seluruh dunia. Dan Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan dengan ribuan pulau kecil di dalamnya.

Logo Hari Lingkungan Hidup 2014 Indonesia

Logo Hari Lingkungan Hidup 2014 Indonesia

Kenapa pemanasan global menjadi ancaman terhadap pulau-pulau kecil? Dan apa dampaknya bagi Indonesia? Pemanasan global mengakibatkan penaikan permukaan air laut. Hal ini dapat menenggelamkan pulau-pulau kecil di dunia. Pemanasan global pun merusak terumbu karang sebagai salah satu benteng yang mencegah daerah pesisir dari abrasi dan erosi. Tidak ketinggalan, pemanasan global dapat memicu terjadinya berbagai bencana alam. Uraian lebih detail mengenai ancaman pemanasan global terhadap pulau-pulau kecil di Indonesia baca : Pemanasan Global Ancam Pulau-Pulau Kecil Indonesia.

Akhirnya (dan yang paling utama), 5 Juni bukan lah sekedar tanggal peringatan. 5 Juni adalah momentum untuk menyatukan langkah dan berbuat nyata demi bumi yang lebih baik, termasuk melindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim.

Banyak cara yang dapat kita lakukan. Banyak aksi yang bisa kita beri. Tidak peduli besar atau kecil. Tidak soal megah atau sederhana. Mungkin cara-cara ini bisa menginspirasi :

Selamat Hari Lingkungan Hidup 2014, Raise your voice, not the sea level!

Baca artikel tentang Hari Lingkungan Hidup lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim

  1. andinoeg berkata:

    Selamat Hari Lingkungan Hidup 2014, Raise your voice, not the sea level

  2. Lidya berkata:

    Selamat hari lingkungan hidup

  3. maschunsofwan berkata:

    semoga memberi inspirasi

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s