Daftar Jenis Mangga Asli dan Endemik Indonesia

Indonesia adalah pusat keanekaragaman spesies mangga (Mangifera sp.). Di seluruh dunia diperkirakan terdapat sekitar 40 jenis mangga (Gruezo, 1991). Dari jumlah tersebut, lebih dari 30 jenis berasal dan asli Indonesia. Bahkan beberapa spesies diantaranya merupakan tumbuhan endemik Indonesia.

Meskipun harus diakui bahwa jenis mangga yang paling banyak dibudidaya dan dikembangkan varietasnya, Mangifera indica, bukanlah tumbuhan asli Indonesia. Namun dalam kekayaan jenis, mangga spesies asli Indonesia sebenarnya sangat kaya. Dari lebih dari 30 jenis spesies mangga Indonesia, belasan diantaranya telah dibudidayakan dan selebihnya tumbuh liar di hutan.

Daftar Jenis Mangga Asli Indonesia

Beberapa jenis mangga asli Indonesia yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat seperti Embacang (Mangifera altissima Blanco), Binjai (Mangifera caesia Jack), Kasturi (Mangifera casturi Kosterm.), Bacang (Mangifera foetida Lour.), Kemang (Mangifera kemanga Blume), dan Mangga Lalijiwa (Mangifera lalijiwa Kosterm.)

Buah Kemang

Buah Kemang

Mangga Kasturi

Buah mangga kasturi (gambar wikipedia)

Berikut ini daftar jenis-jenis mangga asli Indonesia. Dalam daftar ini hanya memuat jenis mangga di tingkat spesies, bukan varietas atau kultival.

  1. Mangifera altissima Blanco; Di Indonesia disebut sebagai Embacang. Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi, dan Papua. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Vulnerable (Rentan).
  2. Mangifera applanata Kosterm.; Di Indonesia disebut sebagai Asem depah, asem kepeng, dan pelipisan (nama lokal Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Kalimantan.
  3. Mangifera blommesteinii Kosterm.; Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Kalimantan. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Endangered (Terancam).
  4. Mangifera bullata Kosterm.; Spesies mangga ini Endemik Sumatera. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Data Deficient (Kurang Data).
  5. Mangifera caesia Jack. Di Indonesia disebut sebagai Binjai, atau wani, Palong (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Least Concern (Berisiko Rendah).
  6. Mangifera campnospermoides Kosterm.; Spesies mangga ini Endemik Kalimantan. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Critically Endangered (Kritis).
  7. Mangifera casturi Kosterm.; Di Indonesia disebut sebagai Kasturi. Spesies mangga ini Endemik Kalimantan. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Extinct in the Wild (Punah di Alam Liar).
  8. Mangifera decandra Ding Hou; Di Indonesia disebut sebagai Kemang badak (Sumatera); konyot, palong besi (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera dan Kalimantan.
  9. Mangifera dewildei Kosterm.; Spesies mangga Endemik Sumatera. Terdaftar dalam IUCN Redlis sebagai spesies Vulnerable (Rentan).
  10. Mangifera foetida Lour.: Di Indonesia disebut sebagai Bacang (Indonesia); limus (Sunda); asem hambawang (Kalimantan). Jenis mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Terdaftar dalam IUCN Redlis sebagai spesies Least Concern (Berisiko Rendah).
  11. Mangifera gedebe Miq; Di Indonesia disebut sebagai Kedepir (Jawa); gedepe (Sunda); kepi (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.
  12. Mangifera gracilipes Hook.f.; Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Indonesia. Terdaftar dalam IUCN Redlis sebagai spesies Least Concern (Berisiko Rendah).
  13. Mangifera griffithii Hook.f.; Di Indonesia disebut sebagai Rawah (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera dan Kalimantan.
  14. Mangifera havilandi Ridley; Di Indonesia disebut sebagai Asam bulitisan atau bajan lian (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Kalimantan.
  15. Mangifera kemanga Blume; Di Indonesia disebut sebagai Kemang (Indonesia); palong (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera dan Kalimantan.
  16. Mangifera lagenifera Griffith; Di Indonesia disebut sebagai Lanjut (Sumatera). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera.
  17. Mangifera lalijiwa Kosterm.; Mangga Lalijiwa. Jenis mangga Endemik Jawa dan Bali. Terdaftar dalam IUCN Redlis sebagai spesies Data Deficient (Kurang Data).
  18. Mangifera laurina Blume; Di Indonesia disebut sebagai Mangga pari (Sunda); pelem kecik (Jawa); empelem (Kalimantan).
  19. Mangifera leschennaultii Marchant; Di Indonesia disebut sebagai Limus tepung (Sunda, Jawa). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.
  20. Mangifera macrocarpa Blume; Di Indonesia disebut sebagai Gompor (Jawa); asem busur (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Vulnerable (Rentan).
  21. Mangifera magnifica Kochumman; Di Indonesia disebut sebagai Putaran, gurbus (Sumatera); asem putar (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Dalam IUCN Red List terdaftar sebagai spesies Least Concern (Berisiko Rendah).
  22. Mangifera minor Blume; Di Indonesia disebut sebagai Upusuplia (Nusa Tenggara); fo karuku (Sulawesi); Koai (Papua). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.
  23. Mangifera pajang Kosterm; Di Indonesia disebut sebagai Asem payang, alim, hambawang (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Kalimantan. Dalam IUCN Red List  terdaftar sebagai spesies Vulnerable (Rentan).
  24. Mangifera paludosa Kosterm.; Jenis mangga ini tumbuh di Sumatera. Dalam IUCN Red List tercatat sebagai spesies Endangered (Terancam).
  25. Mangifera parvifolia Boerl. & Koords.; Di Indonesia disebut sebagai Kiwa (Sumatera); nyabung (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Dalam IUCN Red List tercatat sebagai spesies Least Concern (Berisiko Rendah).
  26. Mangifera pedicellata Kosterm.; Spesies mangga Endemik Jawa. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Vulnerable (Rentan).
  27. Mangifera quadrifida Jack; Di Indonesia disebut sebagai Asem rawa, asem kumbang (Sumatera, Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera, Kalimantan, Nusa tenggara, Sulawesi, dan Maluku.
  28. Mangifera rufocostata Kosterm.; Di Indonesia disebut sebagai Asem kiat (Sumatera); asem tanduy (Kalimantan). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Dalam IUCN Red List terdaftar sebagai spesies Vulnerable (Rentan).
  29. Mangifera similis Blume; Di Indonesia disebut sebagai Tajasi tayas, asem rawa (Sumatera); pipit, asem putaran (Kalimantan). Spesies mangga ini tersebar di Sumatera. Terdaftar dalam IUCN Redlis sebagai spesies Vulnerable (Rentan).
  30. Mangifera sumbawaensis Kosterm.; Spesies mangga ini Endemik Nusa Tenggara. Terdaftar dalam IUCN Redlis sebagai spesies Vulnerable (Rentan).
  31. Mangifera swintonioides Kosterm.; Di Indonesia disebut sebagai Asem kelat (Sumatera); asem kelau dammar (Kalimantan). Jenis mangga ini tersebar di Sumatera dan Kalimantan.
  32. Mangifera timorensis Blume; Di Indonesia disebut sebagai Upun fui, pauh paur, pelem poh (NT). Spesies mangga ini tumbuh tersebar di Nusa Tenggara dan Maluku.
  33. Mangifera transversalis Kosterm.; Spesies mangga ini Endemik Maluku. Terdaftar dalam IUCN Red List sebagai spesies Vulnerable (Rentan).

