Daftar Nama Latin Tanaman Pangan dan Gambar

Daftar nama latin tanaman pangan dan gambarnya ini melengkapi seri tulisan tentang nama-nama tanaman yang ada di blog Alamendah ini. Sebelum pembahasan tentang tanaman pangan, sebelumnya telah di-publish daftar nama latin tanaman hias dan daftar nama latin tanaman obat. Dalam artikel ini, dihimpun jenis-jenis tanaman pangan dilengkapi dengan nama latin, nama umum dalam bahasa Indonesia, gambar, dan ciri-cirinya.

Tanaman pangan adalah berbagai jenis tanaman yang dapat menghasilkan karbohidrat dan protein. Macan jenis tanaman ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yaitu serealia (seperti padi dan gandum), biji-bijian (seperti kacang tanah dan kedelai), umbi-umbian (seperti ubi jalar, talas, dan kentang), dan tanaman lainnya (seperti sukun dan sagu).

Daftar Nama Latin Tanaman Pangan di Indonesia

Berikut adalah daftar tanaman pangan yang banyak dikenal dan dibudidayakan di Indonesia.

  1. Padi (Oryza sativa L.)
    Padi berupa tanaman rumput semusim setinggi 50-130 cm. Tumbuhan penghasil bahan pangan pokok ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai ‘rice’ sedangkan nama latinnya adalah Oryza sativa.
  2. Jagung (Zea mays L.)
    Jagung merupakan tanaman rumput berumah satu, berakar serabut, dan biasanya berbatang tunggal. Tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya sebagai sumber pangan ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Maize, Indian corn, atau Corn. Nama latin tanaman ini adalah Zea mays.
  3. Gandum Hitam (Secale cereale L.)
    Gandum hitam adalah tanaman terma semusim. Tanaman pangan ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Rye. Nama latin tumbuhan ini adalah Secale cereale.
  4. Juwawut (Setaria italica (Linn.) P. Beauv.)
    Juwawut atau Jewawut merupakan tanaman serealia berbiji kecil. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Foxtail millet, Italian millet, atau German millet. Nama ilmiahnya adalah Setaria italica (Linn.) P. Beauv. Selengkapnya tentang tanaman pangan ini, baca : Jewawut, Tanaman Pangan yang Terabaikan.

    Jewawut (Setaria italica (L.) P.Beauv.)

    Jawawut atau Jewawut (Setaria italica (L.) P.Beauv.). Foto : Eko Rusdianto

  5. Tebu (Saccharum officinarum Linn.)
    Tebu merupakan tanaman rumput bertahun, dengan batang tinggi dan kokoh yang terbagi dalam ruas-ruas. Tanaman pangan penghasil gula ini dalam bahasa Inggris dinamai Sugar cane. Sedang nama latinnya adalah Saccharum officinarum.
  6. Nipah (Nypa fruticans Wurmb)
    Nipah adalah tumbuhan dari famili Arecaceae (palem) yang bijinya dapat ditumbuk untuk diambil tepungnya. Dalam bahasa Inggris nipah dikenal sebagai nipa palm atau mangrove palm. Nama latin tanaman ini adalah Nypa fruticans.

    Buah nipah

    Buah nipah

  7. Lotus (Nelumbo nucifera Gaertn.)
    Lotus atau seroja merupakan tanaman air yang kerap disamakan (padahal berbeda) dengan teratai (genus Nymphaea). Tanaman dengan ciri khas daun dan bunga yang muncul di atas permukaan air ini dimanfaatkan rimpang dan bijinya sebagai bahan makanan. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Indian lotus, sacred lotus, dan bean of India. Sedang nama latin tanaman pangan ini adalah Nelumbo nucifera.

    Bunga Lotus

    Bunga Lotus

  8. Sagu (Metroxylon sagu Rottb.)
    Sagu atau Rumbia merupakan sejenis palem (famili Arecaceae). Dari batangnya diperoleh tepung yang digunakan sebagai makanan pokok oleh sebagian penduduk Indonesia. Dalam bahasa Inggris dinamai sebagai Sago Palm. Sedangkan nama latinnya adalah Metroxylon sagu.

    Rumbia atau Sagu

    Rumbia atau Sagu

  9. Gebang (Corypha utan Lam.)
    Gebang atau gabang adalah sejenis pinang-pinangan (famili Arecaceae). Bagian tumbuhan yang dapat dimakan adalah umbut dan sagu (dari bagian tengah batangnya). Dalam bahasa Inggris dinamai Gebang Palm, sedangkan nama latinnya adalah Corypha utan.

    Gebang (Corypha utan)

    Gebang (Corypha utan)

  10. Siwalan (Borassus flabellifer L.)
    Pohon siwalan atau lontar merupakan palma (palem). Buah muda ataupun tua dapat dikonsumsi dan air nira yang dihasilkan dari karangan bunga yang disadap dan dijadikan gula. Dalam bahsa Inggris dikenal sebagai Lontar Palm. Sedangkan nama latin tumbuhan ini adalah Borassus flabellifer L.

