Pengertian Spesies Asli, Endemik, dan Introduksi

Pengertian spesies asli (native species), spesies endemik, dan spesies introduksi masing-masing berbeda. Meskipun sering diucapkan namun terkadang pengertian istilah spesies asli, spesies endemik, dan spesies introduksi masih sering membingungkan.

Blog ini juga sering menggunakan ketiga istilah tersebut dalam berbagai artikelnya. Dan untuk memudahkan pemahaman para pembaca dalam menikmati artikel di sini, saya berusaha memberi penjelasan sederhana tentang pengertian dan perbedaan antara spesies asli, spesies endemik (endemis), dan spesies introduksi.

Pengertian spesies Asli (Native Species)

Spesies asli (Native Species) atau disebut juga indigenous adalah spesies-spesies yang menjadi penduduk suatu wilayah atau ekosistem secara alami tanpa campur tangan manusia. Kehadiran spesies ini (baik binatang maupun tumbuhan) melalui proses alami tanpa intervensi manusia.

Sebagai contoh hewan asli Indonesia adalah Harimau  (Panthera tigris). Binatang ini tersebar luas di benua Asia sejak ratusan tahun yang silam. Persebaran alami harimau mencapai daerah Indonesia yang kala itu masih menyatu dengan Asia. Saat permukaan air laut meningkat (6.000 – 12.000 tahun yang lalu), beberapa harimau terperangkap di pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Rusa Sambar yang tersebar di Indonesia, Thailand, dan Malaysia juga merupakan hewan asli Indonesia.

Pengertian Spesies Endemik (Endemis)

Spesies endemik merupakan gejala alami sebuah biota untuk menjadi unik pada suatu wilayah geografi tertentu. Sebuah spesies bisa disebut endemik jika spesies tersebut merupakan spesies asli yang hanya bisa ditemukan di sebuah tempat tertentu dan tidak ditemukan di wilayah lain. Wilayah di sini dapat berupa pulau, negara, atau zona tertentu.

Contoh spesies endemik adalah Anoa yang hanya bisa ditemukan sebagai spesies alami di Sulawesi saja. Juga Rusa Bawean yang keberadaannya secara alami hanya dijumpai di pulau Bawean, Jawa Timur, Indonesia. Untuk daftar selengkapnya bisa membaca Binatang Endemik Indonesia.

Perbedaan yang harus diperhatikan adalah spesies asli belum tentu spesies endemik. Namun spesies endemik pastilah spesies asli wilayah tersebut.

Pengertian Spesies Introduksi

Spesies introduksi (introduced species) merupakan spesies yang yang berkembang di luar habitat (wilayah) aslinya akibat campur tangan manusia baik disengaja ataupun tidak. Beberapa spesies ada yang merusak (bersifat invasif) dan lainnya tidak memiliki dampak negatif bahkan menguntungkan bagi ekosistem dan manusia.

Itu sekilas tentang pengertian dan perbedaan spesies asli (native), endemik, dan intoduksi yang semoga makin menambah pemahaman kita tentang alam dan liungkungan hidup.

Baca artikel tentang alam lainnya:

 

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup, pendidikan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

97 Balasan ke Pengertian Spesies Asli, Endemik, dan Introduksi

  1. Ping balik: Bidara Dari Khasiat Gangguan Jin Hingga Herbal | Alamendah's Blog

  2. izzahchan berkata:

    terima kasih sudah membantu pencerahan,,,
    jd ngerti istilah spesies dari anggrek saya,,,
    pantas banyak yg mau hehehe

  3. istisb06. berkata:

    maaf nih sebelumnya.. sebaiknya postingannya dilengkkapi dengan sumber atau daftar pustaka yang resmi untuk lebih membantu dan dapat dipercaya.. bukan tanpa maksud saya berkomentar seperti ini.. saya seering menemukan postingan baik itu ilmiah atau pun bukan, yang tidak dilengkapi sumber yang pasti, setelah saya cek di beberapa jurnal atau sumber resmi, hasilnya jauh berbeda/bertolak belakang.. jadinya blog tersebut kesannya jadi sok tahu.. tidak bermaksud membongjar kejelekan sesuatu tapi saya berbagi pengalaman.

Tulis Komentar Sobat

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.