Dari daftar spesies mangga di atas, dapat dilihat bahwa beberapa jenis mangga termasuk tumbuhan langka. Ini ditandai dengan status konservasi dalam IUCN Red List yang didaftar sebagai Extinct in the Wild (Punah di Alam Liar) yakni Kasturi (Mangifera casturi). Pun Critically Endangered (Mangifera campnospermoides), Endangered (Mangifera paludosa dan Mangifera blommesteinii), dan Vulnerable.

Klasisfikasi Ilmiah Mangga. Kerajaan: Plantae. Filum: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Sapindales. Famili: Anacardiaceae. Genus: Mangifera. Spesies: lihat daftar di atas.

Referensi :
www.iucnredlist.orgwww.catalogueoflife.org

Baca artikel tentang buah asli Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Daftar Jenis Mangga Asli dan Endemik Indonesia

  1. lombokceplus berkata:

    Baru lihat mangga kesturi…

    Yuk, nanam mangga..
    htt*s://lombokceplus.wordpress.com/2014/12/15/menanam-mangga/

  2. catatan berkata:

    sukkkaa sama mangga. seeneng banget klo udah musimnya

  3. buzzerbeezz berkata:

    Laahh, banyak bgt ya mangga yang endemik gini

  4. Rifai Prairie berkata:

    sy suka skali sm mangga lalijiwa, meski muda klo dimakan gak terasa masam. ;D
    Klo di jawa ada juga mangga “Golek”, artinya kurang lebih mangga boneka, apa juga asli Indonesia??

  5. alrisblog berkata:

    Semoga gak ada mangga bangkok, hehe..

  6. Tanaman Hias berkata:

    waw.. baru tau saya kalau ada banyak farian mangga seperti ini,

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s