Daftar Penerima Kehati Award VIII Tahun 2015

Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati) kembali memberi penghargaan pada para pejuang keanekaragaman hayati. Adalah Kehati Award VIII Tahun 2015 yang baru saja diumumkan kemarin, 28 Januari 2015. Dalam penganugerahannya yang kedelapan kalinya ini, Kehati Award diserahkan kepada enam pejuang keanekaragaman hayati sesuai kategori.

Kehati Award adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati) kepada perseorangan (individu) maupun kelompok (organisasi). Penerima penghargaan di bidang lingkungan hidup ini dinilai telah menunjukkan kepedulian, upaya, dan karya yang luar biasa dalam mendukung pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia.

Kehati Award terdiri 6 kategori yang meliputi atas :

  1. Prakarsa Lestari Kehati, yaitu kategori untuk perseorangan atau kelompok dari komunitas masyarakat lokal.
  2. Pendorong Lestari Kehati, yaitu kategori untuk perseorangan atau unit/bagian yang berasal dari lembaga kedinasan, badan pelayanan publik, atau instansi pemerintahan/lembaga negara (baik tingkat pusat ataupun di daerah), yang bertugas melebihi tupoksi kerjanya.
  3. Peduli Lestari Kehati, yaitu kategori untuk perseorangan atau kelompok yang berasal dari sektor dunia usaha, baik perusahaan swasta, BUMN, BUMD ataupun koperasi.
  4. Cipta Lestari Kehati, yaitu kategori untuk perseorangan atau kelompok/institusi yang berasal dari dunia ilmu pengetahuan dan teknologi atau masyarakat ilmiah.
  5. Citra Lestari Kehati, yaitu kategori untuk perseorangan atau kelompok/organisasi dari kalangan media dan komunikasi massa, serta pekerja seni dan budaya
  6. Tunas Lestari Kehati, yaitu kategori untuk perseorangan atau kelompok/organisasi dari kalangan Pelajar atau Mahasiswa.

Daftar Penerima Kehati Award VIII

Pengumuman dan penganugerahan Kehati Award VIII dilaksanakan kemarin, 28 Januari 2015 di di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta. Adapun penerima penghargaan Kehati Award VIII adalah sebagai berikut :

Penerima Kehati Award 2015

Penerima Kehati Award 2015; Dr. Ambarwati Esti (CV Arum Ayu), Prof. Achmad Subagio, dan Kesemat.

Penerima Kehati Award 2015

Penerima Kehati Award 2015; Aziil Anwar, Ir. Januminro, dan Agustinus Sasundu.

  1. Kategori Prakarsa Lestari Kehati : Aziil Anwar dari Majene, Sulawesi Barat.
    Aziil Anwar dinilai telah berhasil merehabilitasi keanekaragaman hayati hutan bakau di desanya. Beliau membangun kebun bibit mangrove sekaligus membangun mangrove learning center yang berbasis masyarakat.
  2. Kategori Pendorong Lestari Kehati : Ir. Januminro dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
    Ir. Januminro berhasil membuat model pengelolaan hutan gambut berbasis hak milik. Usaha yang dilakukannya berhasil memulihkan hutan gambut yang mengalami kerusakan akibat kebakaran hutan.
  3. Kategori Peduli Lestari Kehati : CV Arum Ayu dari Tangerang Selatan, Jawa Barat.
    CV Arum Ayu bersama pimpinannya, Dr. Ambarwati Esti, telah menggali dan mempromosikan pangan lokal. CV ini memproduksi dan mengkreasi berbagai pangan modern berbahan tepung dari berbagai umbi lokal Indonesia.
  4. Kategori Cipta Lestari Kehati : Prof. Achmad Subagio dari Jember, Jawa Timur.
    Prof. Achmad Subagio adalah dosen dan peneliti di Universitas Jember. Beliau melakukan upaya untuk mengelola sumber pangan lokal di lahan-lahan marjinal.
  5. Kategori Citra Lestari Kehati : Agustinus Sasundu dari Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.
    Agustinus Sasundu berhasil memanfaatkan bambu, sebagai salah satu kekayaan biodiversitas di Kep.Sangihe menjadi alat musik tradisional.
  6. Kategori Tunas Lestari Kehati : Kelompok Studi Ekosistem Manggrove Teluk Awur (KESEMAT) dari Semarang, Jawa Tengah.
    KESEMAT beranggotakan mahasiswa Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Diponegoro Semarang. Kelompok ini dinilai telah berhasil menyelamatkan ekosistem mangrove yang terletak di pesisir Teluk Awur Jepara dan Semarang.

Dalam kedelapan kali gelarannya, Kehati Award telah berhasil memberikan penghargaan kepada 29 orang dan kelompok yang dinilai berjasa terhadap keanekaragaman hayati Indonesia. Selain memberikan Kehati Award, Desember 2014 silam, Yayasan Kehati juga memberikan SRI-Kehati Award menetapkan perusahaan publik terbaik yang menerapkan prinsip-prinsip Sustainable & Responsible Investment (SRI).

Akhirnya, selamat kepada para peraih Kehati Award VIII. Semoga penghargaan tersebut bisa menjadi penyemangat untuk selalu terus melestarikan alam Indonesia. Pun menginspirasi masyarakat lain untuk peduli terhadap keanekaragaman hayati Indonesia.

Referensi dan gambar :
Timeline twitter.com/kehati
www.facebook.com/yayasan.kehati
kehatiaward.org

Baca artikel tentang penghargaan lingkungan hidup lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Daftar Penerima Kehati Award VIII Tahun 2015

  1. seocetek berkata:

    ada yang dari sulawsi barat majene mantap semoga semakin banayk yang dari sulawsi tahun depan

  2. mulanovich berkata:

    ingin dapat Tunas Lestari Kehati gimana caranya?

  3. belanja ecommerce berkata:

    Saya baru tau ada Award ini. Mudah2an kedepannya makin banyak orang yang berkontribusi untuk lingkungan hidup. Dan awardnya juga semakin ditingkatkan hadiahnya tujuannya agar ada simbiosis mutualisme. Walaupun penggiat lingkungan hidup bekerja dengan hati tidak mengharap apapun. Tapi tetap harus ada penghargaan lebih
    Thanks yaaa

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s