Udang Jongkok (Thor amboinensis) Si Udang Seksi

Udang Jongkok atau Thor amboinensis disebut juga sebagai Udang Seksi. Penyebutannya sebagai Udang Seksi atau Sexy Shrimp tidaklah berlebihan. Udang kecil ini memiliki gerakan tubuh yang tidak biasa. Saat bergerak, Thor amboinensis, menggoyangkan perut dan ekornya bolak balik seakan sedang menari dengan tarian yang seksi dan eksotis.

Udang Seksi disebut juga sebagai Udang Jongkok. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Squat Shrimp atau Sexy Shrimp. Sedang nama latin hewan krustasea (anggota filum Artropoda) ini adalah Thor amboinensis (de Man, 1888), yang memiliki nama sinonim Hippolyte amboinensis de Man, 1888 dan Thor discosomatis Kemp, 1916.

Thor amboinensis atau Udang Seksi merupakan udang kecil yang tumbuh dengan panjang hanya sekitar 13 milimeter. Kulitnya berwarna coklat zaitun dengan bercak putih seperti mata dengan garis biru tipis. Bercak ini terdapat mulai dari kepala ke atas perutnya, hingga ke ujung ekornya. Ekor tersebut melengkung hingga ke atas kepalanya sehingga tampak seperti menungging, sehingga wajar jika kemudian dinamai juga sebagai Udang Jongkok.

Udang Seksi Thor amboinensis

Udang Seksi (Thor amboinensis). Foto : Wisuda (www.mongabay.co.id)

Meskipun nama latin udang ini menggunakan ‘amboinensis’ yang merujuk pada wilayah Ambon di Indonesia, Udang Seksi atau Udang Jongkok ini bukan hewan endemik Indonesia. Selain ditemukan di perairan Indonesia, udang kecil yang eksotis dapat dijumpai juga di Laut Merah, Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Laut Karibia, Teluk Meksiko, Madeira hingga Kepulauan Canary.

Udang Seksi menjalin simbiosis komensalisme dengan dengan invertebrata lain semisal anemon air laut dangkal dan karang jamur. Simbiosis komensalisme adalah hubungan di mana salah satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak yang lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan.

Untuk menghindari predasi, udang kecil ini kerap menggunakan anemon karpet (Stichodactyla haddoni), anemon penyengat (Lebrunia danae) dan anemon perekat (Cryptodendrum adhaesivum) sebagai tempat tinggal (inang). Satu atau beberapa ekor udang tinggal dan hidup di antara tentakel inangnya. Udang ini makan pada jaringan tentakel inangnya. Mereka berlindung dari para predator yang akan memangsa mereka, seperti ikan, cumi-umi ataupun sotong.

Udang Seksi Thor amboinensis

Udang Seksi (Thor amboinensis). Foto: ipaq.org.br

Udang Seksi ini memang benar-benar seksi dan menawan. Karena itu krustasea jenis ini termasuk udang favorit di kalangan pehobi ikan hias air laut. Populasinya masih sangat melimpah sehingga tidak tercantum dalam Daftar Merah IUCN (IUCN Red List) sebagai hewan terancam kepunahan. Perdagangannya pun tidak diatur dalam Apendiks CITES. Pun tidak termasuk ikan yang dilindungi di Indonesia.

Namun meski populasinya melimpah, namun tetap diperlukan kebijakan dalam melakukan eksplorasi. Agar di kemudian hari Udang Jongkok yang seksi ini tidak menjadi langka dan terancam punah.

Klasifikasi Ilmiah Udang Seksi. Kerajaan: Animalia. Filum: Arthropoda. Kelas: Malacostraca. Ordo: Decapoda. Superfamili: Alpheoidea. Famili: Hippolytidae. Genus: Thor. Spesies: Thor amboinensis (de Man, 1888).

Referensi:
www.marinespecies.org/aphia.php?p=taxdetails&id=107534
www.catalogueoflife.org/col/details/species/id/a1e6d601e0e18dcea86b80ef3723b371
www.thecephalopodpage.org/MarineInvertebrateZoology/Thoramboinensis.html
en.wikipedia.org/wiki/Thor_amboinensis
www.mongabay.co.id/2015/10/25/ini-dia-si-udang-seksi-dari-ambon
Gambar: www.mongabay.co.id, www.ipaq.org.br

Baca artikel tentang hewan Indonesia lainnya:

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di Artropoda, satwa dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Udang Jongkok (Thor amboinensis) Si Udang Seksi

  1. Phie berkata:

    Thor? Namanya sama dengan salah satu tokoh fiksinya Marvel, Pak Alam. 😀

  2. alrisblog berkata:

    Keren dan antik udangnya.

  3. M. Aliyus Rahman berkata:

    So cute…^_^

  4. Mas Eko berkata:

    Menurut saya ini bukan sekedar udang seksi, tapi juga udang exotic 😀

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s