25 Hewan Langka Indonesia

Disamping itu, hewan-hewan langka asli Indonesia lainnya adalah:

  • Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) atau Bali Starling; Populasi antara 1.000 – 2.499 ekor (BirdLife, 2001).
  • Celepuk Siau (Otus siaoensis) Siau Scops-owl; Populasi kurang dari 50 ekor (BirdLife, 2000).
  • Burung Kacamata Sangihe (Zosterops nehrkorni) atau Sangihe White-eye; Populasi kurang dari 50 ekor (BirdLife, 2000).
  • Gagak Banggai (Corvus unicolor) atau Banggai Crow; Populasi antara 50 – 250 ekor (Birdlife, 2011)
  • Tarsius Siau (Tarsius tumpara) atau Siau Island Tarsier; Populasi 1.300 ekor (2009).
  • Beruk Mentawai (Macaca pagensis) atau Pagai Island Macaque; Populasi 2.100-3.700 ekor (2004).
  • Gajah Sumatera (Elephas maximus ssp. sumatranus) atau Sumatran Elephant; Populasi antara 2.400 – 2.800 (2007).
  • Orangutan Sumatera (Pongo abelii) atau Sumatran Orangutan; Populasi 6.500 ekor (2007).
  • Simakobu (Simias concolor) atau Pig-tailed Langur; Populasi 6.700 – 17.300 ekor (IUCN, 2006)

    Kakatua Jambul Kuning

    Kakatua Jambul Kuning (Gambar: Lars Peterson)

  • Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) atau Yellow-crested Cockatoo; Populasi sekitar 7.000 ekor.
  • Burung Trulek Jawa (Vanellus macropterus) atau Javan Lapwing; Populasi: NA
  • Kodok Sumatera (Duttaphrynus sumatranus) atau Sumatera Toad; Populasi: NA
  • Kodok Pohon Ungaran (Philautus jacobsoni); Populasi: NA
  • Ekidna Moncong Panjang Barat (Zaglossus bruijnii) atau Western Long-beaked Echidna; Populasi NA
  • Kuskus Beruang Talaud (Ailurops melanotis) atau Talaud Bear Cuscus; Populasi NA

Itulah daftar ke-25 hewan langka di Indonesia. Seperti yang disebut di atas, daftar ini tidak menunjukkan pemeringkatan dan juga bukan daftar keseluruhan. Daftar yang lebih lengkap bisa dibaca di: Daftar Lengkap Hewan Langka Indonesia.

Daftar 25 Hewan Langka ini disajikan dalam 3 halaman. Klik kalimat di bawah untuk menuju ke halaman sebelumnya :

<< HALAMAN SEBELUMNYA

Referensi:
www.iucnredlist.org;
www.birdlife.org; 
Gambar: artikel Alamendah's Blog terdahulu

Baca catatan tentang hewan dan lingkungan hidup lainnya:

 

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di satwa dan tag , , , . Tandai permalink.

158 Balasan ke 25 Hewan Langka Indonesia

  1. Abubakar A berkata:

    mari jaga keanekaragaman hayati indonesia. jgn sampai ada hewan yg punah kembali

  2. wira keta berkata:

    biasa aja tuhhhhhhhhhhhhhh

  3. ily Fitri berkata:

    makasi ya nilai kku dari 89 naik jadi 98

  4. Fira lestari putri berkata:

    katanya 25 hewan langkah kok sedikit

  5. laksmini berkata:

    oh my ghat is so very beautifful

  6. ABIRIZKI berkata:

    Kok halaman terakhirnya gak ada gambar?

  7. Darrel Arturo berkata:

    KOK ANEH BANGET SIH MBAK NGA JELAS…!!!

  8. subhanallah… indah sekali ciptaanNYA

  9. rangga berkata:

    bagus banget

  10. omblogging berkata:

    Sayangnya walaupun sudah langka namun tak kunjung di lindungi juga. Misalnya hewan Leucocephalon yuwonoi (kura-kura hutan sulawesi)
    Dalam setahun untung bisa lihat sekali saja. Tapi sekali muncul kita lomba2 tuh melihatnya saking langka nya hewan itu 🙂

  11. irvan hermawanto berkata:

    belum pernah liat badak secara langsung 😦

  12. Roy berkata:

    ko tidak ada kancil ya

  13. Roy berkata:

    minta tolong kalo ada info penangkar kancil saya mau ikut gabung

  14. wah ramai sekali kolom komentarnya

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.