Pengumuman Kota Penerima Adipura – Adipura Kencana 2015 Diundur

Pengumuman kota penerima Adipura – Adipura Kencana Tahun 2015 diundur. Pada penganugerahan di tahun-tahun sebelumnya, kota dan kabupaten penerima penghargaan Adipura Kencana dan Anugerah Adipura diumumkan pada tanggal 5 Juni, dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Namun pada tahun 2015 ini, berbeda. Pengumuman dan penyerahan penghargaan Adipura Kencana dan Anugerah Adipura diundur pelaksananaannya hingga bulan Agustus 2015.

Kepastian tentang diundurnya pengumuman dan penyerahan penghargaan Adipura Kencana dan Anugerah Adipura didapat dari Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Penghargaan paling bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diterima kota di Indonesia itu urung diumumkan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2015.

Dengan pengunduran tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hanya akan mengumumkan dan menyerahkan Penerima Kalpataru 2015, Sekolah Adiwiyata Mandiri 2015, dan penghargaan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) terbaik untuk pemerintah daerah.

Penghargaan Adipura sendiri merupakan penghargaan kepada kota-kota di seluruh Indonesia yang dinilai berhasil dalam mewujudkan kota yang bersih dan memiliki pengelolaan lingkungan hidup. Penilaiannya meliputi berbagai aspek terkait lingkungan hidup seperti pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta keanekaragaman hayati. Penghargaan Adipura dibagi dalam dua tingkatan yaitu Adipura Kencana dan Anugerah Adipura. Adipura Kencana diberikan kepada kota-kota dengan hasil penilaian tertinggi dan melebihi batas pencapaian yang ditetapkan.

Baca : Perbedaan Kalpataru, Adipura, dan Adiwiyata

Piala Adipura Kencana dan Anugerah Adipura

Piala Adipura Kencana dan Anugerah Adipura

Bagi kota-kota di Indonesia, menerima penghargaan Adipura, apalagi Adipura Kencana, menjadi prestise tersendiri. Tidak urung berbagai cara dan upaya dilakukan untuk mendapatkan penghargaan tersebut tiap tahunnya. Sehingga sudah jamak, setiap tanggal 5 Juni, pemerintah kota/kabupaten beserta penduduknya berharap-harap cemas bupati/wali kota -nya diundang ke Istana Negara untuk menerima penghargaan tersebut. Dan ketika berhasil meraihnya, acara besar berupa arak-arakan dan sebagainya digelar bersama rakyat.

Namun khusus untuk tahun 2015 ini, tampaknya dibutuhkan kesabarana ekstra bagi pemerintah kota dan kabupaten se-Indonesia, beserta penduduknya, untuk merayakan kegembiraan atas keberhasilannya meraih piala Adipura.

Untuk mengobati kekecewaan, alamendah.org menyajikan daftar kota-kota di Indonesia yang telah meraih penghargaan adipura tersebut dari tahun ke tahun.

UPDATE (NOVEMBER 2015). Akhirnya daftar kota peraih Adipura tahun 2015 diumumkan. Simak daftar lengkapnya: Daftar Kota dan Kabupaten Peraih Adipura Tahun 2015

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di berita, lingkungan hidup dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pengumuman Kota Penerima Adipura – Adipura Kencana 2015 Diundur

  1. Ping balik: Daftar Penerima Penghargaan Kalpataru Tahun 2015 | Alamendah's Blog

  2. alrisblog berkata:

    Pemerintahan ini suka menunda. Gak suka saya…

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.