Nuri Talaud Burung Endemik Endangered

Burung Nuri Talaud atau Eos histrio adalah burung endemik pulau-pulau di utara Sulawesi. Burung Nuri Talaud atau Red-and-blue Lory juga menjadi salah satu burung langka dengan status Endangered. Burung paruh bengkok (parrot) dari famili Psittacidae ini terkenal dengan warna bulunya yang mencolok, merah dan biru. Burung Nuri Talaud berkerabat dekat dengan Nuri Maluku (Eos bornea), Nuri Kalung-ungu (Eos squamata), dan Nuri Tanimbar (Eos reticulata).

Nuri Talaud di daerah asalnya lebih kerap disebut sebagai burung Sampiri. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Red-and-blue Lory atau Blue-tailed Lory. Nama ini jelas merujuk pada bulunya yang berwarna merah dan biru mencolok. Nama latin hewan endemik Indonesia ini adalah Eos histrio (Statius Muller, 1776) dengan nama sinonim Eos historio (Statius Muller, 1776).

Burung Nuri Talaud berukuran sekitar 31 cm dengan berat sekitar 150-185 gram. Bulu tubuhnya berwarna mencolok, merah dan biru dengan paduan sedikit warna kehitaman. Warna biru keunguan membentang mulai daerah mahkota, sekitar mata dan telinga, belakang kepala hingga mantel (punggung) bagian atas. Pun pada bagian dadanya. Bulu sayap merah dengan ujung kehitaman. Sedang bulu ekor berwarna ungu atau biru kemerahan. Paruh berwarna jingga terang.

Burung Nuri Talaud (Eos histrio)

Burung Nuri Talaud (Eos histrio) © Berndt Fischer

Hidup secara berpasangan atau dalam kelompok kecil. Hewan diurnal yang lebih banyak beraktifitas di siang hari. Saat malam membentuk kelompok besar di sebuah pohon untuk beristirahat atau yang biasa dikenal sebagai fenomena pohon tidur (roost tree). Suara kicauan burung ini pendek, kasar, berisik, dan mencolok.

Diperkirakan pasangan burung Nuri Talaud (Eos histrio) monogami. Saat berbiak, betina bertelur hingga dua butir. Telur diletakkan dalam sarang yang dibangun dalam lubang di batang pohon besar. Telur akan menetas setelah dierami selama sebulan. Anak burung tinggal dalam sarang hingga belajar terbang pada usia delapan minggu.

Burung langka ini mendiami hutan pamah primer dan hutan perbukitan hingga perkebunan kelapa. Sebagai burung endemik, Nuri Talaud mempunyai daerah sebaran yang terbatas di pulau-pulau kecil di sebelah utara pulau Sulawesi.

Terdapat tiga subspesies burung Nuri Talaud yang diakui. Ketiganya adalah :

  • Eos histrio challengeri Salvadori, 1891; mendiami Pulau Miangas (Sulawesi Utara)
  • Eos histrio talautensis A. B. Meyer & Wiglesworth, 1894; tersebar di Karakelong, Salebabu, dan Kaburuang (Kepulauan Talaud)
  • Eos histrio histrio (P. L. S. Müller, 1776); tersebar mendiami Pulau Sangihe, Pulau Siau dan Pulau Ruang.

Populasi burung Nuri Talaud diperkirakan berkisar antara 5.500 hingga 14.000 individu dewasa. Populasi ini mengalami penurunan yang diakibatkan oleh hilangnya habitat dan penangkapan untuk diperjualbelikan.

Burung Nuri Talaud (Eos histrio)

Burung Nuri Talaud (Eos histrio) © Kris Tindige

Burung Nuri Talaud (Eos histrio)

Burung Nuri Talaud (Eos histrio) © Drägüs

Berdasar penurunan populasi dan ancaman yang terus terjadi, IUCN memasukkan Nuri Talaud (Eos histrio) dalam status konservasi Endangered (Terancam; EN). Sedangkan status perdagangan Internasionalnya adalah CITES Appendix I yang berarti tidak boleh diperdagangkan secara internasional kecuali untuk tujuan khusus (seperti riset). Di Indonesia sendiri, burung endemik langka ini termasuk burung yang dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999. Baca : Daftar Burung Appendix I CITES.

Meskipun masuk Daftar Merah IUCN sebagai Endangered, termuat sebagai Appendix I CITES, dan dilindungi di Indonesia, nyatanya perburuan burung ini tetap marak. Burung Nuri Talaud kerap ditangkap kemudian diperdagangkan sebagai burung peliharaan, termasuk jual beli hewan online. Padahal Nuri Talaud Burung Endemik Endangered ini sudah benar-benar langka dan mendekati kepunahan.

Klasifikasi Ilmiah Nuri Talaud. Kerajaan : Animalia. Filum : Chordata. Kelas : Aves. Ordo : Passeriformes. Famili : Psittacidae. Genus : Eos. Spesies: Eos histrio (Statius Muller, 1776).

Referensi dan gambar :
alamendah.org/2014/07/03/daftar-burung-dilindungi-di-indonesia
alamendah.org/2015/02/04/daftar-burung-endemik-indonesia
www.iucnredlist.org/details/22684502/0
www.birdlife.org/datazone/speciesfactsheet.php?id=1339
www.parrots.org/index.php/encyclopedia/profile/red_and_blue_lory
www.kutilang.or.id/burung/konservasi/nuri-talaud
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/11913228
gambar : orientalbirdimages.org; commons.wikimedia.org; www.arkive.org/red-and-blue-lory/eos-histrio

Baca artikel tentang burung endemik dan burung langka Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di burung, satwa dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Nuri Talaud Burung Endemik Endangered

  1. shaepy berkata:

    Sedang cari referensi tentang burung langka. Terimakasih sudah berbagi.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s