Selamat Hari Air Dunia 2013

Selamat Hari Air Dunia 2013. Ya, hari ini 22 Maret 2013 diperingati sebagai Hari Air Dunia (World Water Day) 2013. Dalam peringatannya di tahun 2013 ini tema yang diangkat oleh UN Water sebagai pelaksana kampanye Hari Air Sedunia adalah “Water Cooperation” atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi “Kerjasama Air”.

Hari Air Sedunia atau World Water Day merupakan kampanye yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat internasional akan pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan. Peringatan Hari Air Sedunia dilaksanakan setiap tanggal 22 Maret. Untuk mengenal peringatan Hari Air Dunia dan sejarahnya, baca: Hari Air Dunia (World Water Day).

International Year of Water Cooperation

Penetapan tema hari air tidak terlepas dari Deklarasi Majelis Umum PBB pada Desember 2010, lewat Resolusi A/RES/65/154 mendeklarasikan tahun 2013 sebagai Tahun Kerjasama Air Internasional (International Year of Water Cooperation).

Kerjasama air ini dilaksanakan dengan berbagai pendekatan multidisiplin yang mensinergikan ilmu-ilmu alam, tehnik, sosial, pendidikan, budaya dan komunikasi. Hal itu dikarenakan sifat intrinsik air sebagai elemen transversal dan universal. Tahun Kerjasama Air International akan merangkul semua pihak dan menyentuh semua aspek kehidupan.

Dengan kerjasama airini diharapkan akan mampu meningkatkan kesadaran dunia internasional akan pentingnya air bagi kehidupan. Pun untuk meningkatkan kerjasama dalam melindungi dan mengelola sumber daya air secara berkelanjutan, serta menghadapi tantangan dalam pengelolaan air seperti peningkatan permintaan akses air, alokasi dan jasa.

Tema dan Logo Hari Air Dunia 2013

Tema Hari Air Dunia 2013 adalah sebagaimana tersebut di atas; “Water Cooperation” atau “Kerjasama Air” yang mana terkait erat dengan ditetapkannya tahun 2013 menjadi International Year of Water Cooperatio oleh PBB.

Sedangkan logo Hari Air Dunia 2013 adalah sebagai berikut:

Logo Hari Air Dunia 2013

Logo Hari Air Dunia 2013  dalam bahasa Inggris

Logo Hari Air Dunia 2013

Logo Hari Air Dunia 2013 dalam bahasa Indonesia

Tema dan logo Hari Air Dunia tahun-tahun lainnya, baca: Tema Hari Air Sedunia dari Tahun ke Tahun

Air dan Indonesia

Mengaitkan air dan Hari Air Dunia dengan Indonesia seperti menguak sebuah ironi berkepanjangan tanpa akhir. Di satu sini Indonesia tanpa terbantahkan menjadi negara dengan sumber air paling melimpah di dunia namun di sisi yang lain belum dapat terkelola dengan baik. Indonesia kaya air tapi sering krisis air bersih.

Air kerap masih menjadi barang yang mahal dan tidak terjangkau bahkan dengan kualitas yang seminimal mungkin pun. Bahkan tidak jarang kuantitas air pun tidak mencukupi. Yang paling memprihatinkan, melimpahnya air di Indonesia malah kerap membawa bencana.

Referensi dan gambar:www.unwater.org/water-cooperation-2013/home/en

Baca artikel tentang air dan lingkungan hidup lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Selamat Hari Air Dunia 2013

  1. punyahannawilbur berkata:

    Mksh. Aku save ya, gambarnya ^_^.

  2. Sopi Aja berkata:

    Terimakasih postingannya, izin save image-nya juga ya 🙂
    Alhamdulillah, hari ini anak2 di skolah sdh menambah lagi LRB-nya, mdh2an jd “investasi air”..

    • alamendah berkata:

      Sama-sama. Memang sekolah sudah selayaknya menjadi garda terdepan dalam menanamkan dan menumbuhkembangkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Termasuk dalam pengelolaan air

  3. Shivaji Das berkata:

    sangat menarik …
    Saya baru saja menerbitkan ebook gratis saya di Sumba dan Flores pada

  4. Jefry berkata:

    Air adalah salah satu hal yang sangat penting..
    selamat hari air sedunia 🙂

  5. FARID We berkata:

    salam biru, salam air… selamat hari air sedunia

  6. selamat hari air sedunia (telat)
    kadang2 untuk sebagian orang, air belum bisa dipergunakan dengan baik , banyak air terbuang. hemat menggunakan air masih belum bisa dilaksanakan dengan baik.
    bisa ga ya kira2 ,air yg meluap di indonesia di saring lalu digunakan untuk keperluan hidup??
    #air banjir 😀 #just think

    • alamendah berkata:

      Yang paling mudah dan murah sebenarnya adalah memanfaatkan air hujan dan menyimpannya menjadi air tanah (saya lebih suka memakai istilah: menanam air hujan) dengan menggunkan biopori, sumur resapan, memperluas daerah tangkapan air, serta tempat penampungan air semisal waduk, situ, dll.
      dengan itu air hujan yang melimpah terminimalkan dari potensi banjir dan pada musim kemarau dapt diunduh untuk keperluan manusia.

  7. mesin kasir berkata:

    tks infonya gan

    izin save image nya ya…

  8. Ping balik: Logo dan Tema Hari Air Sedunia 2014 | Alamendah's Blog

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.