Buku Komik Gratis, Lumba-Lumba

Buku komik gratis, Lumba-lumba merupakan salah satu buku komik tentang lingkungan hidup, laut, dan fauna laut dalam format pdf yang dapat diunduh gratis. Sesuai dengan judulnya, lumba-lumba, buku cerita bergambar berkisah tentang hewan lumba-lumba. Lumba-lumba, atau dikenal juga sebagai dolpin, merupakan sekumpulan mamalia air yang dikelompokkan dalam famili Delphinidae.

Buku komik atau cerita bergambar berjudul Lumba-lumba ini mengangkat tema tentang Lumba-lumba Abu-abu atau Lumba-lumba Biasa (Grampus griseus) yang hidup di perairan Indonesia. Di Indonesia, sedikitnya terdapat 16 jenis lumba-lumba seperti Lumba-lumba Abu-abu (Grampus griseus), Lumba-lumba totol (Stenella attenuata), Lumba-lumba Bergaris (Stenella coeruleoalba), Lumba-lumba Hidung Botol (Tursiops truncatus), Lumba-lumba Moncong Panjang (Delphinus capensis), dan Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris).

Buku cerita bergambar atau komik, penerbitnya menyebut sebagai Buku Ilustrasi Anak, ini dibuat oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI). Tujuannya untuk mengenalkan keragaman hayati yang dimiliki Indonesia kepada anak-anak. Sehingga dengan membaca cerita bergambar ini, anak-anak dapat mengenal dan mencintai kehidupan lumba-lumba dan dunia bawah laut lainnya. Untuk itu pula, buku cerita bergambar ini dibuat dalam format pdf dan dapat diunduh secara gratis.

Komik Lumba-lumba

Komik Lumba-lumba

Komik Lumba-lumba

Komik Lumba-lumba

Komik Lumba-lumba

Komik Lumba-lumba

Dalam buku komik berjudul Lumba-lumba ini diceritakan petualangan tiga ekor lumba-lumba Abu-abu (Grampus griseus). Mereka bertiga adalah Luna, Uma, dan Aba. Ketiga lumba-lumba ini bersahabat dengan manusia, termasuk dengan seorang polisi pantai.

Suatu ketika ketiga lumba-lumba ini menjumpai orang menangkap ikan dengan menggunakan racun. Tindakan ini merusak lingkungan karena akan membunuh terumbu karang yang menjadi habitat ikan serta membunuh ikan-ikan yang masih kecil. Luna, Uma, dan Aba beraksi. Mereka menyerang, membalikkan perahu, dan merusak jaring orang tersebut. Penebar racun berenang melarikan diri, namun Luna, Uma, dan Aba memperkirakan orang tersebut akan kembali lagi, bahkan membawa serta teman-temannya.

Selain berisikan cerita ketiga lumba-lumba, Luna, Uma, dan Aba, buku cerita bergambar atau komik ini disertai juga dengan keterangan-keterangan singkat terkait dengan kehidupan lumba-lumba. Seperti penjelasan kenapa lumba-lumba sering kali berenang mengiringi kapal yang melaju, kenapa lumba-lumba suka melompat, serta persamaan dan perbedaan lumba-lumba dengan paus. Juga penjelasan mengenai apa makanan lumba-lumba, bagaimana lumba-lumba berkomunikasi, bagaimana cara lumba-lumba tidur, serta seberapa cerdas lumba-lumba.

Usaha Kehati (Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia) untuk mengenalkan dunia lumba-lumba pada anak dengan buku komik gratis atau cerita bergambar ini layak diapresiasi. Apalagi buku ini dapat diunduh dengan gratis. Tentunya menjadi sumbangsih yang besar dalam usaha penanaman rasa cinta terhadap lingkungan, utamanya dunia laut.

DOWNLOAD KOMIK LUMBA-LUMBA

Baca juga :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Buku Komik Gratis, Lumba-Lumba

  1. cocok ini gan tuk dongeng anak-anak

  2. Gina berkata:

    Waaah… Nuhun, buat bahan cerita kalau lagi nidurin anak nih… Tks

  3. claudia berkata:

    wah keren banget…. thanks uda share ya

  4. munirardi berkata:

    mendongeng sambil menanamkan cinta kepada lingkungan

  5. Penitishop.com Jual Almamater Terbaik berkata:

    keren (y) nice info

  6. edi priyono berkata:

    sangat berterima kasih bisa membantu anak belajar membaca dan anak lebih cinta akan dunia satwa

  7. Diana berkata:

    Penjabaran cerita menggunakan ilustrasi gambar pada komik lumba-lumba, sangat membantu anak memahami bacaan, terima kasih sudah shared….buku sangat menarik

  8. Azqiara berkata:

    Terima kasiih bnyak bukunya… sangat bermanfaat.

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.