25 Hewan Langka Indonesia

25 Hewan Langka Indonesia ini merupakan sebagian daftar hewan-hewan langka di Indonesia yang saya pilih secara acak. Daftar ini selain memuat nama hewan dalam bahasa Indonesia juga dilengkapi dengan penyebutannya dalam nama latin (nama ilmiah) dan bahasa Inggris serta sedikit penjelasannya.

Sebenarnya dalam dunia konservasi tidak mengenal istilah hewan langka. Status yang pakai adalah ‘hewan terancam punah’ sebagaimana yang biasa digunakan oleh berbagai lembaga konservasi semacam IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources) yang rutin mengklasifikasi dan menrilis daftar IUCN Red List of Threatened Species.

Daftar tersebutlah yang kemudian dijadikan acuan berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah dalam pengambilan kebijakan terkait konservasi hewan. Indikator keterancaman ini pula yang kemudian sering disamakan dengan tingkat kelangkaan sebuah spesies. Mengenai apa itu IUCN Redlist, silakan baca selengkapnya di artikel IUCN Redlist.

Daftar 25 Hewan Langka Asli Indonesia

Menilik status keterancaman yang dikeluarkan oleh IUCN Redlist (2012), terdapat 73 hewan asli Indonesia yang berada dalam status keterancaman tertinggi yaitu status Critically Endangered (Kritis), 170 spesies berstatus Endangered (Terancam) dan 523 spesies berstatus Vulnerable (Rentan).

73 spesies (dan subspesies) hewan berstatus Critically Endangered yang terancam punah itu tidak bisa dibantah merupakan hewan langka di Indonesia yang semakin hari semakin sulit ditemui. Dan dari jumlah itu saya cantumkan secara acak 25 spesies hewan diantaranya. Berikut ini daftar 25 Hewan Langka Indonesia.

Badak Jawa

Badak Jawa

  • Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus); Disebut juga sebagai Badak Bercula Satu, Binatang endemik jawa yang hanya bisa dijumpai di Taman Nasional Ujung Kulon (Banten) dengan populasi hanya 35 hingga 45 ekor saja (hasil sensus Badak 2011). Lebih detail baca: Badak Jawa Mamalia Terlangka Di Dunia.
Kanguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus mayri)

Ilustrasi Kanguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus mayri)

  • Kanguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus mayri) atau Wondiwoi Tree-kangaroo; Salah satu jenis kanguru pohon asal Papua ini populasinya diperkirakan sekitar 50 ekor saja. Penjelasan detail baca: Kanguru Pohon Wondiwoi.
Pesut Mahakam

Pesut Mahakam

  • Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris) atau Irrawaddy Dolphin; Merupakan mamalia air tawar yang unik. Di Indonesia hidup di Sungai Mahakam dengan populasi sekitar 70 ekor. Selengkapnya baca: Pesut Mahakam Mamalia Terlangka Indonesia.
Macan Tutul Jawa atau Leopard

Macan Tutul Jawa atau Leopard

  • Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) atau Javan Leopard; Disebut juga Macan Kumbang dengan jumlah populasinya diperkirakan di bawah 250 ekor (IUCN 2008). Lebih detail baca: Macan Tutul Jawa.
badak sumatera

Badak sumatera

  • Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) atau Sumatran Rhinoceros; Merupakan badak bercula dua yang populasinya diperkirakan tidak lebih dari 275 ekor. Lebih detal baca: Badak Sumatera.
Leucocephalon yuwonoi (kura-kura hutan sulawesi atau kura-kura paruh betet)

Leucocephalon yuwonoi (kura-kura hutan sulawesi)

  • Kura-kura Hutan Sulawesi (Leucocephalon yuwonoi) atau Sulawesi Forest Turtle; Kura-kura endemik sulawesi yang pernah terdaftar sebagai The World’s 25 Most Endangered Tortoises and Freshwater Turtles—2011 dengan populasi kurang dari 250 ekor. Selengkapnya baca: Kura-kura Hutan Sulawesi nan Langka.

Klik “>” untuk melihat yang pertama

Klik pada gambar “>” untuk ke halaman berikutnya

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , . Tandai permalink.

56 Balasan ke 25 Hewan Langka Indonesia

  1. aldy periyansyah berkata:

    hewan langka merupakan salah satu aset negara. Tanggung jawab dalam pelestariannya bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga kita selaku masyarakat Indonesia. Jangan sampai salah satu harta berharga kita hilang!!!

    aldydipe.ipb.ac.id

  2. Abu Hasan berkata:

    alangkah baiknya apabila anak cucu kita masih bisa melihat fauna tersebut
    kunjungi abuhasan.ipb.ac.id ya

  3. ardianpasaribu berkata:

    sy seorang perwira yg bertugas disuatu daerah tk 2 di aceh, dimanas separuh luas daerah kabupaten masuk dalam wilayah hutan lindung leuser, sy mau cari tahu apakah kambing gunung dan kambing batu termasuk satwa yg dilindungi?

  4. Ping-balik: Bertemu Orangutan dan Bekantan di Taman Nasional Tanjung Puting | Alamendah's Blog

  5. Abshar berkata:

    Populasi anoa (pegunungan dan dataran rendah) sekarang berapa ya? Sudah lama sekali saya tidak mendengar kejadian manusia berjumpa anoa di alam, kalo di beberapa penangkaran sih ada.

  6. Ping-balik: 10 Fakta Unik Trenggiling (Pangilon) | Alamendah's Blog

  7. fendayesdonal berkata:

    pelestarian di indonesia harus selalu di jaga
    @fendayesdonal

  8. Ping-balik: Survei Terbaru: Jumlah Badak Jawa 58 Ekor | Alamendah's Blog

  9. syifa amalia berkata:

    yoi lahhhhh………..

  10. info hewan berkata:

    sip gan terimaksih info nya semoga sukses gan

  11. Berbara berkata:

    kalau negara nggak punya duit lagi buat melindungi mereka, biar negara luar yang lindungi, jual aja semua. Ini jual nggak mau, dilindungi pun setengah hati

  12. Ping-balik: hewan langka indonesia | cyntiapuspita95

  13. sablon kaos berkata:

    harus ada lembaga swasta atau lsm yang benar-benar concern dengan satwa langka Indonesia ini…jangan serahkan pemeliharaannya sama pemerintah…kalo perlu berikan pendidikan sejak dini tentang kecintaan terhadap hewan dan alam Indonesia kepada anak-anak

  14. sss berkata:

    yang membuat hewan hewan tersebut langka adalah karna ulah manusia itu sendiri, misalnya: badak cula satu yg di ambil culanya utk hiasan, utk HIASAN!! merelakan badak itu mati hanya untuk hiasan, lalu, macan tutul diambil kulitnya untuk tas atau benda” lainnya, dan masih banyak lagi. jangan mengorbankan hewan” tsb hanya demi kepuasan hati.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s