    Pohon Lontar Borassus flabellifer

    Pohon Lontar Borassus flabellifer

  11. Singkong (Manihot esculenta Crantz)
    Singkong (disebut juga ketela pohon atau ubi kayu) adalah perdu yang tidak bercabang (kadang bercabang dua) dengan umbi akar yang besar memanjang. Umbi inilah yang banyak mengandung karbohidrat dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai cassava, manioc, atau tapioca. Nama latinnya adalah Manihot esculenta Crantz.
  12. Garut (Maranta arundinacea L.)
    Garus (disebut juga sebagai lerut atau ararut) merupakan tumbuhan umbi-umbian dari famili Marantaceae. Rimpang garut dijadikan sumber karbohidrat alternatif dengan cara diambil patinya. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Arrowroot atau West Indian arrowroot. Sedang nama latin tanaman pangan ini adalah Maranta arundinacea.

    Tanaman Garut atau Lerut (Maranta arundinacea)

    Tanaman Garut atau Lerut (Maranta arundinacea)

  13. Pisang (Musa paradisiaca L)
    Pisang adalah tumbuhan berumpun dan berdaun lebar dari family Musaceae. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Dalam bahasa Inggris disebut banana sedang nama latinnya adalah Musa paradisiaca L.
  14. Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L.) Lam.)
    Ubi jalar atau ketela rambat adalah sejenis tanaman dari famili Convolvulaceae yang akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Dalam bahasa Inggris dinamai sweet potato. Nama latin tanaman ini adalah Ipomoea batatas (L.) Lam.
  15. Sukun (Artocarpus altilis (Parkinson ex F.A.Zorn) Fosberg)
    Sukun merupakan pohon tinggi dari famili Moraceae yang menghasilkan buah sukun Buah sukun menjadi salah satu bahan pangan penting sumber karbohidrat. Dalam bahasa Inggris dinamai breadfruit sedangkan nama latinnya adalah Artocarpus altilis (Parkinson ex F.A.Zorn) Fosberg.
  16. Kentang (Solanum tuberosum L.)
    Kentang adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang telah menjadi salah satu makanan pokok penting. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai potato. Nama latinnya adalah Solanum tuberosum L.
  17. Kentang Hitam (Plectranthus rotundifolius (Poir.) Spreng)
    Kentang hitam atau kentang jawa merupakan umbi-umbian dari tanaman terna (berbatang lunak), anggota famili Lamiaceae. Akar serabutnya membentuk umbi berukuran 2-4 cm. Umbi inilah yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Dalam  bahasa Inggris dinamai chinese potato, zulu potato, atau sudan potato. Sedangkan nama latin tanaman pangan ini adalah Plectranthus rotundifolius (Poir.) Spreng.

    Daun tanaman Kentang Jawa Plectranthus rotundifolius

    Daun tanaman Kentang Jawa (Plectranthus rotundifolius)

  18. Ganyong (Canna discolor L)
    Ganyong atau lodro adalah sejenis tumbuhan dari famili Cannaceae yang menghasilkan umbi. Umbi ganyong mengandung pati. Nama latin tanaman ini adalah Canna discolor L.
  19. Talas (Colocasia esculenta (L.) Schott)
    Talas adalah tumbuhan dari famili Araceae yang menghasilkan umbi. Umbi talas menjadi salah satu sumber pangan pokok. Nama latin talas adalah Colocasia esculenta (L.) Schott.

    Talas Colocasia esculenta

    Talas Colocasia esculenta

Itulah berbagai jenis tanaman pangan yang biasa dijumpai di Indonesia. Tanaman-tanaman tersebut telah lama dikenal dan dibudidayakan di Indonesia. Bahkan menjadi makanan pokok dan sumber pangan alternatif.

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Daftar Nama Latin Tanaman Pangan dan Gambar

  1. Fotopedia berkata:

    yang paling di ingat dari jaman sma adalah nama ilmiah padi, jagung, beringin dan ketela

  2. alrisblog berkata:

    Teman saya ada namanya Oryza Sativa, hehe… Saya dulu berpikir keren juga nih namanya. Setelah tau kalo itu adalah nama latin daripada padi, saya acungin jempol buat ortunya.
    Juwawut itu apanya yang dimakan? Kalo di kampung saya itu hanya buat makanan ternak sapi/kerbau.

  3. bili gg berkata:

    makasih izin sedot sedot ta buat tugas 😀

  4. Mayangsari berkata:

    Mau tanya, kalau gluminose nama latin dari apa ya??

  5. Tgk Budiman Sahri berkata:

    trims, telah menambah pengetahuan

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.