Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care

“Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care”. Itulah yang kemudian ditetapkan menjadi tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2015. Di Indonesia, tema perayaan Hari Lingkungan Hidup ini diterjemahkan menjadi “Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi“.

United Nations Environment Programme (UNEP) sebagai badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengkoordinir kebijakan mengenai alam dan menggalakkan sustainable development di dunia, termasuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) memilih “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care” sebagai tema World Environment Day 2015.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2015 ini mengangkat pentingnya pola konsumsi dan gaya hidup yang berkelanjutan. Kesejahteraan umat manusia, lingkungan, dan fungsi ekonomi, tergantung pada pengelolaan yang bertanggung jawab atas sumber daya alam planet ini. Di mana dengan penduduknya yang mencapai 7 miliar dan terus bertambah, dan dengan laju pembangunan yang terus berlangsung secara pesat, manusia telah mengkonsumsi sumber daya alam di bumi melebihi dari kemampuan alami bumi dalam memperbaharui diri. Ibaratnya, tujuh miliar penduduk bumi tersebut tanpa disadari telah memakan bumi mereka sendiri!

Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015

Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015 versi vertikal

Akhirnya banyak ekosistem dan sumber daya alam bumi yang mencapai titik kritis. UNEP memperkirakan, pada 2050, saat populasi penduduk bumi mencapai 9,6 miliar dibutuhkan hingga tiga buah bumi untuk mempertahankan gaya hidup dan pola konsumsi manusia. Padahal, hingga saat ini, bunyi adalah satu-satunya planet yang layak dihuni manusia.

Untuk memastikan kehidupan di bumi tetap sehat diperlukan perubahan pola konsumsi dan gaya hidup. Sumber daya bumi harus dikelola dengan ramah lingkungan dan berkelanjutan. Segala kegiatan konsumsi dan produksi yang dilakukan harus  memperhitungkan keberlangsungan sumber daya alam dan dampak lingkungan yang diakibatkannya. Hal ini untuk menjamin bumi memperbaharui dirinya sendiri sehingga akan tetap menjadi sebuah planet yang nyaman dan sehat untuk dihuni oleh manusia saat ini dan anak cucunya, kelak bertahun-tahun kemudian.

World Environment Day 2015 dengan temanya, “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care” mengajak setiap orang untuk menyadari tanggung jawab masing-masing dalam merawat bumi dan menjadi agen perubahan.

Tema Hari Lingkungan Hidup 2015 di Indonesia

Tema Hari Lingkungan Hidup 2015 di Indonesia

“Meskipun keputusan individu mungkin tampak kecil dalam menghadapi ancaman global, ketika jutaan orang bergabung dalam tujuan yang sama, kita dapat membuat perbedaan yang luar biasa.” Demikian Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-Moon mengungkapkan.

Mari kita jadikan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2015 sebagai momentum untuk menjadi agen perubahan. Memulai dari diri sendiri untuk lebih bijak dalam melakukan kegiatan konsumsi dan mengubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Akhirnya, selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care“, Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi.

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag . Tandai permalink.

4 Balasan ke Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care

  1. jenamar aslan berkata:

    bisa dapatkan pesan/sambutan menteri LH&K ‘Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015″?. di web menlh.go.id tidak bisa di download

  2. makin parah lingkungan di dunia ini akibat ulah manusia

  3. yuyukasif berkata:

    makin banyaknya manusia maka bumi makin padat dan persaingan hidup makin ketat

  4. alrisblog berkata:

    Mari berpartisipasi menjaga lingkungan alami. Saya berusaha memakai plastik seminim mungkin.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s