Apa Perbedaan Kera dan Monyet?

Banyak yang bingung dan mengajukan pertanyaan, apa perbedaan kera dan monyet? Apakah antara keduanya, kera dan monyet, memiliki perbedaan atau justru sama? Hasilnya, tidak sedikit yang kebingungan dan saling tertukar dalam menyebut keduanya.

Monyet dan kera memang sama-sama hewan mammalia (menyusui) dari ordo Primata (Primates). Ordo ini termasuk hewan lemur, tarsius, monyet, kera, dan manusia. Untuk tarsius dan lemur memang lebih gampang dibedakan, baik dari ukuran tubuh maupun bentuk fisiknya. Namun untuk kera dan monyet sering kali saling tertukar dalam penggunaannya.

Dalam bahasa Inggris, kera disebut sebagai “apes”, sedangkan monyet disebut sebagai “monkeys”.

Perbedaan Antara Kera dan Monyet

Perbedaan antara kera dengan monyet dapat dilihat dari klasifikasi ilmiah atau pun dari perbedaan ciri-ciri tubuh. Berdasarkan klasifikasi ilmiah, kera (apes) dan monyet (monkeys) berasal dari sub-famili yang berbeda. Kera berasal dari superfamili Hominoidea. Superfamili ini terdiri atas famili Hominidae yang terdiri atas empat genus yaitu Gorilla (Gorila), Homo (Manusia), Pan (Simpanse), dan Pongo (Orangutan), dan famili Hylobatidae (Gibbon) yang terdiri atas empat genus yakni Hoolock, Hylobates, Nomascus, dan Symphalangus.

Owa Ungko (Hylobates agilis)

Owa Ungko (Hylobates agilis)

Sedangkan kera (monkeys) termasuk dalam superfamili Cercopithecidae dengan satu famili yakni Cercopithecidae. Famili ini terdiri atas genus Allenopithecus, Allochrocebus, Cercocebus, Cercopithecus, Chlorocebus, Colobus,  dan Erythrocebus. Juga genus Lophocebus, Macaca, Mandrillus, Miopithecus, Nasalis, Papio, Piliocolobus, Presbytis, Procolobus, Pygathrix, Rhinopithecus, Rungwecebus, Semnopithecus, Simias, Theropithecus, dan Trachypithecus.

Secara fisik, perbedaan antara kera dan monyet yang paling ketara dan udah dikenali adalah keberadaan ekor. Kera tidak memiliki ekor sedangkan monyet memiliki ekor panjang. Selain itu, perbedaan secara fisik lainnya adalah :

  • Ekor; Kera tidak memiliki ekor sedangkan monyet memiliki ekor panjang.
  • Panjang lengan; Kera memiliki bentuk lengan lebih panjang dibandingkan kakinya sedangkan monyet memiliki ukuran lengan hampir sama atau bahkan lebih pendek dibandingkan ukuran kakinya.
  • Kegunaan lengan; Kera kerap menggunakan lengan untuk bergantungan di cabang atau ranting pepohonan sedangkan monyet lebih jarang menggunakannya.
  • Kegunaan kaki; Kera dapat berjalan dengan menggunakan kedua kakinya sedangkan monyet umumnya berjalan dengan keempat kakinya.
  • Ukuran otak; Kera memiliki ukuran perbandingan otak dengan tubuh yang lebih besar ketimbang monyet.

Secara tingkah laku, perbedaan antara kera dengan monyet diakibatkan karena perbedaan volume otak. Dengan volume otak yang lebih besar, kera lebih dapat menggunakan alat-alat untuk berburu dibanding monyet. Habitat kera adalah terestrial hingga semi terestrial sedangkan monyet bersifat arbotrial (tinggal di pohon).

Monyet Jambul

Monyet Jambul (gambar ;www.bloggang.com)

Contoh Spesies Kera dan Monyet

Melengkapi perbedaan antara kera dengan monyet, berikut ini beberapa contoh jenis (spesies) kera dan monyet. Keduanya terutama yang bisa dijumpai di Indonesia.

Contoh spesies kera antara lain:

Contoh spesies monyet antara lain:

Sekelompok Monyet Ekor Panjang

Sekelompok Monyet Ekor Panjang

Itulah perbedaan antara kera dengan monyet. Dengan uraian perbedaan tersebut, seharusnya kita tidak perlu lagi bingung atau saling tertukar untuk menyebutkan kera atau monyet.

Baca juga artikel tentang lingkungan hidup dan hewan lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di primata, satwa dan tag , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Apa Perbedaan Kera dan Monyet?

  1. penablog berkata:

    Hihi kirain sama mas, ternyata beda toh & intinya buat lebih gampang bedain liat aja ekornya 🙂

  2. Renggo berkata:

    Gitu ya, ternyata beda-beda.
    Orangutan ga dibahas sekalian, mas? 😀

  3. M. Aliyus Rahman berkata:

    Sebelumnya saya kira kera itu sinonim monyet, ternyata sangat berbeda. Terima kasih atas artikelnya…^_^

  4. Inzanami berkata:

    saya dulunya juga ngira monyet sama kera itu sama, ternyata beda ya?

  5. yudi berkata:

    Hmm….q baru tau ternyata ada bedanya

  6. atok rock berkata:

    Ada huraian atas tu salah. Kejap ckp ungko tu
    family kera, pastu family monyet plk. Mana satu yg betul. Ckp lg kera tgn pendek dr monyet. Tp byk family kera tgn panjang dr kaki. Tgk orang utan dgn gorila. Xtau ke? Haha gila.

  7. yuzarsif berkata:

    Monyet paling khas menurut saya adalah bekantan.
    Kalau kera favorit saya sih jenis bonobo.

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.