Earth Hour 2015, #IniAksiku

Earth Hour 2015 ini adalah kali ketujuh Indonesia berpartisipasi dalam kampanye global Earth Hour. Pelaksanaan Earth Hour dikoordinir oleh WWF. Mulai dilaksanakan pada tahun 2007 dan dilaksanakan setiap Sabtu malam terakhir di bulan Maret di setiap tahunnya. Tahun 2015 ini aksi Earth Hour akan dilaksanakan pada Sabtu, 28 Maret 2015 pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat.

Earth Hour yang mengangkat tagar #IniAksiku adalah sebuah kampanye global untuk peduli pada upaya penurunan emisi karbon dioksida yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim. Utamanya, kampanye earth hour mengajak kita untuk menghemat listrik dengan mematikan lampu dan peralatan listrik selama satu jam.

Mematikan lampu selama satu jam (60 menit) mulai jam 20.30 – 21.30 waktu setempat di hari Sabtu, 28 Maret 2015 menjadi simbol simbol kepedulian dan kontribusi terhadap perubahan iklim. Aksi satu jam ini memang telah mampu menghemat ribuan MegaWatt listrik. Namun yang paling utama adalah tindak lanjut dari aksi simbolis tersebut yaitu melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Dan di tahun 2015 ini Earth Hour juga mengangkat tema “Use Your Power to Change Climate Change“.

Earth Hour

Earth Hour

Earth Hour

Earth Hour

Berpartsipasi Dalam Earth Hour 2015

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berpartisipasi dalam kampanye global Earth Hour 2015. Berbagai cara tersebut antara lain adalah :

  1. Mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak terpakai selama satu jam pada Sabtu 28 Maret 2015 antara pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat.
  2. Bergabung dengan berbagai puncak aksi Earth Hour 2015 yang dilaksanakan di berbagai kota besar di Indonesia.
  3. Memberi dukungan online di Fanpage FB Earth Hour Indonesia (www.facebook.com/EHIndonesia) atau Follow dan retweet twitter Earth Hour Indonesia (@EHIndonesia). Gunakan tagar #EarthHour dan #IniAksiku.
  4. Mengajak saudara dan rekan terdekat untuk ikut mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak terpakai pada Sabtu, 28 Maret 2015, pukul 20.30-21.30 waktu setempat.
  5. Di samping itu, lakukan terus dalam kehidupan sehari-hari, gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan. Gaya hidup itu diantaranya adalah :
    1. Hemat listrik
    2. Menggunakan transportasi publik, bersepeda saat ke kantor/sekolah atau jalan kaki
    3. Mengurangi penggunaan kertas
    4. Mengurangi penggunaan tisu
    5. Mengurangi penggunaan plastik
    6. Tidak menggunakan Styrofoam
    7. Menanam pohon
    8. Melakukan daur ulang sampah

28 Maret 2015, tinggal beberapa hari lagi. Saatnya menggunakan kekuatanmu untuk mengubah Perubahan Iklim; Use Your Power to Change Climate Change. Matikan minimal 2 buah lampu dan peralatan listrik yang tidak digunakan selama 60 menit di Sabtu 28 Maret 2015 antara pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat. #IniAksiku.

Baca juga artikel tentang Earth Hour :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Earth Hour 2015, #IniAksiku

  1. selfiederman berkata:

    subhanallah …………. masih aktif ngeblog

  2. Lidya berkata:

    siap berpartisipasi pak

  3. alrisblog berkata:

    Saya ikut berpartisipasi, gak idupin lampu kamar selama setengah malam.

  4. yadiebarus berkata:

    Ayo semua, jng lupa hari sabtu ini pals…mari kita dukung

  5. Pencerah berkata:

    saya kemarin ikut brpartisipasi, karena kebetulan listrik mati aliyas oglangan

  6. Cekapetewe berkata:

    Oalaah pantes aja sabtu kemarin sepi, hehe. Btw mas alamendah masih inget aku nggak nih? Sekarang blog ku baru lho. Di cek ajaa

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.