Benarkah Durian Montong Berasal dari Thailand?

Benarkah Durian Montong berasal dari Thailand? Pencinta durian pasti mengenal Durian Montong. Jika durian dianggap sebagai “Rajanya Buah”, Durian Montong adalah “Rajanya Durian”. Dan jamak kita dengar tentang asal usul Si Raja Durian ini yang disebutkan berasal dari negara Thailand, bahkan dianggap sebagai buah khas Thailand. Pun tidak sedikit buah Durian Montong yang dijual di Indonesia diimpor dari Thailand. Termasuk anakan atau bibit pohonnya.

Durian Montong menjadi sangat terkenal, termasuk di Indonesia. Bahkan merajai perdagangan buah durian di Indonesia. Jenis durian ini terkenal memiliki rasa manis yang khas dan daging buahnya yang tebal. Setiap tahunnya, Indonesia mengimpor hingga 19 ton buah Durian Montong dari Thailand.

Durian Montong memang salah satu kultivar buah durian yang dikembangkan di Thailand. Namun tahukah Anda, jika sebenarnya plasma nutfah (bibit asli) Durian Montong berasal dari Jawa Tengah, Indonesia?

Durian Montong

Daging buah Durian Montong

Ya, varietas Durian Montong Thailand dihasilkan dari pohon durian asli Indonesia. Dr. Ir. Endang Yuniastuti Msi, Peneliti Durian dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, menjelaskan bahwa “induk” Durian Montong adalah Durian Sukun, yang diambil dari Matasih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari spesies asli Indonesia tersebut lah, Thailand kemudian berhasil mengembangkan varietas unggulan yang kemudian dinamakan Durian Montong.

Anehnya, varietas unggulan tersebut kemudian terkenal dan merajai “per-durian-an” di Indonesia. Mengalahkan berbagai jenis durian lokal Indonesia bahkan varietas durian milik Indonesia. Tambah aneh, ternyata Durian Sukun yang merupakan induk asli Durian Montong malah terancam punah dan hanya tersisa beberapa batang saja di Karangayar.

Durian merupakan nama buah dan tanaman dari Famili Malvaceae yang dikelompokkan dalam genus Durio. Tumbuhan ini asli Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Indonesia sendiri menjadi center of origin Durian. Indonesia memiliki 20 spesies durian dari total 27 jenis durian di dunia. Kalimantan menjadi pusat jenis durian dengan jumlah spesies mencapai 18 jenis. Disusul Sumatera yang memiliki 7 spesies serta Jawa, Bali, Sulawesi, dan Maluku, masing-masing satu spesies.

Sayangnya Indonesia terlambat dan kurang serius mengembangkan potensi durian yang dimiliki. Kalah jauh dengan dua negara tetangga, yakni Malaysia dan Thailand. Luas tanaman durian di Indonesia hanya 60 hektare, sedangkan di Thailand dan Malaysia masing-masing memiliki tanaman durian seluas 200 ha dan 120 ha. Indonesia juga kalah dari jumlah varietas unggulan durian yang berhasil dikembangkan. Hingga tahun 2015 ini Thailand dan Malaysia masing-masing telah melepas 172 dan 200 varietas unggulan durian sedangkan Indonesia baru berhasil menciptakan 91 varietas unggul. Padahal Semenanjung Malaya (Thailand dan Malaysia) hanya memiliki 11 spesies asli durian, kalah jauh dengan Indonesia yang mencapai 18 spesies.

Seharusnya dengan kekayaan ragam jenis pohon durian yang dimiliki, Indonesia akan mampu mengembangkan varietas-varietas unggul buah durian yang lebih berkualitas dan terkenal. Apalagi terbukti, Sang Raja Durian, Durian Montong pun berasal dari spesies asli durian Indonesia. Sehingga para pencinta durian dapat menikmati kelezatan Sang Raja Buah ini sambil berbangga; Inilah durian asli Indonesia. Bukannya, durian Thailand keturunan Karanganyar.

Klasifikasi Ilmiah Durian. Kerajaan: Plantae. Filum: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Malvales. Famili: Malvaceae. Genus: Durio.

Referensi dan gambar :
www.facebook.com/yayasan.kehati/timeline/story?ut=43&wstart=0&wend=1427871599&hash=-8163049553908107510&pagefilter=3
mekaraya.wordpress.com/2010/11/16/durian-asli-indonesia-terancam-punah
http://www.tempo.co/read/news/2015/03/09/092648162/Duren-Indonesia-Punya-Kekurangan-Apa-Kata-Pakar-dari-Malaysia

Baca artikel tentang buah dan tumbuhan Indonesia lainnya :

Iklan

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di flora dan tag , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke Benarkah Durian Montong Berasal dari Thailand?

  1. resep masakan berkata:

    durian montong memang varietas unggul dari jenis durian

  2. keren banget mas info tentang durian montong … bagus deh

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s