Air dan Pembangunan Berkelanjutan (Hari Air 2015)

Air adalah kunci dari pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development). Peran air ini yang kemudian diangkat menjadi tema Hari Air Sedunia 2015, “Water and Sustainable Development“, Air dan Pembangunan Berkelanjutan. Air mempunyai peran sentral dalam pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, hingga kelestarian lingkungan. Air memberikan kontribusi dalam ketahanan pangan dan energi, kesehatan masyarakat dan lingkungan, serta mata pencarian penduduk bumi. Sehingga peran air dalam pembangunan berkelanjutan tak terbantahkan.

Di tahun 2015, UN Water menetapkan “Water and Sustainable Development“, Air dan Pembangunan Berkelanjutan sebagai tema peringatan Hari Air Sedunia. Ini mengingat air memiliki peran yang penting dalam agenda pembangunan berkelanjutan. Air terkait dengan semua aspek yang dibutuhkan untuk menciptakan masa depan yang diinginkan.

Air dan Pembangunan Berkelanjutan

Air dan Pembangunan Berkelanjutan

Air Adalah Kesehatan; Tangan yang bersih dapat menyelamatkan hidup Anda

Di bidang kesehatan air memegang peranan penting. Manusia dapat bertahan berminggu-minggu tanpa makanan, namun hanya mampu bertahan beberapa hari saja tanpa air. Mencuci tangan menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan kuman dan mencegah penyebarannya ke orang lain. Setiap hari, setiap orang membutuhkan air untuk minum, memasak, dan membersihkan diri. Air dan kesehatan menjadi komponen penentu pembangunan berkelanjutan.

Air adalah Alam; Ekosistem terletak di jantung siklus air global.

Ekosistem (seperti hutan, lahan basah, dan padang rumput), terletak di jantung siklus air global. Dan air tawar sangat bergantung pada sehatnya ekosistem yang menunjang siklus air sehingga air menjadi sumber daya yang berkelanjutan. Namun air telah mengalami banyak tekanan akibat pembangunan, mengalami pencemaran air, dan penurunan kualitas. Penurunan kualitas air berpengaruh terhadap kualitas lingkungan. Pun sebaliknya kualitas lingkungan akan mempengaruhi kualitas air. Air dan alam menjadi komponen penentu pembangunan berkelanjutan.

Air adalah Urbanisasi; Setiap minggu, satu juta orang pindah ke kota-kota.

Separo penduduk bumi tinggal di kota. Sedang tingkat pertumbuhan kota sangat pesat. Pertumbuhan ini terutama dipicu oleh urbanisasi. Pengelolaan daerah perkotaan telah menjadi salah satu tantangan pembangunan yang paling penting. Untuk itu dibutuhkan infrastuktur air (baik air tawar maupun air limbah) yang memadai di setiap kota.

Air adalah Industri; Lebih banyak air yang digunakan untuk memproduksi mobil daripada untuk mengisi kolam renang.

Bidang industri membutuhkan air yang tidak sedikit. Sebagai contoh, untuk membuat selembar kertas dibutuhkan hingga 10 liter air dan dibutuhkan hingga 90 liter air untuk memproduksi 500 gram plastik. Kegiatan industri pun menghasilkan limbah air yang tidak sedikit.

Air adalah Energi; Air dan energi tidak dapat dipisahkan.

Air diperlukan untuk menghasilkan energi. Sebaliknya, energi dibutuhkan untuk menghasilkan air. Lebih dari 80% listrik di dunia dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga uap. Ini membutuhkan miliaran galon air untuk dijadikan uap penggerak turbin dan pendingin. Diperlukan berbagai sumber energi alternatif maupun energi terbarukan (energi surya, energi pasang surut, energi angin, dll) untuk mengurangi tekanan pada sumber daya air tawar.

Air adalah Makanan; Untuk menghasilkan dua steak dibutuhkan 15 000 liter air.

Secara global, sektor pertanian merupakan pengguna air terbesar. Di samping itu, pertumbuhan ekonomi telah merubah gaya hidup di bidang makanan. Semakin banyak yang berpindah mengkonsumsi roti dan susu. Padahal keduanya membutuhkan air hingga empat kali lebih banyak dibandingkan makanan berbahan beras. Jika produksi 1 kg beras ‘hanya’ membutuhkan 3.500 liter air, 1 kg daging sapi membutuhkan hingga 15.000 liter air. Baca : Ketahanan Air dan Pangan di Indonesia

Air adalah Kesetaraan; Setiap hari wanita menghabiskan 200 juta jam membawa air.

Terutama di negara-negara berkembang, wanita dan anak-anak menghabiskan hingga seperempat waktunya perhari hanya untuk menyediakan air bagi keluarganya. Sangat banyak waktu yang terbuang tanpa bekerja, mengurus keluarga, dan bersekolah. Fakta ini menunjukkan bahwa investasi di bidang air dan sanitasi dapat memberikan dampak perekonomian yang besar.

Berbagai tuntutan terhadap pemenuhan air tersebut, menjadi tantangan besar bagi pengelolaan sumber daya air. Belum lagi ditambah dengan berbagai tekanan sebagai akibat pemanasan global. Sehingga tidak dapat dipungkiri jika air memegang peranan kunci berlangsungnya pembangunan berkelanjutan.

Referensi dan gambar : www.unwater.org/worldwaterday

Baca artikel tentang air dan lingkungan hidup lainnya :

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Pos ini dipublikasikan di lingkungan hidup dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Air dan Pembangunan Berkelanjutan (Hari Air 2015)

  1. Sejak tinggal di daerah kepulauan, saya baru merasakan betapa sulitnya mendapatkan air bersih… bahkan harus beli air bersih
    untuk mandi..

  2. gema ikrar berkata:

    Reblogged this on G.I.M'57 and commented:
    selamat hari air

  3. Damianus Kumanireng berkata:

    Ketika air macet, tidak lancar mengalir…. banyak orang mulai kerepotan, bersungut-sungut, saling menyalahkan, saling mendahului malah sampai berkelahi karena berebutan jatah. Tetapi ketika melihat pipa atau kran air di tempat umum seperti di sekolah, di taman kota, di pasar mengalami kebocoran banyak orang merasa biasa-biasa saja.
    Mari kita pakai air secara bertanggungjawab.
    Air adalah kehidupan. Di mana ada air, di situ ada kehidupan.

  4. timur berkata:

    saya izin memakai materi ini sebagai bahan referensi untuk berbagi di akun twitter. terima kasih.

  5. Annisa berkata:

    bersyukur masih bisa pakai air keran,, dibandingkan orang-orang di luar sana yang harus berjalan jauh untuk mendapat air

  6. After Toga berkata:

    salam lestari lah!

  7. Terimakasih infonya .. sangat bermanfaat … air memang sangat penting dalam kehidupan.

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s